SUSTAINABLE ENERGY EDUCATION THROUGH IOT-BASED PLTS KIT TRAINING AND MENTORING AT SMAN 3 SINGKAWANG
Abstrak
The integration of Internet of Things (IoT) technology into training and mentoring programs for Photovoltaic Power System (PLTS) kits can significantly enhance the education of renewable energy, particularly in West Kalimantan, Indonesia. The partner in this community service program is State High School 3 of Singkawang City, West Kalimantan. The purpose of this community service is both to educate on the use of IoT for monitoring PLTS kits and to educate high school students about renewable energy. This approach involves classical teaching and hands-on learning, which enables real-time monitoring and data analysis, making it more effective and engaging for students. The method used in this service consists of the preparation stage, the implementation stage, and the evaluation stage. Within the preparation stage, PLTS kits were designed and constructed with an embedded IoT module. The implementation stage involved socialization about new and renewable energy as well as the trend in IoT, followed by hands-on training for participating students using the PLTS kits. There were about 20 students and a couple of accompanying teachers. The results of the evaluation stage show that the student participants were happily thrilled with the hands-on training, and the teachers were satisfied with the mentoring program.
Integrasi teknologi Internet of Things (IoT) ke dalam program pelatihan dan pendampingan untuk kit Sistem Tenaga Fotovoltaik (PLTS) dapat secara signifikan meningkatkan pendidikan energi terbarukan, khususnya di Kalimantan Barat, Indonesia. Mitra dalam program pengabdian masyarakat ini adalah SMA Negeri 3 Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk mendidik penggunaan IoT untuk memantau kit PLTS dan juga untuk mendidik siswa sekolah menengah tentang energi terbarukan. Pendekatan ini melibatkan pengajaran klasikal dan pembelajaran langsung yang memungkinkan pemantauan waktu nyata, dan analisis data, sehingga lebih efektif dan menarik bagi siswa. Metode yang digunakan dalam layanan ini terdiri dari tahap persiapan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Dalam tahap persiapan, kit PLTS dirancang dan dibangun dengan modul IoT yang tertanam. Tahap implementasi melibatkan sosialisasi tentang energi baru dan terbarukan serta tren di IoT, diikuti oleh pelatihan langsung bagi siswa yang berpartisipasi menggunakan kit PLTS. Ada sekitar 20 siswa dan beberapa guru pendamping. Hasil tahap evaluasi menunjukkan bahwa para peserta siswa merasa gembira dan gembira dengan pelatihan praktik, sedangkan para guru merasa puas dengan program bimbingan.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Azzahra, S., Samsurizal, Christiono, Fikri, M., Luthfiansyah, M., & Malik, A. (2020, Desember). Pemasangan Lampu Jalan dan Pembangunan Pembangkit Listrik Berbasis Solar Cell Sebagai Prototype Pembelajaran Nergi Terbarukan di MA Al-Khairiyah Rancaranji. Terang: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Menerangi Negeri, 3(1), 100-105. doi:10.33322/terang.v3i1.1010
Basit, A., Bakti, V. K., & Afriliana, I. (2024, April). Peningkatan Kompetensi Siswa Dalam Implementasi Internet Of Things Dengan Interface Cloud. Jurnal Masyarakat Mandiri, 8(2), 2383-2392. doi:10.31764/jmm.v8i2.22068
Bati, N., & Angela, D. (2024). Strategi NGO Lingkungan Greenpeace Indonesia Dalam Mendorong Transisi Energi Baru dan Terbarukan (EBT) di Tengah Kontroversi Realisasi Net Zero emission (NZE) 2060 di DKI Jakarta. Gayana: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 7(3), 164-181. doi:10.37329/ganaya.v7i3.3365
Budihartono, E., Maulana, A., Rakhman, A., & Basit, A. (2022, Juni). Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Teknologi Iot Melalui Workshop Teknologi IoT. Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(3), 1595-1602. doi:10.31764/jmm.v6i3.7519
Bustami, B. (2024, Juni). Pengenalan Internet of Things (IoT) Pemanfaataan dalam Kehidupan Sehari-Hari Bagi Siswa dan Siswi SMK. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 4(2), 82-85.
Efendi, Y., Astari, T., Sinlae, A. A., Zulfikar, A. A., & Sholikhak, M. (2023, Juni). Penerapan Teknologi Internet of Things Pada SMK Negeri 1 Perhentian Raja Kampar Riau. Masyarakat Berdaya dan Inovasi, 4(1), 51-57. doi:10.33292/mayadani.v4i1.113
Fitri, A., & Susilana, R. (2021). Desain kurikulum mikro sustainable development goals di sekolah menengah pertama. EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(1), 38-45. doi:10.29210/120212936
Fuada, S., Hendriyana, H., Majid, N. W., Sari, N. T., Isnawan, O. A., Zahra, Z. N., . . . Andriyani, D. D. (2022, Oktober 20). Transfer Knowledge Robot Sederhana untuk Mengenalkan Teknologi Robot bagi Anak-Anak di Dusun Galingan, Boreng, Lumajang, Jawa Timur. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 111-130.
Huda, M. K., Latif, M. A., Rifaldi, M. R., Wisely, S. C., & Fajri, H. K. (2024, Pebruari). Pengaplikasian Internet Of Things (IoT) dalam Mata Kuliah Sistem Operasi di Prodi Teknik Informatika Universitas Negeri Semarang. Jurnal Angka, 1(1), 135-143.
Junihartomo, M. T., Thamrin, S., & Boedoyo, M. S. (2022, April). Potential analysis and regulations of solar power plant development in Indonesia. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 7(4), 518-522.
Khulaemi, A. (2021, Oktober). Kesiapan Perguruan Tinggi dalam Mencetak Sumber Daya Manusia di Sektor Energi Baru Terbarukan (Renewable Energy). Risenologi, 6(1b), 97-105. doi:10.47028/j.risenologi.2021.61b.255
Kurniawan, I. (2022). Implementasi Internet Of Things (Iot) Dalam Pembelajaran Di UNISNU Jepara. Jurnal Portal Data, 2(4), 1-9.
Langer, J., Quist, J., & Blok, K. (2021). Review of Renewable Energy Potentials in Indonesia and Their Contribution to a 100% Renewable Electricity System. Energies, 14(21), 7033. doi:10.3390/en1421703
Marianti, M. M., Permatasari, P., Manurung, E. M., Wardhana, I. W., Alim, T. E., & Wahyuputri, F. W. (2023). Village Fund for Renewable Energy Development: A Case Study. International Journal of Energy Economics and Policy, 13(4), 225-236. doi:10.32479/ijeep.14541
Mudhoffar, K., & Magriasti, L. (2024). Ekonomi Politik Energi Terbarukan: Peluang dan Tantangan di Indonesia. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 3(1), 47-52. doi:10.57251/multiverse.v3i1.1382
Mungkin, M., Satria, H., & Indrawati, A. (2024, Februari). Implementasi PLTS Sistem Off Grid Sebagai Wujud Media Pembelajaran Efektif Pada Siswa SMK Citra Harapan Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Masyarakat Mandiri, 8(1), 1527-1538. doi:10.31764/jmm.v8i1.20994
Nguyen, T. P., Nguyen, T. H., & Tran, T. K. (2020). STEM Education in Secondary Schools: Teachers’ Perspective towards Sustainable Development. Sustainability, 12(21), 8865. doi:10.3390/su12218865
Nugroho, B., & Angela, D. (2024, Juni). Strategi NGO Lingkungan Greenpeace Indonesia Dalam Mendorong Transisi Energi Baru dan Terbaharukan (EBT) di Tengah Kontroversi Realisasi Net Zero Emission (NZE) 2060 di DKI Jakarta. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(3), 164–181. doi:10.37329/ganaya.v7i3.3365
Pebriyanto, Y., Monita, D., Kurniawati, N., Dirgantara, M., & Lasiani, L. (2023, Januari). Demonstrasi Perakitan Alat Sistem Panel Surya Di Smps Golden Christian School Sebagai Upaya Memunculkan Minat Siswa Dalam Pemanfaatan Energi Terbarukan. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(8), 5733–5740. doi:10.53625/jabdi.v2i8.4487
Pradnyana, I. M., Sntyadiputra, G. S., & Darmawiguna, I. G. (2020, Januari). Pelatihan Penggunaan Edmodo Bagi Siswa Di SMP Negeri 2 Nusa Penida. Jurnal Widya Laksana, 9(1), 30-38. doi:10.23887/jwl.v9i1.21890
Rianto, F., Utari, D. S., Jenawi, B., & Sujarwani, R. (2020). Renewable Energy on Islands: Lessons for Indonesia to Apply. Jurnal Rekayasa Bahan Alam Dan Energi Berkelanjutan, 4(1), 19-26. doi:10.21776/ub.rbaet.2020.004.01.04
Saleh, S., Darwis, M., & Arhas, H. (2021, Januari). Pelatihan Pembuatan Dan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Elektronik Dan Non-Elektronik. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(1), 73-80. doi:10.31764/jmm.v5i1.3259
Sari, D. S., Heryadi, D., & Alexandri, M. B. (2019). Sosialisasi Pengenalan Revolusi Industri 4.0 dan Internet of Things (IoT) bagi Siswa SMAN 1 Cicalengka, Jawa Barat, Indonesia. Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 163-174. doi:10.24198/kumawula.v2i2.24391
Savana, B. A., Handayani, R. D., & Lesmana, A. D. (2023). The Application of Problem-Based Learning with STEM Approach to Practice Students’ Self-Regulated Learning on Renewable Energy Topic. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF) UNESA 2023 , 7, pp. 140-144.
Strielkowski, W., Civín, L., Tarkhanova, E., Tvaronavičienė, M., & Petrenko, Y. (2021). Renewable energy in the sustainable development of electrical power sector: A review. Energies, 14(24), 8240.
Syaifurrahman, Tjahjamooniarsih, N., Elbani, A., Saleh, M., & Suryadi, D. (2022). Pengenalan dan Pelatihan Internet Of Thinks Bagi siswa/i Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Singkawang. Jurnal Buletin Al-Ribaath, 19(1), 29-35. doi:10.29406/br.v19i1.3585
Vioreza, N., Hilyati, W., & Lasminigsih, M. (2023, Juli 31). Education for Sustainable Development: Bagaimana Urgensi dan Peluang Penerapannya pada Kurikulum Merdeka? PUSAKA: Jurnal Educational Review, 1(1), 34-48. doi:10.56773/pjer.v1i1.11
Wijaya, M. C. (2023, Desember). Edukasi Dan Pendampingan Pembuatan Aplikasi Mobile Untuk Siswa SMAK Bpk Penabur Singgasana Bandung. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 644-651. doi:10.24198/kumawula.v6i3.46611
Wiyono, K., Zulkardi, Madang, K., Suhery, T., Yusup, M., Effendi, . . . Shahrill, M. (2024). The preliminary prototype of learning material based on STEM framework in renewable energy topic. The 5th Sriwijaya University Learning And Education (SULE) International Conference 2022, 3052. Palembang. doi:10.1063/5.0201402
Yaddarabullah, Khrisnasari, E. D., & Pranoto, G. T. (2022, Mei). Pelatihan Dasar Kompetensi Internet of Things Untuk Siswa SMK Pembangunan Jaya. Jurnal Industri Kreatif dan Informatika Series (JIKIS), 2(1), 30-33. Retrieved from http://jikis.org/index.php/main/article/view/36
Zulmiftahul, H., Khairudin, K., Lukmanul, H., & Zebua, O. (2020). Pelatihan Instalasi Sistem Plts Bagi Siswa-Siswi Di SMK 2 Mei Bandar Lampung. Prosiding Senapati Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Teknologi Dan Inovasi, 2, pp. 285-288. bandar Lampung. Retrieved from http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/34004
DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v8i2.58399
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di: