PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENINGKATAN SKILL DAN KETERAMPILAN BAGI PELAKU UMKM RAJA BANDENG TANPA TULANG DI KABUPATEN MAROS

Nurbiah Tahir, Nasrullah Nasrullah, Dian Muhtadiah Hamna, Nurul Anisa Handayani, Nisaul Amanah Masnawi

Abstrak


Lack of skills and knowledge among Micro, Small, and Medium Enterprises (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, UMKM) can lead to business stagnation, ineffective management, difficulty in accessing markets and financing, and low productivity. Training and mentoring in management and marketing are essential for Raja Bandeng Boneless MSMEs in Maros Regency to achieve sustainable success. This service activity aims to enhance soft skills in leadership, decision-making, milkfish de-boning techniques, social media marketing strategies, content marketing, and financial management. Leadership and decision-making training improves managerial skills, enabling managers and business owners to manage teams and production processes more effectively. Leadership training also helps business owners motivate and direct their teams efficiently, increasing productivity and work performance. Additionally, milkfish de-boning training was conducted to enhance product quality. Furthermore, training in marketing and financial management was provided to encourage more creative packaging and better business strategies. The results of these activities highlight the importance of regular training to improve operational efficiency, product quality, and marketing effectiveness. Timely training on time and resource management is crucial for operational efficiency. Intensive training on milkfish de-boning techniques is also necessary to enhance product quality and ensure hygienic standards. Moreover, professional social media management and the development of content marketing strategies are essential to expanding consumer reach. By implementing these strategies, Raja Bandeng Boneless MSMEs can enhance their competitiveness and ensure long-term business sustainability.

 

Kurangnya skill dan pengetahuan di kalangan UMKM dapat menyebabkan stagnasi bisnis, manajemen yang tidak efektif, kesulitan mengakses pasar dan pembiayaan, serta rendahnya produktivitas. Pelatihan dan pendampingan dalam manajemen dan pemasaran sangat penting bagi UMKM seperti Raja Bandeng Tanpa Tulang di Kabupaten Maros untuk mencapai keberhasilan yang berkelanjutan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan soft skill kepemimpinan, pengambilan keputusan, teknik pencabutan tulang ikan bandeng, serta strategi pemasaran media sosial, konten marketing serta manajemen keuangan. Pelatihan kepemimpinan dan pengambilan keputusan meningkatkan kemampuan manajerial, memungkinkan manajer dan pemilik usaha mengelola tim dan proses produksi secara lebih efektif. Kemudian, dalam pelatihan tersebut juga diberikan pelatihan kepemimpinan agar memungkinkan para pelaku usaha untuk memotivasi dan mengarahkan tim mereka secara efektif, meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja. Pelatihan pencabutan tulang ikan bandeng juga dilakukan guna meningkatkan kualitas produk. Kemudian, hasil kegiatan yang dilakukan ialah memberikan pelatihan manajemen marketing dan manajemen keuangan agar dapat membuat kemasan yang lebih kreatif. Adapun kesimpulannya ialah untuk meningkatkan efisiensi operasional, kualitas produk, dan efektivitas pemasaran perlu adanya pelatihan secara rutin. Tersedianya pelatihan tentang pengelolaan waktu dan sumber daya untuk meningkatkan efisiensi operasional. Kemudian, perlu adanya pelatihan intensif tentang teknik pencabutan tulang ikan bandeng untuk meningkatkan kualitas produk dan terapkan standar higienis. Selanjutnya perlu membuat dan mengelola akun media sosial secara profesional untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan pengebangan strategi konten marketing. Dengan menerapkan hal tersebut, UMKM Raja Bandeng Tanpa Tulang dapat meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usaha dalam jangka panjang. 


Kata Kunci


Pelatihan dan pendampingan; manajemen pemasaran digital; UMKM; media sosial; konten marketing

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adwi, A., Pratama, M. F., Mulyadi, D. Z., Paluala, K., & Efendi, K. (2023). Pelatihan Keterampilan Soft Skills Dan Kepemimpinan Untuk Peningkatan Produktivitas Kerja Umkm Di Kota Kendari. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13756–13762.

Arfan, N., & Hasan, H. A. (2022). Penerapan Digital Marketing Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(2), 212–224.

Arifin, R., Ningsih, A. A. T., & Putri, A. K. (2021). The important role of MSMEs in improving the economy. East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 24(6), 52–59.

Baviga, R., Irvianti, L. S. D., Napisah, S., Adhikara, C. T., & Boari, Y. (2023). MANAJEMEN UMKM: Mengelola SDM untuk meningkatkan produktifitas UMKM di Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Gosari, B. A. J., Sitti, F., & Saputra, M. A. T. (2019). Marketing Strategy of Bandeng Presto. PROSIDING Simposium Nasional Kelautan & Perikanan, 37–41.

Hamza, L. M., & Agustien, D. (2019). Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 8(2), 127–135. https://doi.org/10.23960/jep.v8i2.45

Haris, A., Alpiani, A., & Daris, L. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Bandeng Tanpa Duri Umkm Cahaya Bandeng Di Kabupaten Maros. FISHIANA Journal of Marine and Fisheries, 1(1), 1–4. https://doi.org/10.61169/fishiana.v1i1.9

Harto, B., Pramuditha, P., Rukmana, A. Y., Sofyan, H., Rengganawati, H., Dwijayanti, A., & Sumarni, T. (2023). Strategi Social Media Marketing Melalui Dukungan Teknologi Informasi dalam Kajian Kualitatif Pada UMKM Kota Bandung. Komversal, 5(2), 244–261.

Harto, B., Rukmana, A. Y., Boari, Y., Rusliyadi, M., Aldo, D., Juliawati, P., & Dewi, Y. A. (2023). Wirausaha Bidang Teknologi Informasi: Peluang usaha dalam meyongsong era society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Hasanah, N., Putri, F., Juliati, T., Nabila, S., & Purnama, I. (2024). Pendampingan Digital Marketing Pada UMKM Salome Bunda Som Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 216–225.

Kadin Indonesia. (2024). UMKM Indonesia. https://kadin.id/data-dan-statistik/umkm-indonesia/

Khairiyah, N., Syahreza, D. S., Afdhal, A., Putri, N., & Fadilla, S. (2024). Pengaruh Sumber Daya Manusia Terhadap Inovasi Pada Usaha Kecil Menengah: Tinjauan Literatur. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7642–7652.

Mudrikah, S., Aeni, I. N., Pitaloka, L. K., & Widiatami, A. K. (2024). Digitalisasi Pengelolaan Keuangan Pada Komunitas UMKM Karya Mapan Kota Salatiga. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 104–114.

Nugroho, A. A., Anggita, W., Wahyudin, N., & Nugroho, S. (2023). Sosialisasi Strategi Digital Marketing dan Branding Produk pada UMKM Kota Pangkalpinang. TEMATIK, 4(1), 47–52.

Nuraisyah, N., Haryono, D., & Lutfiani, L. (2023). Pelatihan Strategi Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kecamatan Sarjo (Membentuk Dan Mendukung Pengembangan Wirausahawan Muda Dan Pemula). Publikasi Ilmiah Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (SIKEMAS), 2(2), 63–78.

Putro, G. S., Arfiany, A., Hikmah, H., Nurhidayanti, N., & Ridha, A. (2024). Aneka Olahan Bandeng Dan Pemanfaatan Teknologi Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Di Kelurahan Taroada Kabupaten Maros. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(1), 239–243. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i1.803

Rachmawati, M. (2020). Kontribusi sektor UMKM pada upaya pengentasan kemiskinan Di Indonesia. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/86

Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361

Ramadhan, A. B. (2022). Peran Ekonomi Gratis Bandeng Gepuk Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga Di Desa Pengabean Kecamatan Losari Kabupaten Brebes. S1 Hukum Ekonomi Syariah/Muamalah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Rusliadi, R., Lestari, D., Amiruddin, I., & Puspita, D. P. (2024). Dynamics of Governance and Private Partnership in Social Programme Implementation: A Comparative Study-Regency of Sinjai, Takalar and Bantaeng in Indonesia. Journal of Governance and Local Politics (JGLP), 6(1), 92–106.

Samingan, M., Suwarno, P., Saputro, G. E., & Suwito, S. (2024). Optimasi Pemasaran Digital Sebagai Pilar Penguatan Ekonomi Mikro Untuk Mendukung Ketahanan Ekonomi Nasional. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 11(4), 1511–1519.

Sentoso, A., Lady, Lady, Christini, J., Sandra, N., Clarissa, F., Tina, T., & Vivianti, W. (2023). Pengaplikasian Alat Pemasaran Digital Terhadap UMKM Nuruto. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS), 9(1), 67–74.

Sugiyanti, L., Rabbil, M. Z., Oktavia, K. C., & Silvia, M. (2022). Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM. Masarin, 1(2), 100–110.

Triwardhani, I. J., Alhamuddin, Adwiyah, R., & Putra, R. P. (2023). The use of social media in product marketing activities of micro, small and medium enterprises. International Journal of Productivity and Quality Management, 38(1), 123–141.

Veranita, S., & Ramdan, A. T. M. (2023). Pelatihan Digital Branding untuk Peningkatan Pemasaran Produk UMKM Pemula di Kota Bandung. PARAHITA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 50–56.

Vinatra, S. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1(3), 1–8.

Widowati, M., & Purwanto, A. B. (2019). Pengaruh umkm terhadap tingkat kemiskinan dengan pendapatan domestik bruto sebagai intervening. Fokus Ekonomi: Jurnal Ilmiah …. http://ejournal.stiepena.ac.id/index.php/fe/article/view/263

Windusancono, B. A. (2021). Upaya Percepatan Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Indonesia. Mimbar Administrasi Fisip Untag Semarang, 18(1), 1–14.




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v8i1.56572

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)