PELATIHAN STRATEGI BISNIS BERBASIS PENGETAHUAN DIGITAL BAGI WIRAUSAHA EKSPORTIR DI KABUPATEN PANGANDARAN

Sam'un Jaja Raharja, Sari Usih Natari, Luthfi Thirafi

Abstrak


Revolusi digital mempermudah pengiriman informasi digital secara cepat dan tepat. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah Pangandaran sendiri sudah cukup dikenal baik di Indonesia, dari sisi inovasi produk dan wisata lautnya. Namun semenjak adanya pandemi Covid-19 sejak bulan Maret tahun 2020, omset penjualanan menurun drastis 50% untuk usaha UMKM tersebut. Oleh karena itu, diperlukannya pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan pelaku usaha terkait penjualanan secara digital. Tujuan diadakannya pelatihan ini untuk mengedukasi pelaku UMKM mengenai pengenalan digital dalam melakukan usahanya secara aman dan proporsional. Pengetahuan digital adalah sebuah konsep pemahaman dari perkembangan zaman mengenai teknologi dan sains, dari semua yang bersifat manual menjadi otomatisdan dari semua yang bersifat rumit menjadi ringkas. Metode pelaksanaan terdiri dari tahap analisa awal, di mana dilakukan survei, observasi dan pelibatan pihak  terkait lainnya. Tahap kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan melibatkan narasumber internal dan narasumber eksternal. Hasil pelaksanaan pelatihan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan teknologi digital di kalangan peserta. Hal ini dapat dilihat dari indikasi sebagai berikut (1) peserta lebih banyak mengetahui dan mengenal berbagai platform digital dibanding sebelumnya (2) berdasarkan hasil pre-test dan post-test, terdapat penambahan pengetahuan dan penguasaan keterampilan tentang teknologi digital dibanding sebelum diberikan pelatihan.

Kata Kunci


UMKM; pengetahuan digital; strategis bisnis; Pangandaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Flew, T.2008. New Media : An Introduction (3rd Edition). South Melbourne : Oxford Unifersity Press

Hariadi, B. (2003). Strategi Manajemen, Bayumedia Publishing, Jakarta

Joewono. 2012. Pengertian perencanaan edisi 12.

Kotler, P.2011. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta : Penerbit Salemba Empat

McQuail, D. 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta : Salemba Humanika Musnaini, dkk. 2020. Digital Marketing. Banyumas : CV Pena Persada.

Rufaidah, P. 2018. Manajemen Strategik. Bandung : Humaniora.

Puntoadi, D. Menciptakan Penjualan Melalui Social Media.Jakarta (ID) : PT Elex Komputindo. 2011

Situmorang, J.R. (2011). Pemasaran Hijau Yang Semakin Menjadi Kebutuhan dalam Dunia Bisnis. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 7. No. 2, hal 131-142.

Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadiyat, M. A. (2020). Peranan E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298–309. https://doi.org/https://doi.org/10/24198/kumawula.v3i2.28181

Susanti, S., Gunawan, W., & Sukaesih, S. (2019). Pengembangan Pemasaran Bordir dan Kelom Geulis Tasikmalaya Melalui Media Sosial. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 248–261. https://doi.org/http://10.24198/kumawula.vli3.25256




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i3.35390

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)