FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI PENDIDIK TERHADAP PERMENDIKNAS NO 70 TAHUN 2009 MENGENAI PENDIDIKAN INKLUSIF

Hartika Putri Mutiarani, Kharisma Nasionalita

Abstract


Penelitian ini di latarbelakangi oleh Permendiknas No.70 tahun 2009 mengenai pendidikan inklusif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi pendidik SMP di Kabupaten Bekasi mengenai Permendiknas No 70 tahun 2009 mengenai pendidikan inklusif. Metodologi dalam penelitian ini bersifat eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 63 orang guru yang mengajar pada sekolah yang menyelenggarakan pendidikan inklusif. Dari hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa faktor fungsional dan faktor struktutal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap persepsi pendidik di Kabupaten Bekasi terhadap Permendiknas No 70 tahun 2009 mengenai Pendidikan Inklusif.


Keywords


Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi, Persepsi Permendiknas No 70 tahun 2009, Pendidikan Inklusif, Anak Berkebutuhan Khusus

Full Text:

PDF

References


Basuki, Sulistyo. (2006). Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra

Liliweri, Alo. (2015). Komunikasi Antar Personal. Jakarta: Kencana

Prasetyo, Bambang & Lina Miftahul Jannah. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo

Rakhmat, Jalaluddin. (2012). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Solso, L.R., Maclin, H. O & Maclin M. K. (2007). Psikologi Kognitif Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Wiryanto. (2008). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Grasindo

Dede. 2016. “Liput Diskriminasi SMP Amanah Bangsa”. Sentana, 25 Juli 2016

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. Diakses dari http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/sekolah/6AC86A87D2EAFCCA0D9C

Komnas Ham. 2016. Penyandang Dissabilitas Masih Mengalami Diskriminasi Berlapis. Diakses dari https://www.komnasham.go.id/index.php/news/2016/02/27/85/penyandang-dissabilitas-masih-mengalami-diskriminasi-berlapis.html

Permendiknas No 70 tahun 2009 Mengenai Pendidikan Inklusif




DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v1i2.12088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:

  

Jurnal Manajemen Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Padjadjaran

Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University

Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia

Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)

Fax: +62227794122

Email: jurnalmankomunpad@gmail.com


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by:

 


View My Stats