PROMOSI KARYA SENI RUPA BERDASAR KATEGORI

Teddy Kurnia Wirakusumah

Abstract


Jenis-jenis karya yang dihasilkan oleh perupa informan terkait bidang seni rupa ternyatasangat beragam. Masing-masing membutuhkan cara promosi yang berbeda. Penelitian dengan judul Promosi Karya Seni Rupa Berdasar Kategori bermaksud untuk memahami bagaimana perupa mempromosikan karyanya berdasarkan jenis karya yang dihasilkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Kualitatif dengan tradisi Fenomenologi. Subjek penelitian adalah Perupa di Kota Bandung yang dipilih secara purposif sebanyak 13 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam. Sejumlah pertanyaan yang diajukan dibuat dalam bentuk daftar pertanyaan terbuka dan berlangsung dalam suasana informal. Hasil penelitian mengungkapkan: Karya Pribadi dan Karya Kompetisi dipromosikansecara personal sebelum diperkenalkan lewat pameran. Karya tersebut baru dipromosikan di media sosial setelah melalui sejumlah pameran. Sebagian besar jenis karya lainnya dipromosikan di media sosial begitu karya diselesaikan. Karya-karya pesanan jenis khusus memiliki potensi dikembangkan lewat promosi yang disesuaikan dengan target sasaran.


Keywords


perupa, promosi, senirupa, jeniskarya

Full Text:

PDF

References


Creswell,. John W, 1998. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Traditions, USA, Sage Publications Inc.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium Jilid 1.Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium Jilid 2.Jakarta: Penerbit Erlangga.

Littlejohn, Stephen W, 2005, Theories of Communication, Eighteen Edition, Belmont California: Wadsworth Publishing Company

Maria, Mia, Asep Topa, Dila Martina Ayu, 2014, Rencana Pengembangan Seni Rupa 2015-2019, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI,

Moleong, Lexy, 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

West, Richard, Lynn H. Turner, 2008a, Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi Edisi 3 Buku 1, Terjemahan Maria Natalia Damayanti Maer, Jakarta: Penerbit Salemba Humanika

West, Richard, Lynn H. Turner, 2008b, Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi Edisi 3 Buku 2, Terjemahan Maria Natalia Damayanti Maer, Jakarta: Penerbit Salemba Humanika

Yin, Robert K. 1996, Studi Kasus Desain dan Metode, Jakarta: Raja Grafindo,




DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.20659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:

  

Jurnal Manajemen Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Padjadjaran

Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University

Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia

Phone: +6288229381552 (WhatsApp Only)

Phone: +62227796954

Fax: +62227794122

Email: jurnal.manajemen.komunikasi@unpad.ac.id   


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by:

 


View My Stats