MOTIF SOSIOGENESIS PASANGAN ROLEPLAY DALAM MEDIA SOSIAL TWITTER
Abstract
Dalam media sosial twitter terdapat sebuah fenomena baru dikalangan penggemar Korea, yaitu roleplay dimana seseorang memerankan tokoh idola yang mereka sukai. Dalam dunia roleplay sendiri terdapat istilah pasangan roleplay dimana roleplayer berpasangan dengan roleplayer lainnya yang menyebabkan munculnya realitas baru di dunia maya yang salah satunya adalah adanya pernikahan virtual antara pasangan roleplay tersebut. Penelitian ini berjudul Motif Sosiogenesis Pasangan Roleplay di Media Sosial Twitter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif sosiogenesis (motif sekunder) dan interaksi yang dilakukan oleh pasangan roleplay di media sosial twitter seperti media yang digunakan dan pengaruh intensiatas interaksi ke dalam hubungannya dan juga kedalam dirinya sendiri. Paradigma dalam penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan studi etnografi virtual. Serta teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Informan dalam penelitian ini terdiri dari empat orang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada tiga motif yang mendasari terjadinya pasangan roleplay dalam media sosial twitter, yaitu motif ingin tahu, motif cinta, dan motif harga diri. Dalam berinteraksi, media yang digunakan oleh pasangan roleplay adalah kakaotalk dan Line messenger. Selain itu, intensitas interaksi yang dilakukan oleh pasangan roleplay dapat mempengaruhi kedalam hubungan mereka juga kedalam diri mereka sendiri.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Basrowi & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta
Berger, Charles,dkk. 2014. Handbook Ilmu Komunikasi. Bandung: Nusamedia
Laksana, Muhibudin Wijaya. (2015). Psikologi Komunikasi (Membangun Komunikasi yang Efektif dalam Interaksi Manusia). Bandung: CV Pustaka Setia
Mahameruaji, dkk. (2016). Perbincangan Mengenai Hukuman Mati Terpidana Kasus Bali Nine dan Mary Jane dalam situs Jejaring Sosial Twitter. Diambil dari http://jurnal.unpad.ac.id/jkk/article/view/7817/4285 (tanggal 10 Juni 2017)
Nasrullah, Rulli. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana
Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, Jalaludin. (2011). Psikologi komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Ronauli, M., Wahyudin, U., Elita, F.U., Mirawati, I., 2016, HUBUNGAN ANTARA PESAN KAMPANYE 9 AKSI RAMAH LINGKUNGAN DI AKUN TWITTER EARTH HOUR BANDUNG DENGAN SIKAP FOLLOWERS AKTIF TERHADAP GAYA HIDUP RAMAH LINGKUNGAN, diakses dari http://jurnal.unpad.ac.id/manajemen-komunikasi/article/view/11017/4924
Sugiyono.( 2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Suryano. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: CV Pustaka Setia
Wiryanto, (2000). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Grasindo
Widjajanto, Kenmada. (2013). Perencanaan Komunikasi: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Ultimus
DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v2i2.12932
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:
Jurnal Manajemen Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University
Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia
Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)
Fax: +62227794122
Email: jurnalmankomunpad@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by: