UMKM MENGELOLA BISNIS DI RUMAH SENDIRI DENGAN FACEBOOK DAN INSTAGRAM ADS

Muhammad Subardin, Imelda Imelda, Yunisvita Yunisvita, Mardalena Mardalena, Deassy Apriani

Abstrak


Dalam dua tahun ke belakang ini, virus COVID-19 sedang mewabah bukan hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Kondisi ini membatasi aktivitas sebagian besar orang baik pekerjaan, sekolah, maupun usaha. Walaupun berjalan secara tidak biasa, adaptasi harus dilakukan dan peluang usaha masih tetap terbuka. Seperti belakangan ini, banyak pelaku usaha yang mengubah pola usahanya ke arah berjualan secara online dengan menggunakan aplikasi Facebook atau Instagram Ads. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan tentang keterampilan mengelola bisnis di rumah sendiri dengan menggunakan aplikasi Facebook dan Instagram Ads. Model kegiatan pengabdian yaitu pemberdayaan dengan metode pembinaan keterampilan melalui pelatihan. Metode pelatihan yang dilakukan adalah ceramah, diskusi, dan praktik. Metode kegiatan dan pelaksanaan dilakukan secara bertahap. Pada tahap awal yaitu kegiatan diskusi dan saling perkenalan merupakan cara yang digunakan untuk mendekatkan diri antara tim pengabdian kepada masyarakat dengan khalayak sasaran yaitu 20 pelaku usaha mikro. Selanjutnya, kegiatan pelatihan berupa praktik menggunakan Facebook dan Instagram Ads dan diakhiri dengan evaluasi hasil kegiatan. Peserta kegiatan pengabdian cukup antusias dalam mengikuti acara yang dilakukan dengan memperhatikan dengan baik penyampaian materi yang dilakukan oleh narasumber. Dengan mengikuti kegiatan pelatihan pelaku usaha mikro telah memiliki akun dan menjadi lebih terampil menggunakan Facebook dan Instagram Ads sebagai sarana pemasaran produk dan jasa yang dikelola dari rumah. Melalui kegiatan pengabdian ini, peserta lebih mampu beradaptasi mengelola bisnis dalam kondisi pandemi COVID-19 dari rumah.


Kata Kunci


Bisnis Rumahan; Online; Facebook Ads; Instagram Ads

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bala, M., & Verma, D. (2018). A Critical Review of Digital Marketing . International Journal of Management, 8(10), 321–339.

Dudi, Sudrajat Abdurchim. (2016). Digitalisasi menuju UMKM ke dunia internasional. Kompas. Edisi 10 Agustus 2016.

Feri, A. S. (2020). Transaksi Online Produk UMKM Naik 350 Persen Saat Corona. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200428194546-92-498232/transaksi-online-produk-umkm-naik-350-persen-saat-corona

Flimmerce. (2018). Memilih marketplace yang cocok untuk memasarkan produk anda.

Hasmidyani, D., Fatimah, S., & Firmansyah, F. (2018). Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan Generasi Muda Melalui Pelatihan Penyusunan Rencana Usaha. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 32–47. https://doi.org/10.25170/mitra.v1i1.13

Hootsuite. (2021). Digital 2021 Indonesia. Data Reportal. https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia

Jemadu, Liberty., & Prasetya, Dicky. (2020). Ini Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2020 per Provinsi. suara.com. https://www.suara.com/tekno/2020/11/13/191253/ini-jumlah-pengguna-internet-indonesia-2020-per-provinsi

Kusuma, D. A. (2020). Peningkatan Penjualan Dandang Menggunakan Metode Viral Marketing di Desa Cileunyi Kulon. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 197._____________ https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i2. 26267

Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadiyat, M. A. (2020). Peranan E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298–309. https://doi.org/https://doi.org/10/24198/k umawula.v3i2.28181

Syifa, K., Bintari, A., & Yunita, D. (2022). STRATEGI PEMERINTAH DALAM MENGATASI PENURUNAN PENERIMAAN PAJAK DI MASA PANDEMI CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19) (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Bekasi). JANITRA (JURNAL ADMINISTRASI PEMERINTAHAN), 2(1), 136–148.

Taruli, A. E., Chan, A., & Tresna, P. W. (2020). PENGARUH GAMIFICATION VERSI “SHOPEE TANAM” TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT APLIKASI MOBILE SHOPEE INDONESIA (SURVEI PADA PENGGUNA FITUR SHOPEE IN APP GAMES DI KOTA BANDUNG). AdBispreneur : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(3), 283–295.

Training. Article Text 10-1-10-20180829 FakultasKeguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i3.38472

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)