PERANAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) SAMBAL DI JAWA TIMUR

Yenny Sugiarti, Yenny Sari, Mochammad Arbi Hadiyat

Abstrak


Usaha Mikro Kecil dan Menengah harus memiliki daya saing supaya tetap bertahan. Salah satu strategi untuk meningkatkan daya saing adalah menggunakan media pemasaran yang tepat yang menggabungkan antara media pemasaran offline (konvensional) dan online. Media pemasaran yang dimiliki oleh Usaha Mikro Kecil Menengah DEDE SATOE sebelumnya masih konvensional yaitu dilakukan secara offline, sehingga pertumbuhan pasarnya juga sangat lambat. Tim Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah betujuan membantu DEDE SATOE melengkapi media promosinya dengan media promosi online untuk memperluas pangsa pasar serta mempercepat pertumbuhannya. Tahap yang dilakukan adalah analisis e-commerce platform, pendaftaran, pelatihan dan pendampingan penggunaan e-commerce platform, serta dilakukan pemantauan dan rekapitulasi hasil penjualan melalui e-commerce platform tersebut. Hasil yang diperoleh adalah jumlah transaksi dan jumlah produk yang terjual di 5 online platform yaitu Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada dan Blibli mengalami peningkatan signifikan dari periode Juli-Desember 2019 ke Januari-Mei 2020. Di masa datang UMKM harus lebih fokus untuk mengelola penjualan melalui e-commerce platform supaya lebih optimal.


            Small and medium-sized enterprises  (SMEs) must have competitiveness to survive. One strategy to improve competitiveness is to use the right marketing media that combines offline (conventional) and online marketing media. The marketing media owned by DEDE SATOE previously were still conventional, which was done offline, so that the market growth was also very slow. The Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah Team helps DEDE SATOE complete its promotional media with online promotional media to expand market share and accelerate its growth. The stage taken is an analysis of e-commerce platforms, registration, training and assistance in using e-commerce platforms, and monitoring and recapitulation of sales results through the e-commerce platforms. The results are the number of transactions and the number of products sold on 5 online platforms namely Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada and Blibli experienced a significant increase from the period July-December 2019 to January-May 2020. In the future DEDE SATOE should focus more on managing sales through e-commerce platforms to be more optimal.


Kata Kunci


Pengembangan Kompetensi dan Kewirausahaan, Ekonomi Kreatif; Pengembangan Ekonomi Kerakyatan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Delloite Consumer Insight Survey. (2019). Sudahkah Pola Belanja Orang Indonesia Bergeser MenujuDigital?, diakses dari______________________________________________ https://www2.deloitte.com/content/dam/Deloitte/id/Documents/about- deloitte/id-about-dip-edition-1-chapter-5-idsep2019.pdf

Islami, Nur. (2017). UMKM Online Indonesia Masuk Sarang Raksasa!, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, diakses dari_________________ https://kominfo.go.id/content/detail/10686/umkm-online-indonesia-masuk-sarang-raksasa/0/sorotan_media

Kabar Bisnis. (2020). Terhimpit Covid-19, 63 persen UMKM rumahkan dan PHK karyawan, diakses dari https://www. Kabar bisnis.com/read/28100010/terhimpit-covid-19-63-persen-umkm-rumahkan-dan-phk karyawan

Katadata Insight Center. (2018). Perilaku Konsumen E-Commerce, diakses dari________ https://cdn1.katadata.co.id/media/kic/katadata-indonesia-e-commerce-mapping 2018. pdf

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2019). UMKM Go Online, diakses dari https://aptika.kominfo.go.id/2018/11/fasilitasi-8-juta-umkm-go-online/

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia. (2019). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) tahun 2017-2018, diakses dari____________________________________________________________ http://www.depkop.go.id/uploads/laporan/1580223129_PERKEMBANGAN%20DATA%20USAHA%20MIKRO,%20KECIL,%20MENENGAH%20(UMKM)%20DAN%20USAHA%20BESAR%20(UB)%20TAHUN%202017%20-%202018.pdf

Tempo. (2020) Pandemi Corona, Ribuan UMKM Warga Baduy Gulung Tikar, diakses dari__ https://bisnis.tempo.co/read/1343143/pandemi-corona-ribuan-umkm-warga-baduy-gulung-tikar

UMKM Indonesia (2020). Peluang dan Kebijakan UMKM di Era Pandemi Covid19, diakses dari https://drive.google.com/file/d/1IQ1teY0hMfP_CRjJiunC66gCJJgLsgeD/view?u =sharing

Universitas Gajah Mada. (2020). Dampak Awal Pandemi Covid-19 terhadap UMKM, diakses dari https://pengabdian.ugm.ac.id/wpcontent/uploads/sites/854/2020/05/Dampak-Awal-Pandemi-COVID-19-terhadap- UMKM.pdf




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i2.28181

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)