Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Business Model Canvas pada Usaha Konveksi Johor Production Kota Medan

Muhammad Parikesit Wisnubroto, Kiki Yulianto

Abstrak


Johor Production is one of the companies engaged in the garment industry and supplier of convection products. This company was established in 2018, and has consistently provided a variety of high-quality products. Its products have been trusted by various government agencies, private companies, schools, and specific communities in Medan City, North Sumatra. Over time, more new companies have emerged that operate in similar fields, leading to increased competition and the need for business analysis and development methods in order to maintain their existence. This community service activity aims to assist Johor Production in developing a business model, namely the Business Model Canvas (BMC) to support the company’s growth. The method used in this service includes educational activities through online Zoom meetings for BMC material presentations and direct practice at Johor Production’s production site. During the presentation of the material, the team from Johor Production seemed to pay attention enthusiastically. The discussion and question and answer sessions proceeded smoothly. The direct practice results identified nine (9) BMC elements, each of which is clearly described. These nine elements will be the basis for the development of convection business from Johor Production.

Johor Production merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang garment industry dan supplier produk konveksi. Perusahaan ini telah berdiri sejak 2018 yang selalu konsisten dalam menghadirkan berbagai produk berkualitas. Produk yang dihasilkan telah dipercayai oleh berbagai instansi pemerintah, swasta, sekolah, hingga komunitas tertentu di Kota Medan, Sumatera Utara. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak munculnya perusahaan baru yang bergerak pada bidang serupa. Akibatnya, persaingan akan semakin ketat dan perlunya suatu analisis dan metode pengembangan usaha agar eksistensinya tetap terjaga. Kegiatan pengabdian ini ditujukan untuk membantu dan mendampingi Johor Production dalam menyusun model bisnis, yaitu Business Model Canvas (BMC) agar perusahaan semakin berkembang. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini ialah edukasi melalui pemaparan materi BMC secara online dengan Zoom meeting dan praktek langsung di lokasi produksi Johor Production. Selama penyampaian materi, tim dari Johor Production terlihat memperhatikan dengan antusias. Diskusi dan proses tanya jawab berlangsung lancar. Dari hasil praktek langsung di lokasi diperoleh sembilan (9) elemen BMC yang masing-masing diuraikan dengan jelas. Kesembilan elemen ini akan menjadi dasar pengembangan usaha konveksi dari Johor Production.


Kata Kunci


Bisnis; business model canvas (bmc); konveksi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aliwinoto, C., Hediyani, M., & Malinda, M. (2022). Analisis business model canvas usaha mikro kecil menengah toko JIF Bandung, Indonesia. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 1, 173–182.

Hamdan, A., Ichwanto, M. A., Winarno, A., Permatasari, I. S., & Ramadhani, A. N. (2023). Business model canvas dan digital marketing guna meningkatkan usaha kuliner di Wisata Sumber Banteng. Aptekmas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2). https://doi.org/10.36257/apts.vxix

Jaenab, Fatmawati, R., Jariah, A., Anisah, R., & Khairunisyah. (2023). Pelatihan penyusunan business model canvas untuk pengembangan produk dan usaha bandeng presto pada UMKM UMA ME’E di Desa Belo Kecamatan Palibelo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(6), 757–763. https://jurnalpengabdianmasyarakatbangsa.com/index.php/jpmba/index

Kurniasari, R., & Kartikasari, D. (2018). Penerapan model bisnis kanvas terhadap bisnis jasa angkut penumpang pada PT. Internasional Golden Shipping (Vol. 2).

Pratiwi, A., Santoso, E., & Fatmawati. (2017). Eskalasi usaha konveksi kaos dan seragam kerja melalui strategi kualitas produk, layanan konsumen dan perluasan jaringan pemasaran melalui e-commerce pada wirausaha forum difabel Malang Raya (Fordimara) di Kota Malang Raya. In Indonesian Journal of Disability Studies (IJDS (Vol. 4, Issue 1). www.andalasclothing.com

Ratnasari, & Sunarto, S. (2021). Analisis penerapan bisnis model canvas (studi pada UKM di Kota Batu). Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 6(2), 307. https://doi.org/10.30737/ekonika.v6i2.1536

Ruhiyat, R., Idris, D. T., Indrawati, D., Indrawati, E., & Siami, L. (2021). Pelatihan penyusunan kanvas model bisnis dengan menggunakan design thinking secara daring bagi peternak dan petani muda di Desa Cibodas, Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 508–517. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i3.35402

Setiawan. (2023). Business Model Canvas. In Business Model Canvas (Vol. 5, Issue 2). Setiawan.

Sukarno, B. R., & Ahsan, M. (2021). Implementasi strategi pengembangan bisnis dengan business model canvas.

Wahyuni, S. (2021). Strategi business model canvas (BMC) bagi pelaku usaha Samarinda dalam upaya pengembanganbrand dan digitalisasi produk. Jurnal Pustaka Mitra, 1(2), 81–86.

Warnaningtyas, H. (2020). Desain bisnis model canvas (BMC) pada usaha batik Kota Madiun. http://ekomaks.unmermadiun.ac.id/index.php/ekomaks

Wijaya, L. E., & Indriyani, R. (2016). Analisis business model canvas pada CV. Kayu Murni Surabaya. Jurnal Agora, 4(2), 304–313.

Wisnubroto, M. P. (2023). Pemanfaatan Mikroorganisme Lokal Berbasis Bonggol Pisang dalam Upaya Refungsionalisasi Digester Biogas di Padukuhan Grogol IX, Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 949–954. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i4.15283

Wisnubroto, M. P., Edwin, W., Kumala Sari, W., Heriza, S., Rezki, D., Ikhsan, Z., Suhendra, D., Karjunita, N., & Hasibuan. (2023). Optimalisasi lahan pekarangan rumah dengan penanaman buah-buahan di Nagari Sungai Kambut, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Abdi Insani, 10(2), 1092–1102. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i2.984

Wisnubroto, M. P., & Yulianto, K. (2024). Pendampingan pembuatan business model canvas pada usaha kuliner Mbak Nur di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. Jurnal Abdi Insani, 11(1), 463–473. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i1.1362




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v8i1.54719

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)