UNSUR BUDAYA DALAM MEDIA SOSIAL: STUDI PADA FACEBOOK KANG DEDI MULYADI
Abstract
Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, kebudayaan sedikit demi sedikit mulai pudar dan terlupakan. Tergantikan dengan penggunaan media sosial dan perangkat elektronik lainnya. Kemudian hal tersebut di manfaatkan oleh para pejabat- pejabat publik di Indonesia guna menjalin hubungan dengan masyarakat yang salah satunya adalah Dedi Mulyadi yang mana merupakan bupati daerah Purwakarta. Media sosial khususnya adalah Facebook dimanfaatkannya untuk lebih mengenalkan budaya Sunda kepada masyarakat luas dengan selalu dibawanya unsur budaya dalam setiap unggahannya. Tentu saja terdapat dampak dari adanya unggahan mengenai unsur kebudayaan tersebut yakni munculnya pendapat masyarakat mengenai citra diri yang terbentuk yakni sebagai pemimpin yang syarat akan kebudayaan. Penelitian ini memiliki fokus penelitian unsur budaya pada media sosial Facebook Dedi Mulyadi dan citra diri yang terbentuk dari unggahan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja unsur kebudayaan Sunda yang terdapat dalam unggahan Dedi Mulyadi di akun media sosial Facebook dan untuk mengetahui kaitan antara unggahan media sosial Facebook milik Dedi Mulyadi dengan penciptaan citra diri yang terbentuk dari unggahan media sosial tersebut. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, dengan metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif bersifat deskriptif dengan pendekatan Studi Etnografi Virtual. Kemudian dari pada itu, hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa unsur budaya Sunda yang terkandung dalam media sosial yakni Facebook milik Dedi Mulyadi berupa sistem teknologi dan peralatan, sistem mata pencaharian dan sistem- sistem ekonomi, bahasa, dan kesenian, serta citra diri sebagai pemimpin yang syarat akan budaya Sunda terbentuk melalui unggahan dengan unsur budaya Sunda tersebut.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abrams, Jessica. 2001. Handbook of International and Intercultural Communications. Amerika Serikat: Sage Publications.
Ardianto, Elvinaro dan Bambang Q- Anees. 2009. Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Penerbit Simbiosa Rekatama Media.
Barezki, F.E., Hafiar, H., 2016, Proses Persuasi Ruang Film Bandung Kepada Komunitas Film Bandung dalam Program klinik Film, diakses dari Jurnal ProTVF Vol 1 No 1, doi http://dx.doi.org/10.24198/ptvf.v1i1.1332 8
Bungin, Burhan. 2013. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Goldhaber, Gerald M. 1993. Organizational Communication 6th Edition. USA: Brown & Benchmark
Ghony, M. Djunaidi dan Fauzan Almanshur. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Haroen, Dewi. 2014. Personal Branding Kunci Kesuksesan Berkiprah di Dunia Politik.Jakarta: PT Gramedia.
Abrams, Jessica. 2001. Handbook of International and Intercultural Communications. Amerika Serikat: Sage Publications.
Ardianto, Elvinaro dan Bambang Q- Anees. 2009. Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Penerbit Simbiosa Rekatama Media.
Barezki, F.E., Hafiar, H., 2016, Proses Persuasi Ruang Film Bandung Kepada Komunitas Film Bandung dalam Program klinik Film, diakses dari Jurnal ProTVF Vol 1 No 1, doi http://dx.doi.org/10.24198/ptvf.v1i1.1332 8
Bungin, Burhan. 2013. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Goldhaber, Gerald M. 1993. Organizational Communication 6th Edition. USA: Brown & Benchmark
Ghony, M. Djunaidi dan Fauzan Almanshur. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Haroen, Dewi. 2014. Personal Branding Kunci Kesuksesan Berkiprah di Dunia Politik.Jakarta: PT Gramedia.
DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v3i2.12936
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:
Jurnal Manajemen Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University
Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia
Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)
Fax: +62227794122
Email: jurnalmankomunpad@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by: