STUDI FENOMENOLOGI TENTANG KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ANGGOTA KOMUNITAS ANAK INDIGO INDONESIA
Abstract
Tuhan menciptakan setiap manusia dengan sempurna, namun tidak dapat dipungkir bahwa ada manusia yang terlahir tidak sempurna dalam bentuk fisik maupun mental. Hal tersebut dapat menjadi sebuah kekurangan ataupun kelebihan bagaimana cara kita memaknai dirinya sendiri, sama halnya seperti anak indigo. Konsep diri merupakan gambaran yang dimiliki seseorang tentang dirinya yang dibentuk melalui pengalaman-pengalaman yang diperoleh dari interaksi dengan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah mengguraikan konsep diri anggota komunitas anak indigo dalam melakukan komunikasi antarpribadi. Penelitian ini dikaitan dengan orientasi motif masa lalu, masa kini, dan masa akan datang. Informan yang terlibat dalam penelitian ini ada lima anak indigo yang tergabung Komunitas Anak Indigo (KAI). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data fenomenologi Van Kaam. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa anggota Komunitas Anak Indigo menilai dirinya memiliki konsep diri positif dan negatif yang terbentuk berdasarkan pengalaman interaksi dalam oritentasi masa lalu, masa kini, dan masa akan datang. Anggota Komunitas Anak Indigo (KAI) menilai keberadaan mereka dalam Komunitas Anak Indigo (KAI) mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dari berbagai aspek kehidupan pribadi para anggota Komunitas Anak Indigo (KAI).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Creswell, J. W. (2010). Research design (pendekatan kualitatif, kuantitaif, dan mixed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Diniati, Anisa. (2015).Makna Konsep Diri Mantan Anak Jalanan (Studi Fenomenologi Pada Mantan Anak Jalanan Di Daerah Sukajadi Kota Bandung). Bandung: Jurnal Kajian Komunikasi Universitas Padjadjaran Vol.3 No.1
Komisi Penyiaran Indonesia. (2012). Demi Frekuensi Milik Publik. Indonesia 2012.
Diakses dari http://kpi.go.id/download/buku/demi_frekuensi_milik_publik_2012_FINAL.pdfpada hari Sabtu, 20 Agustus 2016 pukul 09.43 WIB
Komunitas Indigo Indonesia. (2010). Apakah Anak Anda Indigo. Diakses dari
https://komunitasindigoindonesia.wordpress.com/2010/01/27/apakah anak-anda- indigo/ pada hari Minggu, 21 Agustus 2016 pukul 08.20 WIB
Mulyana, Deddy. (2008). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Patton, M.Q. (1980). Qualitative Evaluation Methods. California: SAGE Publications.
Puguh, Omah. (2012). Buku Lengkap Tentang Anak Indigo. Jogjakarta: Flashbooks.
Rakhmat, Jalaluddin. (2011). Psikologi Komunikasi. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Soecipto, Nur Alam. (2011). Rahasia Besar Anak Indigo. Jogjakarta: Azna Books.
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Supratman, Mahadian. (2016). Psikologi Komunikasi. Yogyakarta: Deepublish
DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v1i2.11684
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:
Jurnal Manajemen Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University
Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia
Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)
Fax: +62227794122
Email: jurnalmankomunpad@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by: