PENGARUH IKLAN POP-UP BUKALAPAK VERSI PAHLAWAN PADA YOUTUBE TERHADAP SIKAP KHALAYAK

Rivky Husein Ammarie, Sylvie Nurfebiaraning

Abstract


Perkembangan media turut ambil bagian dalam penyebaran informasi khususnya dalam periklanan yang digunakan oleh perusahaan, salah satunya adalah beriklan pada situs YouTube. Salah satu perusahaan pengguna YouTube sebagai media periklanan adalah Bukalapak. Dengan menggunakan format iklan pop-up berupa video yang muncul secara tiba-tiba di layar ketika mengakses video. Penggunaan iklan pop-up pada YouTube dapat mempengaruhi khususnya sikap khalayak dalam mengakses situs YouTube. Dalam penelitian ini iklan video Bukalapak yang di jadikan iklan pop-up adalah iklan yang bertemakan pahlawan pada bulan Agustus - Oktober 2016. Berdasarkan tampilan data statistik pada YouTube, peneliti tertarik untuk mengetahui pengaruh iklan pop-up Bukalapak versi pahlawan pada YouTube terhadap sikap khalayak. Komponen sikap khalayak yang diteliti dalam penelitian ini adalah komponen kognitif, afektif, dan konatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yang bersifat kausal. Teknik sampling yang digunakan adalah insidental sampling sebanyak 100 responden melalui penyebaran kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan ialah regresi sederhana dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menjelaskan persentase tanggapan terhada piklan pop-up Bukalapak versi pahlawan pada YouTube sebesar 71,21%, sedangkan pada sikap khalayak 67,55%. Variabel komponen audiovisual iklan pop-up Bukalapak versi pahlawan pada YouTube memiliki pengaruh sebesar 57,5%. Sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh iklan pop-up Bukalapak versi pahlawan pada YouTube memliki pengaruh yang cukup tinggi terhadap sikap khalayak


Keywords


Iklan Pop-up, SikapKhalayak, Kognitif, Afektif, Konatif

References


Alexa Top Site. (2016). Top sites In Indonesia. Diaksesdarihttp://www.alexa.com/topsites/countries/ID pada tanggal 3 September 2016 pukul 10.15

Bukalapak. (2016). Tentang Bukalapak. Diakses dari https://www.bukalapak.com/about pada tanggal 17 September 2016 pukul 10.30 wib

Bungin, Burhan. 2009: Pornomedia: Sosiologi Media, Komunikasi Sosial, Teknologi Informatika, Kebudayaan Seks di Media Massa. Bandung: Prenada Media Group.

EMarketer dalam Kominfo, Wicak. (2014). Pengguna Internet Indonesia Nomor Enam Dunia. Diakses dari https://kominfo.go.id/content/detail/4286/pengguna-internet-indonesia-nomor-enam-dunia/0/sorotan_mediapada tanggal 27 Agustus 2016 pukul 11.50¬wib

Gemiharto, I., Abdullah A., Puspitasari, L., 2017, Kajian Kritis Tayangan Televisi Favorit Kelas Menengah Perkotaan, Jurnal ProTVF Volume 1 Nomor 1 diakses melalui http://jurnal.unpad.ac.id/protvf/article/view/13329

Kriyantono, Rachmat. 2009: Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta Kencana Prenada Media Group.

Lee Monle & Carla Johnson, 2011: Prinsip-prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Morissan. 2010: Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Peter, J. Paul dan Jerry C Olson. 2000: Consumer behavior: Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran Jilid 1. Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.

Rakhmat, Jalaludin, 2003: Psikologi Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ronauli, M., Wahyudin, U., Elita, F.U., Mirawati, I., 2016, HUBUNGAN ANTARA PESAN KAMPANYE 9 AKSI RAMAH LINGKUNGAN DI AKUN TWITTER EARTH HOUR BANDUNG DENGAN SIKAP FOLLOWERS AKTIF TERHADAP GAYA HIDUP RAMAH LINGKUNGAN, diakses dari http://jurnal.unpad.ac.id/manajemen-komunikasi/article/view/11017/4924

Sandra Moriarty, William Wells, John Burnett, & May Lwin. 2007: Advertising. Singapura: Pearson Education South Asia.

Sandra Moriarty, dkk. 2011: Advertising. Jakarta: Kencana.

Sekaran, Uma. 2007: Research Methods for business Edisi 4 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Setiadi, Nugroho 2003: Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setiadi, Nugroho 2008: Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Similarweb. (2017). Digital Marketing Intelligence and Website Trafic. Diakses dari https://www.similarweb.com/ pada tanggal 6 April 2017 Pukul 12.40 Wib

Socialblade. (2016). Youtube Statistic Channel. diakses dari https://socialblade.com pada tanggal 17 September 2016 pukul 11.00 wib

Statistik YouTube. (2016). YouTube Statistic. Diakses dari https://www.YouTube.com/yt/press/id/statistics.html pada tanggal 10 September 2016 pukul 10.30

Sugiyono. 2009: Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2011: Statistka Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sujarweni, V. Wiratna. 2015: Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi.Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Yasundari. (2016). HUBUNGAN PENGGUNAAN INSTAGRAM DENGAN MOTIVASI WIRAUSAHA PEBISNIS DARING (ONLINE) DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS. Diakses dari http://journal.unpad.ac.id/jkk/article/viewFile/7737/pdf tanggal 29 Maret 2017.

YouTube. (2016). Format Iklan Pada YouTube. Diakses dari https://support.google.com/youtube/answer/2467968?hl=id pada tanggal 2 September 2016 pukul 14.44




DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v2i2.12871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:

  

Jurnal Manajemen Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Padjadjaran

Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University

Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia

Phone: +6288229381552 (WhatsApp Only)

Phone: +62227796954

Fax: +62227794122

Email: jurnal.manajemen.komunikasi@unpad.ac.id   


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by:

 


View My Stats