HUBUNGAN ATMOSFIR RESTORAN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RESTORAN KFC CIREBON

Ibnu Kuswara, Kismiyati El Karimah, Wenny Widyowati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya hubungan atmosfir restoran yang termasuk sight appeal, scent appeal, sound appeal dan touch appeal dengan keputusan pembelian pada anggota membership Restoran Kentucky Fried Chicken di Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional yang bertujuan untuk meneliti hubungan variasi pada suatu faktor dengan variasi pada faktor lain. Data penelitian diperoleh melalui kuisioner yang dibagikan pada anggota membership restoran KFC di Cirebon, wawancara dengan pihak terkait mengenai KFC dan studi kepustakaan. Objek dari penelitian ini adalah atmosfir restoran KFC. Populasi dalam penelitian ini adalah Membership KFC Cirebon yang berjumlah 420 orang. Dengan teknik sampling acak sederhana dan menggunakan pecahan 0.1 didapatkan ukuran sampel sebanyak 84 orang. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara variabel X dan variabel Y yaitu Atmosfir restoran yang meliputi Sight appeal,scent appeal,sound appeal, touch appeal dengan keputusan pembelian. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara atmosfir restoran dengan keputusan pembelian pada anggota membership Restoran Kentucky Fried Chicken di Cirebon.


Keywords


Atmosfir restoran, KFC, Keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifuddin.2007.Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, edisi ke dua. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Baraban, Regina dan Joseph F.Durocher. 2001. Succesful Design 2nd Edition. New York: John Willey & Son Inc.

Engel J.F. 1995. Consumer Behaviour. 8th edition. USA

James, Stoner. Freeman and Gillbert JR. 1996. Manajemen, Jilid II. Jakarta. PT Prenhallindo.

Kinnear, C Thomas dan James R, Taylor.1987. Riset pemasaran, edisi ketiga. Jakarta. Erlangga.

Knapp, Mark L. Dan Judith A. Hall. 1992. Nonverbal Communication in Human Interaction. Florida: Harcourt Brace Jovanovich College Publisher.

Kotler, Philip. 1996. Manajemen Pemasaran. Erlangga: Jakarta

Kotler, Philip dan Gary Armstong, 1997. Dasar-dasar Pemasaran, Terj. Alexander Sindoro, Jakarta: Prenhallindo,.

Kotler, Philip. 2003. Marketing Management (11th ed.). Delhi : Pearson Education (Singapore) Pte,Ltd.

Lawson, Fred. 1973. Restaurant Panning & Design. New York: Van Nostrand Reinhold Company.

Mangkunegara, Anwar Prabu, R.A.A. 2002. Perilaku Consumen. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mehrabian, A. Russel. 1976. An Approach to Environmental Psychology. Cambridge: Massachusetts Institute of Technology.

Mowen, John C. 2002. Perilaku Konsumen Jilid 2 Edisi Kelima. Jakarta: Airlangga.

M. Levy and B.A. Weitz. 2000, Retailing Management. 3rd edition

Peter,J, Paul dan Jerry C. Olson. 1999.Consumer Behavior : Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Edisi 4 Jakarta: Erlangga.

Rachmat,Jalaluddin.2004,Metode Penelitian Komunikasi dilengkapi contoh analisis statistic. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Rachmat, Krisyantono. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi,edisi pertama. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Reznikoff, S.C. 1979. Interior Graphic and Design Standards. Arizona: State University.

Saladin, Djaslim. 2003. Perilaku Konsumen dan Pemasaran Strategik. Bandung: Penerbit Linda Karya.

Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh. Jakarta. Indeks.

SE, Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Singarimbun, Masri dan Effendi, Sofian. 1989. Metode Penelitian Survai. Lembaga Penelitian, Pendidikan, dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3S).

Smith, PR. 1993. Marketing Communication, An Integrated Approach. England : Clays Ltd

Suptandar, Pramuji J. 1999. Desain Interior: Pengantar Merencanakan Interior Untuk Mahasiswa Desain & Arsitektur, Jakarta. Jambatan.

Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran.Bandung.PT Remaja Rosdakarya.

__________ 1995. Manusia & Runag Dalam Proyeksi Desain Interior, Jakarta: Universitas Tarumanegara.

Synder, James C. & Anthony J. Catanese. 1979. Introduction to Architecture. England: Mc.Graw-Hill Inc.

Tauber. 1972. Consumer Behavior & Marketing Action. New York: Prentice Hall.

http://www.kfcindonesia.com/coverpage/

http://digilib.petra.ac.id/viewer.php?submit.x=20&submit.y=20&submit=prev&page=2&qual=high&submitval=prev&fname=%2Fjiunkpe%2Fs1%2Fhotl%2F2002%2Fjiunkpe-ns-s12002-33497007-320-kfc-chapter4.pdf




DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v2i2.21332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:

  

Jurnal Manajemen Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Padjadjaran

Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University

Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia

Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)

Fax: +62227794122

Email: jurnalmankomunpad@gmail.com


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by:

 


View My Stats