PELATIHAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN METODE ACTIVE LEARNING DI SMK PADJADJARAN, JATINANGOR
Abstrak
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agustang, A., Mutiara, I. A., & Asrifan, A. (2021). Masalah Pendidikan di Indonesia.
Apriana, D. (2019). Pengaruh Bahasa Inggris Terhadap Eksistensi Bahasa Indonesia Di Era Globalisasi Sebagai Peluang Sekaligus Ancaman.
CNN. (2022, November 20). Warga RI Tak Fasih Berbahasa Inggris, Posisi ke-81 dari 111 Negara Baca artikel CNN Indonesia. Retrieved from CNN Indonesia : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20221119141305-284-875876/warga-ri-tak-fasih-berbahasa-inggris-posisi-ke-81-dari-111-negara
Dauyah, E., & Yulinar. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Non-Pendidikan Bahasa Inggris. Jurnal Serambi Ilmu, 19(2), 196.
Dewi, A. U., Aminah, D. A. S., & Dermawan, W. (2023). Emancipated Learning Independent Campus: Teaching Assistance Program As Collaborative Comunity Engagement Practice University. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 779–785.
Diva, O., Firdaus, M. A. P., & Hilaliyah, T. (2024). Analisis Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAN 1 Ciruas Tahun Pelajaran 2023/2024. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(1), 123–128. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.2014
Harackiewicz, J. M., Smith, J. L., & Priniski, S. J. (2016). Interest Matters: The Importance of Promoting Interest in Education. Policy Insights from The Behavioral and Brain Sciences, 3(2), 220–227.
Hartono, W. J. (2022). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Mahasiswa STABMaitreyawira Pekanbaru. Guru Kita.
Kariadi, D., & Suprapto, W. (2018). Model Pembelajaran Active Learning Dengan Strategi Pengajuan Pertanyaan untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran PKn. Educatio, 13(1), 11–21. https://doi.org/10.29408/edc.v12i1.838
Kingdom, Orji, E., & Maekae, J. (2013). The Role of Education in National Development: Nigerian Experience. European Scientific Journal , 9(28), 312–320.
Madhakomala, R., Hakim, M. A., & Syifauzzuhrah, N. (2022). Problems of Education in Indonesia and Alternative Solutions. International Journal of Business, Law, and Education, 3(3), 135–144. https://doi.org/10.56442/ijble.v3i3.64
Mubayyinah, N., & Ashari, M. Y. (2017). Efektivitas Metode Active Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X-A di SMA Darul Ulum 3 Peterongan Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 76–93.
Nikmawati, N., Bintoro, H. S., & Santoso, S. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 254–259. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38975
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Syafroni, R. N. (2023). Pemanfaatan Media Youtube “Media Sharing” Pada Materi Menelaah Teks Prosedur Kelas. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 145–149.
DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v7i2.54981
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:
















