PENINGKATAN IDE KREATIF DAN INOVATIF PADA DESAIN PRODUK HASIL OLAHAN DESA PAMULIHAN, KAB. SUMEDANG
Abstrak
Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Kewirausahaan merupakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang melibatkan mahasiswa sebagai peserta dan dosen sebagai pembimbing dengan fokus pada tema kewirausahaan. Kegiatan KKN di Desa Pamulihan, Kabupaten Sumedang selama dua minggu ini diawali dengan familiarisasi, identifikasi, implementasi dan diakhiri dengan mengadakan lokakarya untuk mengembangkan potensi masyarakat dalam bentuk seminar edukatif, yaitu Lokakarya Kewirausahaan dan Pengabdian Masyarakat. Peserta yang hadir kurang lebih sebanyak 20 orang. Permasalahan yang ditemui di Desa Pamulihan adalah kurangnya pengetahuan dan kurang optimalnya pemasaran menggunakan dunia digital, minimnya pengetahuan mengenai pengemasan produk, kurang didukungnya potensi yang melimpah dengan inisiatif yang tinggi dari masyarakat muda Desa Pamulihan. Oleh karena itu materi yang disampaikan pada lokakarya adalah desain kemasan produk, pemasaran digital, motivasi kewirausahaan berkelanjutan, harga pokok produk dan strategi marketing. Diharapkan lokakarya dan pelatihan kewirausahaan untuk masyarakat Desa Pamulihan ini dapat lebih mengembangkan keragaman variasi usaha, kemasan produk yang lebih menarik dan teknik pemasaran digital melalui berbagai media massa, sehingga dapat menambah sumber penghasilan mereka bahkan menarik investor untuk membantu pemodalan usaha.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Badan Pusat Statistik Sumedang. (2019). Kecamatan Pamulihan dalam Angka 2019. Diakses dari https://sumedangkab.bps.go.id/publication/2019/09/26/3c6d3991fdec8bf7dc7e4289/kecamatan-pamulihan-dalam-angka-2019.html
Heizer, J. & Render, B. (2014). Operations Management (11th Ed.). Pearson.
Hiliana, Kirana, D. H., & Rejito, C. (2020). Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya untuk Meningkatkan Taraf Kehidupan melalui Inovasi Produk Bebas Bahan Kimia Berbahaya di Desa Pamulihan Kabupaten Sumedang. Kumawula, 3(2), 358–366. https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i2
Hurley, R & Hult, G.T.M. (1998). Innovation, Market Orientation, and Organizational Learning: An Integration and Empirical Examination. Journal of Marketing, 62(3). http://doi.org/10.2307/1251742
Karlina, N., Halim, H.A., Azizi, M. F., Athusholihah, A. & Tarliyah, A. (2019). Pemberdayaan Jiwa Kewirausahaan Masyarakat Desa Cisempur Dan Pendampingan Kewirausahaan Berbasis Ecommerce. Kumawula, 2(3), 262–269. http://doi.org/10.24198/kumawula.v1i3.24592
Kotler, K. (2011). Marketing Management (14th Ed). Pearson. ISBN-10: 0132102927, ISBN-13: 978-0132102926.
Maulana, A. (2020). KKN Tematik Kewirausahaan Unpad, Wujud Kebijakan Kampus Merdeka. Universitas Padjadjaran. Diakses dari https://www.unpad.ac.id/2020/03/kkn-tematik-kewirausahaan-unpad-wujud-kebijakan-kampus-merdeka/
Purnomo, B & Purnomo, B.R. (2017). Pengembangan Produk dan Inovasi Produk Pada Teh Hijau Cap Pohon Kurma (Studi Pada Pt Panguji Luhur Utama). Jurnal Maksipreneur, 6(2), 27–35. http://dx.doi.org/10.30588/jmp.v6i2.300
Rogers, E.M., (2010). Diffusion of Innovations (4th Ed). Simon and Schuster.
Stamm, B.V. (2008). Managing Innovation, Design and Creativity. John Wiley & Sons.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanti, S., Gunawan, W., & Sukaesih, S. (2019). Pengembangan Pemasaran Bordir Dan Kelom Geulis Tasikmalaya Melalui Media Sosial. Kumawula, 2(3), 248–261. http:// doi.org/10.24198/kumawula.v1i3.25256
Trott, P. (2009). Innovation Management and New Product Development. Article in R&D Management. https://doi.org/10.1111/j.1467-9310.2009.00551_1.x
White, M.A. & Bruton, G.D. (2010). The Management of Technology and Innovation: A Strategic Approach. Oklahoma: Thomson South-Western.
DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i3.28953
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di: