PELATIHAN REPORTASE BERITA DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI LISAN BAGI SISWA SMKN 2 GARUT
Abstrak
The background of the problem in this community service is the lack of understanding of reporting techniques so that oral communication skills among students are inadequate, especially in the Television Program Production and Broadcasting (PSPT) department of SMKN 2 Garut. This is caused by the limited teaching materials and direct training in journalism. By having an understanding of reporting techniques, students will have oral communication skills, students will have a level of confidence to speak in front of the camera, because oral communication skills are very important to have in the world of work and education. This applies to the students studying PSPT in SMKN 2 Garut, where they must understand reporting techniques and have good oral communication skills when viewed from the department they are currently studying. Therefore, this community service activity needs to be carried out to provide knowledge about reporting techniques and improve oral communication skills for students of SMKN 2 Garut. The purpose of this service is to describe the results of community service activities in the form of news reporting training for students in improving oral communication, so that they can appear confident in front of the camera and even the general public. The method used in this community service is a 3-day training with the technique of providing material, discussion and direct practice in the field. The result of this community service activity is that students are able to understand how the reporting training is carried out so that they can improve their oral communication and build their confidence by producing journalistic works in the form of video reports. It can be concluded that this news reporting training is said to be successful from the previous 58.7% to 91.7% who know about news reporting and increased student oral communication after participating in this training.
Latar belakang permasalahan pada pengabdian ini adalah kurangnya pemahaman mengenai teknik reportase, sehingga kemampuan komunikasi lisan di kalangan para pelajar kurang lancar, terutama pada jurusan Produksi dan Siaran Program Televisi (PSPT) SMKN 2 Garut. Hal tersebut disebabkan oleh keterbatasannya bahan ajar dan pelatihan langsung dalam bidang jurnalistik. Dengan memiliki pemahaman mengenai teknik reportase, para siswa/i akan memiliki kemampuan komunikasi secara lisan dan memiliki tingkat rasa percaya diri untuk berbicara di depan kamera, karena kemampuan komunikasi lisan merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki di dalam dunia pekerjaan maupun pendidikan. Seperti pada para pelajar jurusan PSPT SMKN 2 Garut, di mana mereka harus memahami teknik reportase dan memiliki kemampuan komunikasi lisan yang baik jika dilihat dari jurusan apa yang sedang mereka tekuni. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini perlu dilakukan untuk memberikan pengetahuan seputar teknik reportase dan meningkatkan keterampilan komunikasi lisan bagi siswa/i SMKN 2 Garut. Tujuan pengabdian ini, untuk mendeskripsikan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan reportase berita bagi siswa/i dalam meningkatkan komunikasi lisan, sehingga mereka bisa tampil percaya diri di hadapan kamera, bahkan khalayak umum. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu pelatihan selama 3 hari dengan teknik pemberian materi, diskusi, dan praktik langsung ke lapangan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah para siswa/i mampu memahami bagaimana pelatihan reportase yang dilakukan sehingga mampu meningkatkan komunikasi lisan mereka dan menimbulkan rasa percaya diri dengan menghasilkan karya jurnalistik berupa video reportase. Dapat disimpulkan bahwa, pelatihan reportase berita ini dikatakan berhasil dari yang sebelumnya 58,7% menjadi 91,7% yang mengetahui tentang reportase berita dan meningkatnya komunikasi lisan siswa/i setelah mengikuti pelatihan ini.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adiba, M. A. M., & Imansari, N. G. (2023). Analisis Reportase Media Massa di Era Digital: Tantangan, Peluang, dan Dampaknya pada Pandangan Khalayak. Journal of Media and Communication Studies, 2(1), 11–20. https://doi.org/https;//doi.org/10.35905/jourmics.v2i1.6374
Apriliana, S. D., & Nawangsari, E. R. (2021). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (sdm) berbasis kompetensi. Forum Ekonomi, 23(4), 804–812. https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10155
Apriyanti, Y., Lorita, E., & Yusuarsono. (2019). Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat Kembang Seri Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal Professional FIS UNIVED, 6(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/professional.v6i1.839
Aulia, M., Suwanto, & Santoso, B. (2018). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Lisan Melalui Metode Storytelling. Manajerial Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 3(4), 110–123. https://doi.org/http://ejournal.upi.edu/indek.php/manajerial/
Halim, S. (2020). Pengembangan SDM Jurnalistik Televisi Bagi Siswa SMA Di Kota Tangerang Selatan, Banten. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Mayarakat, 3(2), 272–279. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/kumawuls.v3i2.27481
Harista, E. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbahasa melalui Teknik Reportase Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Eva Harista. Mawaizh : Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 9(1), 40–55. https://doi.org/https://doi.org/10.32923/maw.v0i1.714
Maulida, N., Sa’adah, S., & Ukit. (2021). Peningkatan Keterampilan Berkomunikasi Siswa Melalui Pembelajaran Berorientasi TPACK Dengan Blended Learning Pada Materi Sistem Gerak. Jurnal Bioeduin : Program Studi Pendidikan Biologi, 11(2), 79–87. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v11i2.14313
Meliala, R. M., Syahril, R., & Shinta, M. R. (2019). Pelatihan Dasar Jurnalistik sebagai Citizen Journalist bagi Remaja Asuhan Ar Ridho. Jurnal Solma, 8(2), 295–306. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29405/solma.v8i2.3166
Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2017). Kajian Tentang Efektivitas Pesan Dalam Komunikasi. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 3(1), 90–95. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.10358/jk.v3i1.253
Permana, A. A., Marviana, D., Rahmawati, W., & Nurhadi, Z. F. (2023). Makna Komunikasi Anak Dan Orang Tua Di Media Sosial WhatsApp. Humantech : Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(10), 2076–2085.
Romadhon, S. A., Indrayanti, I., & Mutiarawati. (2021). Peningkatan Public Speaking bagi Siswa SMK Bina Nusa Slawi. Jurnal Surya Masyarakat, 4(1), 140–145. https://doi.org/10.26714/jsm.4.1.2021.140-145
Supriadi, Pasiska, Anwar, S., Sauti, S., Maliki, U., Ngatiyah, C., & Pudralisa, D. (2021). Reportase Media Asik. Jurnal Khabar: Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(1), 83–90. https://doi.org/https://doi.org/10.37092/khabar.v3i1.292
Syam, S. (2022). Jurnalisme Investigasi: Elemen, Prinsip dan Teknik Reportase. Al-Din : Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan, 8(2), 127–137. https://doi.org/10.30863/ajdsk.v8i2.3960
Utami, A. I. P., Nurhayani, Jumardi, Ramli, S., Faridah, & Azis, F. (2023). Pelatihan Jurnalistik Dasar di UPT SMA Negeri 3 Sinjai. Teknovokasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 108–113. https://doi.org/https://journal.unm.ac.id/index.php/Teknovokasi
Virga, R. L., Pratiwi, F. D., Kertamukti, R., Pihasniwati, & Purwani, D. A. (2018). Pelatihan Jurnalistik untuk Mewujudkan Media Ramah Anak. Jurnal Bakti Saintek : Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jbs.153
Wagiati, Darmayanti, N., & Adji, M. (2023). Pelatihan Literasi Digital Di Media Sosial Bagi Generasi Muda Untuk Membangun Budaya Kesantunan. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 382–394. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i2.42852
DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v7i3.55033
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:
 














21.png) 
  
 

 
  
  
 

 
 

 
  
 