MONETISASI USAHA MIKRO MELALUI KONTEN MEDIA SOSIAL DAN TRANSAKSI DIGITAL

Rafan Darojat, Hazar Kusmayanti, Cecep Safaatul Barkah

Abstrak


Smartphone menjadi perangkat yang hampir dimiliki semua orang dewasa, dari perangkat tersebut tidak hanya komunikasi, untuk keperluan informasi dan transaksi pun menggunakannya. Monetisasi dapat optimal dengan penggunaan smartphone dalam penjulan untuk media sosial, marketplace, dan alat transaksi. Metode dalam pengabdian dilakukan melalui difusi teknologi pada kegiatan workshop ”Digital Festival” yang didanai Universitas Padjadjaran terintegrasi dengan KKN Mahasiswa. Kegiatan pengabdian dengan mengedukasi pelaku usaha mikro dalam memanfaatkan media sosial melalui pembuatan konten informatif untuk menambah kepercayaan audiens. Terselenggaranya pengabdian ini berkolaborasi dengan Perangkat Desa Cileunyi Kulon dan Bank BCA selaku stakeholders transaksi digital yang dapat diakses pelaku usaha sebagai langkah simbiosis mutualisme. Hasil kegiatan workshop ini dapat memanfaatkan smartphone untuk mendukung usahanya dengan aplikasi pesan instant, media sosial, dan marketplace sehingga dapat termonetisasi yang menghasilkan keuntungan. Kolaborasi dengan Bank BCA, mendorong pelaku usaha untuk menyediakan fasilitas perbankan yang dapat memudahkan konsumen dalam bertransaksi.


Kata Kunci


Cileunyi Kulon; ; pengabdian masyarakat: monetisasi; usaha mikro; bank

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bang, Hjalmar and Toubøl, Jonas. (2025). BEYOND CHEAP AND BIASED: INFORMAL VOLUNTEERING ON SOCIAL MEDIA DURING THE COVID-19 CRISIS, Sage Journal: Social Media + Society, 11(1), DOI: https://doi.org/10.1177/20563051241304613

Darodjat, Rafan dan Utarie, Fatmi. (2022). KLASTERISASI PERIZINAN USAHA MAKANAN SECARA ONLINE MELALUI POJOK DIGITAL BAGI UMKM UNTUK NAIK KELAS, Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 573. DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i3.38614.

Diskominfo Kabupaten Bandung. (2025). Jumlah Penduduk Laki-laki dan Perempuan di Kabupaten Bandung. Diakses 22 Maret 2025 Pukul 13:35 WIB. https://satudata.bandungkab.go.id/integrasi/jumlah-penduduk-laki-laki-dan-perempuan

Efendi, Agus dkk. (2023). STRATEGI MEMBRANDING AKUN TIKTOK UNTUK MONETASI, Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2593. DOI: 10.33395/jmp.v12i2.13323.

Fatmawati, Endang. (2018). MENGULIK KOMPLEKSITAS PROSES DIFUSI INOVASI TEKNOLOGI DI PERPUSTAKAAN, Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga, 8(2), 75. DOI: https://doi.org/10.20473/jpua.v8i2.2018

Ganti, Akhilesh. (2024). Monetize: What It Means, How It Works, Types, and Examples. Investopedia. https://www.investopedia.com

Haryani, D. (2022). IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2008 TENTANG USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA ANYAMAN RUMBAI DI DESA SIDANG MAS BANYUASIN III KABUPATEN BANYUASIN. Jurnal Ilmiah Administrasi dan Sosial, 17(2), 76-88. DOI: https://doi.org/10.62128/jiads.v17i2.47

Kemp, Simon. (2025). Digital 2025: Indonesia, Datareportal. diakses 22 Maret 2025 Pukul 13:35 WIB. https://datareportal.com/reports/digital-2025-indonesia

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 11.

Safitri, S., Cahyadi, A., & Yaqin, H. (2023). INOVASI DAN DIFUSI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1706. DOI: https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2678

Sekar, Dinda dan Nuraeni, Reni. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House), Jurnal Common, 3(1), 73.

Suryanto dkk. (2020). EDUKASI FINTECH BAGI PELAKU USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH, Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). 19. DOI: http://10.24198/kumawula.v3i1.25060.

Suyadi, dkk. (2018). ANALISIS PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KABUPATEN BENGKALIS-RIAU, Jurnal Ekonomi: Kiat, 29(1), 2. ttps://journal.uir.ac.id/index.php/kiat

Syabilla, Irene dan Insan. (2025). MONETISASI KONTEN PROGRAM BROWNISTRANS TV DI YOUTUBE: PROSES DAN DAMPAKNYA. Relasi: Jurnal Penelitian Komunikasi, 5(4), 47. DOI: https://doi.org/10.69957/relasi.v5i04.1945

Takhim, Muhamad dkk. (2022). YOUTUBE MONETIZATION OF MUAMALAH FIQH PERSPECTIVE, Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA) 2(2), 1022. ISSN-E: 2808-5639 https://journal.yp3a.org/index.php/mudima/index.

Usih, Sari dan Jaja, Sam’un. (2022). E-DESAIN SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL BAGI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DAN PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) KABUPATEN PANGANDARAN, Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 623. DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i3.38614.

Yolanda, Cindy. (2024). PERAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI INDONESIA. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 2(3), 172. DOI: https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i3.1147

Yudha, Rindi dan Wijaya, Ardi. (2024). PENINGKATAN KAPASITAS PELAKU USAHA UMKM MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL, Communnity Development Journal, 5(3), 4285. DOI: https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28455




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v8i3.62443

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)