Analysis of Factors Affecting Business Performance of Agricultural Young Entrepreneurs Program (PWMP)
Abstract
Program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP) merupakan salah satu kegiatan Kementan (Kementrian Pertanian) dalam rangka mewujudkan regenerasi petani yang dirancang untuk penyadaran, penumbuhan, pengembangan dan pemandirian minat, ketrampilan, dan jiwa kewirausahaan generasi muda di bidang pertanian/peternakan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja usaha program PWMP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Survey. Jumlah responden adalah 16 orang. Penelitian dilakukan pada alumni mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran yang menerima bantuan dana PWMP di Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil usaha kelompok PWMP ini seperti, volume produksi, biaya produksi, volume penjualan, dan keuntungan sangat variatif dari yang nilainya kecil hingga besar. Adapun dua variabel yang secara signifikan mempengaruhi kinerja usaha adalah volume produksi dan volume penjualan. Oleh karena itu, peningkatan volume produksi harus diiringi dengan peningkatan kualitas produk, sedangkan peningkatan volume penjualan harus diiringi dengan promosi produk melalui media sosial yang lebih murah dibandingkan dengan media promosi lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiwarman, A. Karim.(2007).Bank Islam Analisis Fiqh Dan Keuangan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Algifari, (2003), Statistika Induktif Untuk Ekonmi Dan Bisnis, Edisi 2, AMP YKPN, Yogyakarta.
Alma, Buchari (2007). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Alma, Buchari. (2009). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Alma B. (2010). Kewirausahaan Untuk Mahasiswa Dan Umum. Bandung: Alfabeta.
Anggraeni, Pratiwi2017, Analsisi SWOT Pada UMKM Keripik Tempe Amel Malang Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Perusahaan.”, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), vol. 43 No.1 Februari.
Dessler, Gary. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:Prehalindo.
Faizal, P.R.M. A.A.M. Ridhwan, And A.W.Kalsom. (2013). The Entrepreneur Characteristic From Al-Quran And Hadist. International Journal OfTrade, Economics And Finance. 4(4).
Ferdinand Augusty. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Skripsi, Tesis Dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Firman Achmad. (2018). Analisis Neraca Pasokan Dan Kebutuhan Sapi Dan Daging Sapi Di Jawa Barat.Universitas Padjadjaran. Bandung.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Hansen, Don R &Maryanne M. Mowen. (2013). Akuntansi Manajerial. Salemba Empat. Jakarta.
Hasibuan, Malayu S.P. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hendayana. R. 2013. Penerapan Metode Regresi Logistik Dalam Menganalisisi Adopsi Teknologi Pertanian. Informatika Pertanian. Vol. 22 No.1. Juni 2013 : 1 – 9
Jauch, L. R., And Glueck, W. F. (1988). Business Policy AndStrategic Management. New York: Mcgraw Hill.
Keeh, Tat, H, Nguyen, M., And Ping. (2007). The Effects OfEntrepreneurial Orientation And Marketing Information On The Performance Of Smes. Journal OfBusiness Venturing. 592-611.
Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Machfoedz, Mahmud (2005). Pengantar Pemasaran Modern, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Penerbit: UPP AMP YKPN, Yogyakarta.
Mandaka, S. Dan M.P. Hutagaol. (2005). Analisis Fungsi Keuntungan, Efisiensi Ekonomi Kemungkinan Skema Kredit Bagi Pengembangan Skala Usaha Peternakan Sapi Perah Rakyat Di Kelurahan Kebon Pedes Kota Bogor. Jurnal Agro Ekonomi, 23(2), Oktober 2005. P:191-208.
Mathis, Robert L. John H. Jackson. (2006). Human Resource Management. Edisi 10, Jakarta. Salemba Empat.
Moeheriono.(2009). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Padmowihardjo S. (1978). Beberapa Konsepsi Proses Belajar Dan Implikasinya. [Makalah]. Institut Pendidikan Latihan Dan Penyuluhan Pertanian Ciawi. Bogor.
Paturochman, M. (2012). Penentuan Jumlah Dan Teknik Pengambilan Sampel. (Untuk Penelitian Sosial Ekonomi). Unpad Press. Bandung.
Primiana, Ina. (2009). Menggerakkan Sektor Riil UKM &Industri. Bandung: Alfabeta.
Riyanti BPD. (2003). Kewirausahaan Dari Sudut Pandang Psikologi Kepribadian. Jakarta (ID): PT Grasindo.
Riyanto.(2001).“Pembelanjaan Perusahaan”BPFE³: Yogyakarta.
Rusdi, M.D., Dan M. Suparta. (2016). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Daging Sapi Di Kota Surabaya. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(2): 283-300.
Saboet, H.V. (2004). Pentingnya Informasi Akuntansi Dalam Kehidupan Manajemen Majalah Ekonomi No. 11 – TH. 111- 1994.
Salikin,K.A.(2003). Sistem Pertanian Berkelanjutan. Kanisius. Yogyakarta.
Suci, R. P. (2009). Peningkatan Kinerja Melalui Orientasi Kewirausahaan, Kemampuan Manajemen, Dan Strategi Bisnis (Studi Pada Industri Kecil Menengah Bordir Di Jawa Timur). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan 11 (1: Maret): 46-58.
Sudjana (2005). Metode Statistika. PT Tarsito. Bandung.
Sugiarta. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Program Pwmp Di Smkpp Negeri Mataram.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.Alfabeta. Bandung.
_______. (2012). Metode Kuantitatif Kualititatif Dan R&D. Alfabeta. Bandung.
_______. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualititatif Dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Suryana, Yuyus Dan Bayu, Kartib. (2010).Kewirausahaan Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Prenamedia Group, Bandung.
Suryana. (2011). Kewirausahaan, Jakarta: Salembaempat. Jurnal Agrotek, 7(1), 1-6.
Vinanda Permata. (2021, 15 Maret). Ada Beberapa Definisi Pengembangan Usaha Menurut Para Ahli (Online).Https://Www.Academia.Edu/8665059/Ada_Beberapa_Definisi_Pengembangan_Usaha_Menurut_Para_Ahlikutipan dalam teks (Permata, 2013).
Wayan Wijaya, Y. T. 2017. Strategi Pengembangan Usaha Cv. Steba Advertising Semarang Dalam meningkatkan Pendapatan. Journal of Management, Vol. 3, No. 3.
William K. Carter (2009). Akuntansi Biaya. Jakarlat: Salemba Empat.Sugiyono. (2012). Metode Kuantitatif Kualititatif Dan R&D. Alfabeta. Bandung.
_______. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualititatif Dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Ulya, H. N. (2020). Alternatif Strategi Penanganan Dampak Ekonomi Covid-19 Pemerintah Daerah Jawa Timur Pada Kawasan Agropolitan. El Barka: Journal OfIslamic Economic and Business, 3(1), 80-109.
Vinanda Permata. (2021, 15 Maret). Ada Beberapa Definisi Pengembangan Usaha Menurut Para Ahli(Online).Https://Www.Academia.Edu/8665059/Ada_Beberapa_Definisi_Pengembangan_Usaha_Menurut_Para_Ahli kutipan dalam teks (Permata, 2013).
Wayan Wijaya, Y. T. et al., 2017. Strategi Pengembangan Usaha Cv. Steba Advertising Semarang Dalam meningkatkan Pendapatan. Journal of Management,3(3).
DOI: https://doi.org/10.24198/jit.v23i1.40941
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURNAL ILMU TERNAK INDEXED BY: