ECONOMIC RECOVERY PENJUAL MAKANAN ANAK-ANAK DILINGKUNGAN SEKOLAH YANG TERDAMPAK COVID-19 MENGGUNAKAN DIGITAL MARKETING

Junaedi Junaedi, Rahma Wati, Arista Fauzi Kartikasari

Abstrak


Covid-19 sangat berdampak signifikan bagi pelaku bisnis, pada semua lini bisnis termasuk juga UMKM. Dampak tersebut juga sangat dirasakan oleh penjual jajanan yang ada dilingkungan sekolah karena pandemic membuat siswa harus melakukan Learning from home. Program pengabdian ini bertujuan untuk memperbaiki pendapatan para penjual jajanan (economic recovery) untuk mendapatkan kembali penghasilan yang hilang karena dampak covid-19. Ada tiga program kegiatan pengabdian untuk penyelesaian masalah yang dihadapi yaitu perbaikan pada aspek sumber daya manusia, aspek produksi dan aspek pemasaran. Hasil dari pengabdian ini menunjukan ada tren positif peningkatan pendapatan karena adanya upaya pencarian solusi yang dihadapi oleh penjual. Bertambahnya konsumen atau pembeli karena efek strategi digital marketing yang diterapkan. Adanya menu baru yang ditawarkan juga menjadi magnet tersendiri yang mampu menarik perhatian konsumen desa untuk membeli kemudian merasakan jajanan baru yang dikenalkan. Lingkungan masyarakat desa yang dekat satu sama lain, membuat word of mouth menjadi media pemasaran yang dinilai sangat efektif.


Kata Kunci


Kata kunci: Economic Recovery, Covid-19, Digital Marketing

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chakraborty, Dr. Abhijit, (2016). Importance of PDCS Cycle for SMEs.SSRG International Journal of Mechanical Engineering (SSRG-IJME), Vol. 3 Issue 5, pp: 14-18.

Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 53–60.

J.Sulaksana.,N.Zakaria (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal /Vol.4 No.1/ e-ISSN: 2549-2233 / p-ISSN: 2580-4952

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Jakarta: Penerbit Erlangga

Moen, R., Norman C., (2010). Circling Back: Clearing Up the Myths About the Deming Cycle and Seeing How It Keeps Evolving. Qual Progress, 42, pp: 23-28.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.0




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2.32815

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)