PENGEMBANGAN POTENSI KEWIRAUSAHAAN DENGAN PRINSIP PENTA HELIX DI DESA MARGAMEKAR KABUPATEN SUMEDANG
Abstrak
Pengembangan potensi kewirausahaan di desa merupakan sarana dalam meningkatkan kesejahteraan warga desa. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan mengelola potensi kewirausahaan desa dengan metode membangun kerjasama lintas lima pemangku kepentingan (penta helix) di Desa Margamekar Kabupaten Sumedang. Dengan berkolaborasi dengan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Padjadjaran Tahun Akademik 2020, kegiatan ini berupaya meningkatkan kemampuan warga dalam mengelola usahanya dengan memanfaatkan berbagai institusi di sekitar desa dan membangun jejaring dengan pihak-pihak yang dapat membantu mengembangkan wirausaha desa. Berbagai pemangku kepentingan yang dilibatkan pada kegiatan ini antara lain Universitas Padjadjaran, Bank Jawa Barat dan Banten, peliput media, komunitas penggerak Usaha Kecil Menengah (UKM), dan Pemerintah Desa Margamekar. Efektifvitas dari kegiatan ini kemudian diukur dengan menggunakan survei pra-test dan post-test terhadap para warga yang berpartisipasi. Olahan survei menunjukkan hasil yang positif, artinya para peserta terbukti menerima manfaat dari kegiatan ini mulai dari aspek pengetahuan memetakan potensi usaha, menetapkan strategi marketing, dan teknik pengelolaan usaha. Akhir dari kegiatan ini juga menyarankan supaya upaya pengembangan potensi kewirausahaan desa perlu dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Awaluddin, M. 2015. Digital Entrepreneurshift. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Direktorat Riset Pengabdian Kepada Masyarakat dan Inovasi Universitas Padjadjaran. 2019. Pedoman Hibah Internal Riset dan Pengabdian Pada Masyarakat. Jatinangor: DRPMI Unpad.
Handayani, E. 2020. Desa Regeneratif 4.0. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Karlina, N., Halim, H. A., Azizi, M. F., Athusholihah, A., & Tarliyah, A. (2019). PEMBERDAYAAN KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT DESA CISEMPUR DAN PENDAMPINGAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS ECOMMERCE. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 262–269.
Pemerintah Desa Margamekar. 2019. Profil Desa Margamekar. Sumedang: Pemerintah Desa Margamekar.
Sekkesaeter, U. B. 2016. Microfinance as a Case Study of Social Entrepreneurship in Norway, Social Entrepreneurship and Social Enterprises: Nordic Perspective (Editor: Linda Lundgaard Andersen, Malin Gawell and Roger Spear). Londong & New York: Routledge.
Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadiyat, M. A. (2020). Peranan E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298–309. https://doi.org/https://doi.org/10/24198/kumawula.v3i2.28181
Susanti, S., Gunawan, W., & Sukaesih. (2019). Pengembangan Pemasaran Bordir dan Kelom Geulis Tasikmalaya Melalui Media Sosial. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 248–261. https://doi.org/http://10.24198/kumawula.vli3.25256
Vavilina, N. D., & Skalaban, I. A. 2015. Social Mapping as a Tool for Public Participation, Regional Research of Russia, Vol. 5, hal. 66-72. DOI: https://doi.org/10.1134/S2079970515010116
Widianingsih, I., Setiawan, H., & Chuddin, M. 2020. Penguatan Kapasitas Pengelolaan BUMDes Cipta Rahayu di Desa Panjalu Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung, Kumawula, Vol. 3, No. 2, Agustus 2020, hal. 225-238. DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i2.26909
DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i3.31078
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:
















