PENERAPAN KEARIFAN LOKAL DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN HIDUP DAN PENGETAHUAN MATEMATIKA DI MASYARAKAT ASLI PAPUA

Etriana Meirista, Andri Prasetia

Abstrak


Pendidikan sangatlah penting dalam kehidupan manusia. Seseorang yang mempunyai pendidikan bagus, tidak dapat dibodohi dengan mudah. Namun kondisi perekonomian dan paradigma masyarakat berbanding terbalik dengan kebutuhan pendidikan yang seharusnya terpenuhi. Beberapa orang tua di kampung Tambat kabupaten Merauke lebih memilih anaknya membantu mencari ikan atau membantu memangkur sagu daripada harus pergi ke sekolah dari pagi sampai siang. Hal ini berakibat, anak usia sekolah sering terlihat berada di luar sekolah pada saat jam sekolah sehingga ilmu yang seharusnya diperoleh tidak didapatkan dengan baik. Mayoritas kegiatan masyarakat sehari-hari adalah bertani dan berburu. Namun untuk beberapa jenis sayuran dan bumbu dapur, masyarakat lebih memilih untuk membeli karena tidak mengetahui prosedur dan cara penanamannya. Pengabdian ini dilakukan untuk meningkatkan dan mengembangkan pemahaman pengetahuan matematika anak usia sekolah berbasis kearifan lokal Papua di kampung Tambat dan masyarakat yang mengikuti pelatihan menanam sayur dan bumbu dapur di halaman dapat menerapkannya dan merawat di halaman rumah masing-masing untuk meningkatkan kemandirian hidup masyarakat. Meskipun kegiatan ini dilaksanakan pada masa pandemi covid-19, namun antusias masyarakat sangat baik dalam menerima tim untuk melaksanakan kegiatan pengabdian ini yang dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah

Kata Kunci


kearifan lokal; kemandirian hidup; pengetahuan matematika; pengabdian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arman, S., Asuni, S. A. B., & Inekso, D. A. N. R. (2013). Implikasi Kearifan Lokal Bagi Pengelolaan Taman Nasional Wasur. Media Konservasi, 3, 18.

Asriyani, N., & Hastuti. (2019). Local Wisdom and Public Participation in Landslide Disasters in Girimulyo Kulon Progo. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 271.

Basuki, F. R., Jufrida, & Suryanti, K. (2019). Identification of Potential Local Wisdom of Senamat Ulu Village (Electrical Independent Village) as a Source of Science Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1, 1185.

BPS. (2018). Distrik Tanah Miring Dalam Angka Tahun 2018.

Kurtanto, E. (2013). Pembelajaran Calistung.

Kusuma, R. S. (2018). Peran Sentral Kearifan Lokal Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendagogik, 5(2), 228–239.

Mufidi, A. F., Salsabilla, T., Khairunnisa, M. F., Gunawan, G. H., & Wibowo, H. (2019). Edukasi Anak Binaan Sanggar Waringin tentang Bullying Melalui Penyuluhan Dengan Metode Sosiodrama. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 175–182. https://doi.org/http://10.24198/kumawula.vli3.24565

Narulita, A., Fajar, C. M., Riesma, R. S. N., Rachman, J. B., Aditiany, S., & Dipura, D. S. (2019). Sosialisasi Citra Baru Pencak Silat sebagai Soft Power Indonesia Kepada Siswa SMP Negeri 2 Kota Bandung. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 72–92. https://doi.org/http://10.24198/kumawula.vli3.23461

Toharudin, U., & Kurniawan, I. S. (2019). Learning Models Based Sundanese Local Wisdom: Is It Effective to Improve Student’s Learning Outcomes? Journal of Physics: Conf. Series 1157, 022069, 1–6.

Ufie, A. (2016). Mengonstruksi Nilai-Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) Dalam Pembelajaran Muatan Lokal Sebagai Upaya Memperkokoh Kohesi Sosial (Studi Deskriptif Budaya Niolilieta Masyarakat Adat Pulau Wetang Kabupaten Maluku Barat Daya, Propinsi Maluku). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 3(2), 79–89.

Wagiran. (2011). Kedua), Pengembangan Model Pendidikan Kearifan Lokal Dalam Mendukung Visi Pembangunan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 2020 (Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan, 3(3), 85–100.




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i3.29697

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)