POWTOON SEBAGAI MEDIA YANG KREATIF DAN INOVATIF UNTUK PEMBELAJARAN PASCA PANDEMI COVID-19

Lilia Indriani, Rini Estiyowati Ikaningrum, Ika Setyowati

Abstrak


Pembelajaran tatap muka terbatas dan penyiapan digitalisasi sekolah adalah beberapa langkah yang dilakukan untuk beradaptasi dengan pandemic Covid-19. Keberhasilan guru dalam melakukan pembelajaran daring pada situasi pasca pandemi Covid-19 ini adalah kemampuan guru dalam berinovasi merancang, dan meramu materi, metode pembelajaran, dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan metode. Mitra dari kegiatan Pengabdian Unggulan Universitas (PUU) ini adalah SD Negeri Magelang 4, SD Negeri Magelang 6 dan SD Negeri Magelang 7 sejumah 56 orang guru. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah peer-mentoring, modelling dan pemberian feedback. Prosedur pelaksanaan pendampingan terbagi menjadi beberapa kegiatan: observasi, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan ini dilakukan dalam enam kali pertemuan secara luring disetiap sekolah. Kegiatan ini berhasil untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas media pembelajaran daring yang kreatif dan inovatif dan meningkatkan pemahaman dan ketrampilan guru dalam pembuatan media pembelajaran daring yang kreatif dan inovatif, khususnya menggunakan aplikasi Powtoon.


Kata Kunci


Media Pembelajaran, Powtoon, Pasca Pandemi Covid-19

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amirulloh, M., Novianty Muchtar, H., Saleh, K. A., Hukum, F., & Padjadjaran, U. (2022). PENINGKATAN PEMAHAMAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL BAGI GURU DAN SISWA SMKN 4 KUNINGAN JAWA BARAT. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 229–237. https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i2.36775

Anggita, Z. (2020). PENGGUNAAN POWTOON SEBAGAI SOLUSI MEDIA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19. JURNAL KONFIKS, 7(2), 44–52. https://doi.org/10.26618/KONFIKS.V7I2.4538

Anita, A. S., & Kardena, A. (2021). THE EFFECT OF USING POWTOON TOWARD STUDENTS’ MOTIVATION IN WRITING. ELP (Journal of English Language Pedagogy), 6(1), 1–13. https://doi.org/10.36665/ELP.V6I1.369

Hendriyanto. (2021). Strategi Pendidikan Menuju Era Pasca Pandemi - Direktorat Sekolah Dasar. Direktorat Sekolah Dasar, Kemendikbudristek. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/strategi-pendidikan-menuju-era-pasca-pandemi

Siti, A., Fauziah, N., Lilies, U. G., Friatin, Y., Galuh, U., & Surahmat, A. (2021). Teaching Media “Powtoon” to Assist Students’ Writing Narrative Text. Jadila: Journal of Development and Innovation in Language and Literature Education, 1(4), 416–422. https://doi.org/10.52690/JADILA.V1I4.154

Wahyuni, N., Putera, R. E., Rahayu, W. K., Fajri, H., Publik, J. A., Andalas, U., Ilmu, J., Negara, A., & Padang, U. N. (2022). PENINGKATAN PENDIDIKAN RAMAH ANAK BERBASIS LITERASI DIGITAL. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 301–308. https://doi.org




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i2.42125

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)