PENGENALAN BAHASA MANDARIN DENGAN MEDIA E-FLASHCARD QUIZLET DI PONDOK PESANTREN TAMADDUN JATINANGOR
Abstrak
Era globalisasi telah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mempelajari bahasa asing sebagai suatu persiapan untuk memasuki dunia kerja. Salah satu bahasa asing yang sering kali dibutuhkan dalam kompetensi dunia kerja adalah bahasa Mandarin, seiring dengan kebutuhan tersebut pembelajaran bahasa Mandarin di lembaga pendidikan pun semakin diperlukan. Pada kegiatan pengabdian pada masyarakat ini pelaksana akan melaksanakan kegiatan pengenalan bahasa Mandarin dengan media e-flashcard Quizlet yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Tamaddun Jatinangor, pemilihan media e-flashcard sendiri bertujuan untuk membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Mandarin dalam bentuk kata, animasi, serta audio dalam e-flashcard Quizlet. Metode yang digunakan pada kegiatan yaitu penyuluhan, pembelajaran, pendampingan, observasi serta evaluasi. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa-siswi sekolah menengah pertama di Pondok Pesantren Tamaddun Jatinangor. Hasil data menunjukkan bahwa penggunaan media e-flashcard Quizlet dalam pengenalan bahasa Mandarin cukup efektif. Hasil dari tes menunjukkan dari 73% siswa dapat menguasai kosakata bahasa Mandarin dengan baik dengan rata-rata nilai di atas 80, serta sekitar 27% siswa dapat menguasi kosakata bahasa Mandarin dengan cukup baik dengan rata-rata nilai 77-79. Selama kegiatan siswa sangat aktif dan bersemangat mengikuti pembelajaran dengan e-flashcard Quizlet.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agustina, R., Suprianto, D., & Rosalin, S. (2019). PELATIHAN INTERNET DAN PROGRAM MICROSOFT OFFICE UNTUK MEMBANTU ADMINISTRASI DI KELURAHAN MERJOSARI KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 129–144. https://doi.org/DOI:http://10.24198/kumawula.v1i3.23473
Hikmah, D. 2017. Penggunaan Quizlet Sebagai Media Pengenalan Informatics Terms. Seminar Nasional Ilmu Terapan (SNITER) 2017 – Universitas Widya Kartika, B06-1 - B06-6.
Ikhwati, H. 2015. Pengembangan Media Flashcard Ipa Terpadu Dalam Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Divisions (Stad) Tema Polusi Udara. USEJ - Unnes Science Education Journal, 3(2), 481–486.
Madyawati, L. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada Media Group.
Molenda, Heinich, Smaldino. 2005. Instructional Technology and Media For Learning. New Jersey: Pearson Education Inc.
Putra, R. S., & Ayuningsih, W. (2020). Pembelajaran Digital Menggunakan Quizlet. PROSIDING SAMASTA.
Romdani, R., & Andriyani, L. (2021). Media Pembelajaran Kartu Gambar Bersuara Berbasis E-Flashcard Quizlet untuk Pembelajaran Al-Mufradat. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, (7), 730-742.
Sadiman, Arief. 2008. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sari, D. E. (2019). Quizlet: Aplikasi Pembelajaran Berbasis Smartphone Era Generasi Milenial. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 9–15.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 1991. Media Pengajaran. Bandung: CV. Sinar Baru.
Wardhani, T. Z. Y., & Krisnani, H. (2020). OPTIMALISASI PERAN PENGAWASAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN SEKOLAH ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 48–59.
Wijayanti, R. A. R., Hermanto, D., Novitasari, A. T., & Liesdiani, M. (2021). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN SOAL MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ DAN KAHOOT SEBAGAI EVALUASI PEMBELAJARAN MASA PANDEMI. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 557–560.
DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i3.38207
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di: