ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DIGITALISASI BISNIS PADA PENDAMPING UMKM DI KOTA TANGERANG

Rivani Rivani, In-In Hanidah, Risna Resnawaty

Abstrak


Digitalisasi bisnis adalah metode penting untuk kelangsungan hidup dan pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), terutama di Kota Tangerang. UMKM dengan digitalisasi bisnis dapat meningkatkan daya saing usahanya. Kegiatan ini bertujuan untuk menganalisa efektivitas pelatihan tentang teknologi digitalisasi bisnis dan program pendampingannya yang ditawarkan kepada para pendamping digitalisasi bisnis untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam membantu proses digitalisasi bisnis UMKM. Kegiatan ini bersifat kualitatif dan didukung dengan data primer yang dihasilkan dari observasi, wawancara, dan survei ke lapangan menggunakan kuesioner di antara 40 peserta program pelatihan digitalisasi bisnis yang merupakan Account Officer dari Lembaga Keuangan Mikro. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan berjalan sangat baik, ditunjukkan dengan antusiasme peserta dan penilaian positif terhadap materi serta keterampilan pemateri. Pada pendampingan pasca-pelatihan, 81% pelaku UMKM mampu mencatat transaksi keuangan secara tertib, 86% mulai memanfaatkan media sosial untuk promosi, dan 41% menggunakan marketplace untuk transaksi digital. Kendala utama adalah preferensi pelaku UMKM terhadap metode tradisional akibat keterbatasan teknologi atau faktor usia. Program ini membuktikan bahwa pelatihan dan pendampingan yang terstruktur dapat memperkuat peran pendamping UMKM dalam mendukung transformasi digital. Dukungan berkelanjutan dari mentor dan narasumber ahli juga menjadi kunci keberhasilan implementasi digitalisasi pada UMKM di Tangerang.


Kata Kunci


Digitalisasi bisnis; Kota Tangerang; keuangan digital; pemasaran digital; pendamping UMKM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hilmiana, H. and Kirana, D. H. (2022). Digitalisasi pemasaran dalam upaya untuk meningkatkan pendapatan umkm segarhalal. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 74. https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i1.35886

Mustika, M. (2019). Penerapan teknologi digital marketing untuk meningkatkan strategi pemasaran snack tiwul. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 2(2), 165-171. https://doi.org/10.36085/jsai.v2i2.352

Pribadi, U., Aji, J. S., & Hayati, K. (2023). Penguatan ekonomi umkm pepes ikan nila desa kluweh, kabupaten sleman menuju umkm go-digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 415. https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i2.40735

Rusdiana, A., Suparto, L., & Pamuji, R. S. S. (2024). Digitalisasi UMKM Desa Ujungjaya Melalui e-Commerce Shopee. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 2102–2107.

Sujatmiko, B., Indraswari, N., Anggaeni, T. T., & Wismandanu, O. (2022). Pelatihan pemasaran daring “digital marketing” pada pelaku umkm di desa pangadegan, kabupaten sumedang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 608. https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i3.37332

Sumandi Suryabrata. (2010). Metodologi Penelitian. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta. Hal. 39.

Yulianti, R., & Hamdiah, C. (2023). Analisis Swot Kesiapan Strategi Account Officer Dalam Implementasi Pembiayaan Bank Aceh Syariah. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 9(5), 1838-1846.

Yuniarti, T., Faujiyah, F., Rizal, M. A., & Bani, F. C. D. (2022). Digitalisasi pemasaran dalam upaya peningkatan penjualan produk usaha mikro kecil menengah (umkm) di wilayah jakarta selatan. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(2), 121-126. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i2.202




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v8i3.60995

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)