PENINGKATAN KAPASITAS PEMASARAN BERBASIS MEDIA SOSIAL BAGI USAHA MIKRO DALAM MENGHADAPI ERA NEW NORMAL

Risna Resnawaty, Dessy Hasanah, Nandang Muyana

Abstrak


Pandemi COVID-19 yang melanda hampir seluruh penjuru dunia berdampak pada aktivitas UMKM. Pada masa pandemi ini, aktivitas usaha para pelaku UMKM menjadi terhambat dan lebih terbatas baik dalam produksi maupun pemasaran dan pada akhirnya menyebabkan banyaknya para pelaku UMKM mengalami kerugian. Sebelum pandemi terjadi, persaingan usaha antara UMKM sudah cenderung ketat, adanya pandemi yang juga melanda Indonesia semakin memperketat persaingan usaha di antara para pelaku UMKM. Kondisi new normal akibat pandemi COVID-19 saat ini, mengharuskan para pelaku UMKM mulai beradaptasi dan melakukan berbagai pengembangan serta inovasi pada usaha yang dijalaninya agar tetap bertahan, bersaing, dan terus beroperasi meskipun berada di dalam keadaan serba terbatas di era new normal. Kegiatan pengabdian pada masyarakat oleh akademisi pada era new normal ini dilaksanakan dengan metode pendampingan dan pelatihan secara Blended, yaitu menggabungkan antara pertemuan luring dan daring. Berdasarkan hasil analisis dan implementasi dari kegiatan pelatihan dan pendampingan UMKM mulai dapat memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produknya.


Kata Kunci


Pemasaran Digital; pelatihan dan pendampingan UMKM; Media Sosial.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kusnandar, M. Harisudin, N. Setyowati, R. K. Adi, R. R. A. Qonita, dan I. Khomah. 2020. Inovasi Bisnis: Upaya Adaptasi UKM Werkudoro di Era Adaptasi Kebiasaan Baru. AgriHealth: Journal of Agri-food, Nutrition and Public Health. Vol 1(2): 81-88.

Shaferi, I. dan M. Pinilih. 2020. Pergeseran Fokus Usaha Sebagai Strategi Baru UMKM dalam Menghadapi New Normal. Jurnal Pro Bisnis. Vol 13 (2).

Sururi, Ahmad, dkk. (2020). Peningkatan Kapasitas Ekonomi Masyarakat Melalui Pemberdayaan Kelompok Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kawasan Pantai Utara Desa Domas Kabupaten Serang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 3, No. 3.

Wang, Y., A. Hong, X. Li, dan J. Gao. 2020. Marketing Innovations During A Global Crisis: A Study of China Firms’ Response to COVID-19. Journal of Business Research. Vol 116: 214-240

Sumber elektronik:_________________ https://www.merdeka.com/uang/umkm-naik-kelas-indonesia-bangkit-ekonomi-maju.html




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2.32765

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)