REPRESENTASI LAKI-LAKI METROSEKSUAL DALAM IKLAN VASELINE MEN FACE MOISTURIZER

Mellawatie Arnie, Eni Maryani, Nindi Aristi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang perwakilan metroseksual dalam Vaseline Men Face Mousturizer TVC dari makna dennotasi dan konotasi, serta mengetahui perwakilan mitos metroseksual dalam Vaseline Men Face Mouisturizer TVC. Penelitian ini menggunakan metode semiotika oleh Roland Barthes. Analisis Semiotik diimplementasikan pada TVC (Televisi Komersial) versi Vaseline Men Face Moisturizer Darius Sinathrya. Analisis ini difokuskan pada adegan-adegan yang mengandung tanda-tanda dominan metroseksual. Hasil penelitian menemukan karakteristik pria metroseksual yang terkandung dalam iklan Vaseline Men Face Moisturizer. Tanda yang dapat diartikan sebagai kebiasaan pria metroseksual adalah pria yang memiliki tubuh atletis dan berolahraga di pusat kebugaran, pria yang memiliki kulit wajah cerah dan tidak memiliki noda hitam, pria yang menggunakan produk kosmetik, dan pria metroseksual yang menjadi idola pria. Berdasarkan analisis tanda-tanda denotasi dan konotasi, yang dilakukan oleh para peneliti, ditemukan bahwa mitos metroseksual adalah mitos maskulinitas dalam konsep metroseksual, dan mitos pria metroseksual adalah idola pria.


Keywords


Metroseksual, Representasi Metroseksual, Seiotik Roland Barthes

Full Text:

PDF

References


Chandler, Daniel. 2000. Semiotics for Begginer. Wales. University of Wales.

Cowok Dandan dan Wangi? Kenapa Tidak? Diakses dari: http://nostalgia.tabloidnova.com/articles.asp?id=8028/ (Diakses 06 Juni 2012)

Djurato dan Bambang Supriyadi.2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Eriyanto. 2009. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS

Fiske, John. 2010. Cultural and Communication Studies: Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Bandung: Jalasutra

Gephart. 1999. Essential Guide to Qualitative methods in Organizational Research. London : SAGE Publication Ltd.

Hall, Stuart. 2003. Representation : Cultural Representations and Signifying Practices. London: SAGE Publication Ltd

Jenis Olahraga Berdasarkan Tipe Tubuh. Diakses dari http://informasitips.com/jenis-olahraga-berdasarkan-tipe-tubuh/

Juliastuti, Nuraini. 2000. Kebudayaan yang Maskulin, Macho, Jantan, dan Gagah. Artikel dalam jurnal KUNCI “Maskulinitas” edisi 8 (September 2000). Diunduh dari http://www.archive.org/details/NewsletterKunci8 Maskulinitas

Liliweri, Alo. 1992. Dasar-dasar Periklanan. Bandung. Citra Aditya Bakti.

Moleong, Lexi J. 2000. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

______________. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyana, Deddy. 1999. Nuansa-Nuansa Komunikasi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Piliang, Yasraf Amir. 2010. Hipersemiotika: Tafsir Cultural studies Atas Matinya Makna. Bandung: Jalasutra

Purnomo, Edy. 2004. Dia dan Foto Siapa. Medan.

Simpson, Mark. Here some the mirror men. Diakses dari: http://www.marksimpson.com/here-come-the-mirror-men/

Sobur, Alex. 2002. Analisis Teks Media. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Storey, John. 2010. Pengantar Komprehensif Teori dan MetodeCultural Studies dan Kajian Budaya Pop. Bandung: Jalasutra

Weber, Max. 1991. From Max Weber: Essay in Sociology. Inggris: Routledge

Wibowo, Wahyu. 2003. Sihir Iklan “ Format Komunikasi Mondial dalam Kehidupan Urban Kosmopolit”. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Widyatama, Rendra. 2996. Bias Gender : Dalam Iklan Televisi. Yogyakarta. Media Pressindo.




DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v2i1.21277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:

  

Jurnal Manajemen Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Padjadjaran

Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University

Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia

Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)

Fax: +62227794122

Email: jurnalmankomunpad@gmail.com


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by:

 


View My Stats