EDUKASI DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN APLIKASI MOBILE UNTUK SISWA SMAK BPK PENABUR SINGGASANA BANDUNG
Abstrak
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa saat ini perkembangan teknologi telah memasyarakat luas. Penggunaan telepon genggam atau telepon pintar telah banyak digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat. Hampir semua lapisan masyrakat sudah mengenal dan menggunakan telepon gengggam. Sekolah Menengah Atas (SMA) sebagai salah satu institusi yang mengajarkan teknologi kepada para siswanya ternyata memiliki banyak keterbatasan. Keterbatasan seperti adanya pembatasan kurikulum, keterbatasan waktu pengajaran, keterbatasan fasilitas dan lainnya. Saat ini dalam pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMA belum banyak mengajarkan tentang pemrograman aplikasi mobile. Sehingga diperlukan pembekalan pelatihan praktis dalam hal pemrograman mobile. Pelatihan pemrograman aplikasi mobile ini merupakan perwujudan dari pendidikan praktis di bidang teknologi. SMAK BPK Penabur Singgasan Bandung dan Universitas Kristen Maranatha Bandung, Program Studi Sistem Komputer mengadakan kerjasama untuk pelatihan pemrograman mobile. Para peserta pelatihan pada awalnya tidak memiliki pengetahuan teori dasar tentang teknologi komputer, yang kemudian diberikan pelatihan hingga peserta memiliki pengetahuan teori tentang teknologi komputer. Dalam pelatihan ini diajarkan berbagai teori dan praktek dalam membuat aplikasi mobile. Para peserta pelatihan telah berhasil membuat berbagai aplikasi mobile menggunakan MIT App Inventor dan Responsive Website. Pelatihan ini telah berhasil 100% mengajarkan pembuatan aplikasi mobile bagi para siswa SMAK BPK Penabur Singgasana Bandung.
This Community Service activity is motivated by current technological developments that have become widespread. Various groups of people have widely used mobile phones or smartphones. Almost all levels of society are familiar with and use mobile phones. High School (SMA) is an institution that teaches technology to its students, which turns out to have many limitations. Limitations include curriculum restrictions, limited teaching time, limited facilities, and others. Currently, there is not much teaching about mobile programming in Information and Communication Technology (ICT) lessons in high school. So it is necessary to provide practical training in terms of mobile programming. This mobile programming training is the embodiment of practical education in technology. SMAK BPK Penabur Singgasan Bandung and Maranatha Christian University Bandung, Computer Systems Study Program held a collaboration for mobile programming training. The trainees initially did not have basic theoretical knowledge of computer technology, which was then given training until the participants had theoretical knowledge of computer technology. In this training, various theories and practices are taught in making mobile applications. The trainees have successfully created various mobile applications using MIT App Inventor and Responsive Website. This training has been 100% successful in teaching the making of mobile applications for SMAK BPK Penabur Singgasana Bandung students.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afrianti, Silvia, and Hari Antoni Musril. 2020. “Perancangan Media Pembelajaran TIK Menggunakan Aplikasi Autoplay Media Studio 8 Di SMA Muhammadiyah Padang Panjang.” Jurnal Informatika Upgris 6(2): 22–27.
Agustina, Rini, and Dodit Suprianto. 2018. “PELATIHAN DESAIN GRAFIS DAN FOTONOVELA UNTUK WARGA DESA NGEMBAL KEC. WAJAK KAB. MALANG.” Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(3): 219–26.
Arief, Rifiana, Widyo Nugroho, and Ditiya Himawati. 2021. “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Online Pembuatan Video Pembelajaran Berpotensi HKI.” CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4(1): 53–66. https://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde/article/view/878/452.
Dahlia, Siti, Tricahyono NH, and Agung Adiputra. 2021. “Peningkatan Kapasitas Guru Geografi Memanfaatkan Media Pembelajaran Online Dan Offline Di Masa Covid 19.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5(3): 651–58. https://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/4527/3027.
Haryani, Prita. 2019. “Sosialisasi E-Safety Parenting Sebagai Smart Solution Dalam Pendampingan Penggunaan Gadget Pada Anak.” Jurnal Pengabdian Nusantara 3(1): 83–92.
Herawati, Nyoman Trisna et al. 2020. “Pemanfaatan Financial Technology Dalam Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro Dan Kecil.” CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2): 179–86.
Maulana, Indra et al. 2023. “PENDIRIAN POJOK DIGITAL DESA PASIGARAN SEBAGAI SALAH SATU SARANA DIGITALISASI DESA PASIGARAN.” Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6(1): 6–11.
Motlan et al. 2020. “PKM Pendampingan Guru-Guru SMA Mendesain Dan Menerapkan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Di Era Revolusi Industri 4.0.” CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(2): 328–35.
Rivani, Rivani, Farisadri Fauzan, and Healthy Nirmalasari. 2022. “IMPLEMENTASI PROGRAM POJOK DIGITAL DI DESA CIHERANG.” Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5(3): 479–84.
Ruswiansari, Maretha et al. 2021. “Pemanfaatan Perangkat Mengajar Digital Guna Mendukung Blended Learning.” CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4(1): 561–66. https://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde/article/view/723/442.
Subekti, Agung, Septiawan Sukma Yudha, and Heri Tri Luqman BS. 2016. “Pemahaman Dan Peran Guru TIK Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Menengah Atas.” Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies 4(1): 25–31.
Sugeng Haryono, Prasetio Ariwibowo, and Tjipto Djuhartono. 2019. “PKM Ekonomi Produktif Melalui Technopreneurhip Bagi Guru Di SMK Bisnis Dan Teknologi.” CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1): 113–23.
Wijaya, Marvin Chandra. 2019. “Perancangan Pembelajaran Fisika Menggunakan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Fisika.” Science and Physics Education Journal (SPEJ) 3(1): 28–36. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/SPEJ/article/view/928.
———. 2021. “Pelatihan Merakit Komputer Untuk Panti Sosial Asuhan Anak ( PSAA ) Darul Inayah.” 4(51): 285–92.
Yatim, Rumah. 2019. “Keterampilan Menjahit Bagi Anak Panti Asuhan Rumah Yatim Di Di Kota Bandar Lampung.” Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat 8(4): 216–19.
DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i3.46611
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di: