PELATIHAN PEMASARAN DARING “DIGITAL MARKETING” PADA PELAKU UMKM DI DESA PANGADEGAN, KABUPATEN SUMEDANG

Budi Sujatmiko, Noormarina Indraswari, Trianing Tyas Anggaeni, Okta Wismandanu

Abstrak


Saat ini dunia telah memasuki era baru, di mana banyak terdapat penggunaan dan penerapan teknologi informasi dalam seluruh sendi kehidupan. Salah satu bidang yang banyak mengguakan teknologi ini adalah pemasaran digital. Penggunaan metode ini memungkinkan pemasaran produk barang dan jasa tanpa terbatas oleh ruang dan waktu. Namun penguasaan teknologi baru ini terbatas pada daerah dengan literasi digital yang baik seperti di perkotaan. Desa Pangadegan adalah salah satu desa di Kabupaten Sumedang yang belum terpapar dengan baik oleh metode pemasaran baru ini. Oleh karena itu, pengabdian ini ditujukan untuk melatih Usaha Mikro, Kecil dan, Menengah (UMKM) setempat agar dapat melakukan pemasaran digital. Metode: para pelaku UMKM akan mendapatkan pelatihan serta simulasi terkait pemasaran digital melalui platform “Shopee” dan “Bukalapak” juga mendapatkan pendampingan selama satu bulan. Pada akhir sesi pengabdian, seluruh pelaku UMKM telah berhasil membuat akun “digital marketing” serta antusias dan bersemangat untuk memasarkan produknya secara daring.

Kata Kunci


Pemasaran Digital; UMKM; Daring

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arif, M., Fuad, Z., Iranawati, F., & Kartikaningsih, H. (2021). PENDAMPINGAN USAHA DAN ANALISIS SENSITIVITAS USAHA KECIL MENENGAH ( UKM ) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI. 4(3).

Fadly, M., Suaidah, & Alita, D. (2021). OPTIMALISASI PEMASARAN UMKM MELALUI E-MARKETING MENGGUNAKAN MODEL AIDA PADA MISS MOJITO LAMPUNG. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 416–422.

Hendriadi, A. A., Sari, B. nurina, & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 120–125. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133

Hendriyani, C., Dwianti, S. P., Herawaty, T., & Ruslan, B. (2020). ANALISIS PENGUNAAN WHATSAPP BUSINESS UNTUK MENINGKATKAN PERJUALAN DAN KEDEKATAN DENGAN PELANGGAN DI PT SAUNG ANGKLUNG UDJO. AdBispreneur : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(2), 193–200.

Pranoto, P., Jasmani, J., & Marayasa, I. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Perekonomian Anggota Karang Taruna Al Barkah Di Kampung Cicayur - Tangerang. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 250. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v1i2.2425

Purbasari, R., Wijaya, C., & Rahayu, N. (2020). IDENTIFIKASI AKTOR DAN FAKTOR DALAM EKOSISTEM KEWIRAUSAHAAN : KASUS PADA INDUSTRI KREATIF DI WILAYAH PRIANGAN TIMUR, JAWA BARAT. AdBispreneur : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(3), 241–262.

Raharja, J., Natari, S. U., & Thirafi, L. (2021). PELATIHAN STRATEGI BISNIS BERBASIS PENGETAHUAN DIGITAL BAGI WIRAUSAHA EKSPORTIR DI KABUPATEN PANGANDARAN. 4(3).

Setiawati, I., & Widyartati, P. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba UMKM. Proceedings, 1(1).

Sinatria Kampung Ciburuan. (2017). Sumedang Tandang : Statistik Desa Pangadegan, Kecamatan Rancakalong.

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi pada UMKM di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i3.37332

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)