OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING MELALUI TIKTOK MARKETING BAGI STARTUP BISNIS DI JAWA BARAT
Abstrak
Salah satu faktor terbesar yang menjadi penghambat kurang berkembangnya startup di Indonesia adalah terbatasnya ketersediaan talenta digital, padahal Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki peranan yang sangat penting bagi pertumbuhan startup. Kegiatan optimalisasi digital marketing melalui TikTok marketing bertujuan untuk meningkatkan talenta digital dan kualitas kewirausahaan startup bisnis, dengan melibatkan 30 Startup Bisnis di Jawa Barat sebagai khalayak sasaran. Khalayak sasaran pada kegiatan ini memiliki karakteristik sebagai usaha rintisan yang telah berdiri minimal 6 bulan yang berasal dari berbagai bidang usaha. Kegiatan optimalisasi digital marketing melalui TikTok marketing dilakukan dalam dua kegiatan. Pertama adalah pelatihan TikTok Marketing, dan yang kedua adalah evaluasi dan monitoring konten video untuk kegiatan TikTok marketing. Untuk mengukur keberhasilan implementasi TikTok Marketing pada usaha khalayak sasaran dan mengetahui peningkatan talenta digital startup bisnis, maka dilakukan pre-test dan post-test dalam bentuk kuesioner online. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dari sisi pengetahuan, pemahaman dan kemampuan khalayak sasaran mengenai implementasi TikTok marketing, sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan pelatihan. Setelah dilakukan evaluasi dan monitoring, khalayak sasaran diketahui lebih memahami mekanisme kerja dan cara mengelola fitur pada TikTok Shop (TikTok Marketing) agar pemanfaatannya semakin optimal untuk dapat menjaring lebih banyak customer dan meningkatkan penjualan.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Akbar, A. 2006. Cepat dan Mudah Membuat Situs Internet. Solo: Neomedia Press
Blank, S., Dorf, B. 2020. The Startup Owner's Manual: The Step-By-Step Guide for Building a Great Company, Wiley
Chaffey, D. (2015) Digital Business and E-Commerce Management. Pearson, New York, 5-15.
Chaffey, Dave., & Ellis-Chadwick, F. (2016). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice, Sixth Edition. Pearson
Cooper, W. (2002) Information Technology and Internet Culture. The Journal of Virtual Environments, 6(1).
Coviello, N E., Milley, R., Marcolin, B. 2001. Understanding IT-Enabled Interactivity in Contemporary Marketing. Journal of Interactive Marketing. 15(4):18 – 33
Dewa, C B., Safitri, L A. 2021. Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19. Khasanah Ilmu : Jurnal Pariwisata Dan Budaya : Vol 12(1), 65-71.
Drucker, P. 2014. Innovation and entrepreneurship. Routledge.
Harianti, E S (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Social Media Influencer Pada Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Prettywell Kota Kediri. http://repository. unpkediri.ac.id/
Burhan, F A. 2021. 4 Tantangan Pemerataan Daya Saing Digital Antarprovinsi di Indonesia. https:// katadata.co.id/desysetyowati/digital/60598d0aa56b3/4-tantangan- pemerataan -daya-saing-digital-antarprovinsi-di-indonesia, 23 Maret 2021, 13:39 diakses 10 April 2022.
Safitri,H., Suharyani, S C., Harisyah, P N., Dita, S D R., Kusumawati, D (2022). Analisis Pengaruh Digital Marketing Tiktok Pada Trend Home Decor Terhadap Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Produk Ikea. Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian. Surabaya, 6 April 2022.
Barus, K. 2021. Sebanyak 2.219 Perusahaan Startup Masih Mejeng di Pulau Jawa, Saatnya Investor Lirik Startup Daerah. https://www.industry.co.id/read/82314/ sebanyak- 2219 - perusahaan-startup-masih-mejeng-di-pulau jawa-saatnya-investor-lirik-startup-daerah, Rabu, 17 Maret 2021 - 23:05 WIB, Diakses pada tanggal 10 April 2022
Porter, M. E. 2001. Strategy and the internet. Harvard Business Review (March): 63-78.
Ramadhan, I H., Priatama, R., Awanis A A., Febriansyah, K. (2021). Analisis Teknik Digital Marketing pada Aplikasi Tiktok (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial). Socia: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol. 18, No. 1, Juni 2021 (49-60)
Ries, E. (2011). The lean startup: how constant innovation creates radically successful businesses.https://nls.ldls.org.uk/welcome.html?ark:/81055/vdc_100048600846.0x000001. 48. Ripsas, S. & Tröger, S. (2014). Deutscher Startup Monitor 2014. Published by KPMG Deutschland, Berlin
Ripsas, S. & Tröger, S. (2014). Deutscher Startup Monitor 2014. Published by KPMG Deutschland, Berlin
Startup Studio Indonesia. 2021. Soal Pemerataan yang Masih Jadi Permasalahan Startup di Indonesia. https://startupstudio.id/permasalahan-startup-indonesia/, August 16, 2021, 2:27 pm. Diakses pada tanggal 10 April 2022
Wang, Y.-H., Gu, T.-J., & Wang, S.-Y. (2019). Causes and characteristics of short video platform internet community taking the TikTok short video application as an example. 2019 IEEE International Conference on Consumer Electronics-Taiwan (ICCE-TW), 1–2
Pasha, Y. 2022. SBM ITB Sebut Startup Masih Potensial di Masa Depan. https://jabar.idntimes.com/news/jabar/yogi-pasha/sbm-itb-sebut-startup-masih-potensial-di-masa-depan, Diakses pada tanggal 10 April 2022
Nurhanisah.Y. 2021. Startup Indonesia: Skala Usaha dan Masalah yang Dihadapi, https://indonesiabaik.id/ infografis/startup-indonesia-skala-usaha-dan-masalah-yang- dihadapi, Diakses pada tanggal 10 April 2022.
DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v7i2.53680
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di: