REPRESENTASI LAKI-LAKI METROSEKSUAL DALAM IKLAN VASELINE MEN FACE MOISTURIZER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang perwakilan metroseksual dalam Vaseline Men Face Mousturizer TVC dari makna dennotasi dan konotasi, serta mengetahui perwakilan mitos metroseksual dalam Vaseline Men Face Mouisturizer TVC. Penelitian ini menggunakan metode semiotika oleh Roland Barthes. Analisis Semiotik diimplementasikan pada TVC (Televisi Komersial) versi Vaseline Men Face Moisturizer Darius Sinathrya. Analisis ini difokuskan pada adegan-adegan yang mengandung tanda-tanda dominan metroseksual. Hasil penelitian menemukan karakteristik pria metroseksual yang terkandung dalam iklan Vaseline Men Face Moisturizer. Tanda yang dapat diartikan sebagai kebiasaan pria metroseksual adalah pria yang memiliki tubuh atletis dan berolahraga di pusat kebugaran, pria yang memiliki kulit wajah cerah dan tidak memiliki noda hitam, pria yang menggunakan produk kosmetik, dan pria metroseksual yang menjadi idola pria. Berdasarkan analisis tanda-tanda denotasi dan konotasi, yang dilakukan oleh para peneliti, ditemukan bahwa mitos metroseksual adalah mitos maskulinitas dalam konsep metroseksual, dan mitos pria metroseksual adalah idola pria.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chandler, Daniel. 2000. Semiotics for Begginer. Wales. University of Wales.
Cowok Dandan dan Wangi? Kenapa Tidak? Diakses dari: http://nostalgia.tabloidnova.com/articles.asp?id=8028/ (Diakses 06 Juni 2012)
Djurato dan Bambang Supriyadi.2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Eriyanto. 2009. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS
Fiske, John. 2010. Cultural and Communication Studies: Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Bandung: Jalasutra
Gephart. 1999. Essential Guide to Qualitative methods in Organizational Research. London : SAGE Publication Ltd.
Hall, Stuart. 2003. Representation : Cultural Representations and Signifying Practices. London: SAGE Publication Ltd
Jenis Olahraga Berdasarkan Tipe Tubuh. Diakses dari http://informasitips.com/jenis-olahraga-berdasarkan-tipe-tubuh/
Juliastuti, Nuraini. 2000. Kebudayaan yang Maskulin, Macho, Jantan, dan Gagah. Artikel dalam jurnal KUNCI “Maskulinitas” edisi 8 (September 2000). Diunduh dari http://www.archive.org/details/NewsletterKunci8 Maskulinitas
Liliweri, Alo. 1992. Dasar-dasar Periklanan. Bandung. Citra Aditya Bakti.
Moleong, Lexi J. 2000. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
______________. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyana, Deddy. 1999. Nuansa-Nuansa Komunikasi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Piliang, Yasraf Amir. 2010. Hipersemiotika: Tafsir Cultural studies Atas Matinya Makna. Bandung: Jalasutra
Purnomo, Edy. 2004. Dia dan Foto Siapa. Medan.
Simpson, Mark. Here some the mirror men. Diakses dari: http://www.marksimpson.com/here-come-the-mirror-men/
Sobur, Alex. 2002. Analisis Teks Media. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Storey, John. 2010. Pengantar Komprehensif Teori dan MetodeCultural Studies dan Kajian Budaya Pop. Bandung: Jalasutra
Weber, Max. 1991. From Max Weber: Essay in Sociology. Inggris: Routledge
Wibowo, Wahyu. 2003. Sihir Iklan “ Format Komunikasi Mondial dalam Kehidupan Urban Kosmopolit”. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.
Widyatama, Rendra. 2996. Bias Gender : Dalam Iklan Televisi. Yogyakarta. Media Pressindo.
DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v2i1.21277
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:
Jurnal Manajemen Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University
Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia
Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)
Fax: +62227794122
Email: jurnalmankomunpad@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by: