PELATIHAN KETERAMPILAN BERBAHASA ISYARAT DI LINGKUNGAN INDIVIDU DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN

*Bayu Pamungkas, Hermanto Hermanto

Abstrak


Pengabdian masyarakat melalui pelatihan Bahasa Isyarat Dasar bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peserta terkait Bahasa Isyarat Dasar sebagai bekal berkomunikasi dengan individu yang mengalami hambatan pendengaran (tunarungu). Pelatihan ini diikuti 30 peserta dengan berbagai latar belakang, yakni: orang tua, guru dan masyarakat di lingkungan individu dengan hambatan pendengaran. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan metode diskusi terarah, workshop, dan pendampingan dalam penggunaan Bahasa Isyarat. Hasil program menunjukkan bahwa pengetahuan dan keterampilan peserta dalam penggunaan Bahasa Isyarat dapat meningkat. Hal tersebut dapat terlihat dari kemampuan peserta dalam mempraktekkan bahasa  isyarat yang dipelajari.

 

This community service through sign language training aims to improve the skills of participants regarding basic sign language as communication with individuals who experience basic hearing impairments. This training was attended by 30 participants with various backgrounds, namely parents, teachers, and the community in the environment of individuals with hearing impairments. This community service is carried out by means of focused discussions, workshops, and assistance in the use of sign language. The results of the program indicate that the knowledge and skills of participants in the use of Sign language can improve. This can be seen from the ability of participants to practice the language seen in practice.


Kata Kunci


Bahasa Isyarat; Hambatan Pendengaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Calderon, Jose Luis. 2011. How-To Data Collection Series: The Evolution of the Focused Discussion Group: From Non-Participant to One of the Crew. The Qualitative Report Volume 16 (1). ISSN-1052-0147

Ciobanu, Nicoleta R. 2018. Active and Participatory Teaching Methods. European Journal of Education. Vol 1 (2), 69-72. Doi:10.26417/ejed.v1i2. p69-72

Creswell, J. W. 2008. Educational Research – Planning, Conducting, And Evaluating Quantitative And Qualitative Research. Third Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc (Campbell, et. al, 2021).

Gumelar, Gilang. dkk. 2018. Bahasa Isyarat Indonesia sebagai Budaya Tuli melalui Pemaknaan Anggota Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu. Jurnal Informasi : Kajian Ilmu Komunikasi - ISSN (p) 0126-0650; ISSN (e) 2502-3837 Vol. 48, No. 1.

Irawan, Dede. 2016. Pengaruh Kebiasaan Berbicara Bahasa Inggris dan Motivasi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 3 (3), 185-196. http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v3i3.818.g2721

Kamil, M. 2010. Model Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Alfabeta.

Kurniawati, dkk. 2021. Reading Habits and Grammar Mastery Impact on EFL Students Descriptive Writing Skills. INFERENCE: Journal of English Language Teaching Vol. 3 (3), 184-190. e-ISSN: 2615-868X

Modritscher, Felix. (2006). e-Learning Theories in Practice: A Comparison of Three Methods. Journal of Universal Science and Technology of Learning, vol. 28 (1).3-18

Mussmann. 2011. Professionalism and Institutionalisation of Education of Speech and Language Impaired Children in An Inclusive System In Germany. International Journal of Special Education 26 (2) ISSN 08273383

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suprijanto. 2007. Pendidikan orang dewasa dari teori hingga aplikasi. Banjarbaru: Bumi Aksara.

Sutjihati Somantri, (2007). Psikologi Anak Luar Biasa, Bandung: PT. Refika Aditama.




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i3.38705

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)