PELATIHAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN METODE ACTIVE LEARNING DI SMK PADJADJARAN, JATINANGOR

Dea Ayu Siti Aminah, Anggia Utami Dewi, Windy Dermawan, Heni Nurhayati

Abstrak


Pendidikan berperan penting bagi masyarakat Indonesia sehingga diperlukan interaksi yang efektif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari artikel ini untuk membahas efektivitas metode pembelajaran yang aktif dalam mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah. Metode active learning dalam kegiatan pembelajaran diperoleh secara aktif di dalam kelas sehingga dapat menuntut siswa untuk berpikir kritis, melatih kemampuannya, dan kreatif. Metode ini dapat diterapkan pada semua mata pelajaran di sekolah. Kegiatan dilakukan untuk meningkatkan minat siswa dalam mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Dari hasil penilaian penggunaan metode pembelajaran efektif di kelas, disarankan agar metode tersebut diterapkan secara terus menerus pada kegiatan pembelajaran bahasa Inggris secara rutin karena terbukti dapat meningkatkan minat dan semangat siswa dalam belajar. Artikel ini ditulis berdasarkan hasil kegiatan pendampingan asistensi mengajar di SMK Padjadjaran yang berlokasi di Jatinangor, Jawa Barat

Kata Kunci


metode active learning, bahasa Inggris, asistensi mengajar, pendidikan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustang, A., Mutiara, I. A., & Asrifan, A. (2021). Masalah Pendidikan di Indonesia.

Apriana, D. (2019). Pengaruh Bahasa Inggris Terhadap Eksistensi Bahasa Indonesia Di Era Globalisasi Sebagai Peluang Sekaligus Ancaman.

CNN. (2022, November 20). Warga RI Tak Fasih Berbahasa Inggris, Posisi ke-81 dari 111 Negara Baca artikel CNN Indonesia. Retrieved from CNN Indonesia : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20221119141305-284-875876/warga-ri-tak-fasih-berbahasa-inggris-posisi-ke-81-dari-111-negara

Dauyah, E., & Yulinar. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Non-Pendidikan Bahasa Inggris. Jurnal Serambi Ilmu, 19(2), 196.

Dewi, A. U., Aminah, D. A. S., & Dermawan, W. (2023). Emancipated Learning Independent Campus: Teaching Assistance Program As Collaborative Comunity Engagement Practice University. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 779–785.

Diva, O., Firdaus, M. A. P., & Hilaliyah, T. (2024). Analisis Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAN 1 Ciruas Tahun Pelajaran 2023/2024. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(1), 123–128. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.2014

Harackiewicz, J. M., Smith, J. L., & Priniski, S. J. (2016). Interest Matters: The Importance of Promoting Interest in Education. Policy Insights from The Behavioral and Brain Sciences, 3(2), 220–227.

Hartono, W. J. (2022). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Mahasiswa STABMaitreyawira Pekanbaru. Guru Kita.

Kariadi, D., & Suprapto, W. (2018). Model Pembelajaran Active Learning Dengan Strategi Pengajuan Pertanyaan untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran PKn. Educatio, 13(1), 11–21. https://doi.org/10.29408/edc.v12i1.838

Kingdom, Orji, E., & Maekae, J. (2013). The Role of Education in National Development: Nigerian Experience. European Scientific Journal , 9(28), 312–320.

Madhakomala, R., Hakim, M. A., & Syifauzzuhrah, N. (2022). Problems of Education in Indonesia and Alternative Solutions. International Journal of Business, Law, and Education, 3(3), 135–144. https://doi.org/10.56442/ijble.v3i3.64

Mubayyinah, N., & Ashari, M. Y. (2017). Efektivitas Metode Active Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X-A di SMA Darul Ulum 3 Peterongan Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 76–93.

Nikmawati, N., Bintoro, H. S., & Santoso, S. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 254–259. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38975

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Syafroni, R. N. (2023). Pemanfaatan Media Youtube “Media Sharing” Pada Materi Menelaah Teks Prosedur Kelas. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 145–149.




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v7i2.54981

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)