STRATEGI PROMOSI “BERBASIS DAKWAH” MAJALAH NOOR
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada majalah NooR yang berlokasi di Jl. Karang Pola VI No.7A Pasar Minggu – Jakarta 12540. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan apa dan bagaimana strategi promosi yang dilakukan oleh majalah NooR dengan menggunakan apa yang mereka sebut dengan strategi promosi „berbasis dakwah‟. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui observasi lapangan, wawancara lima orang yang dijadikan informants penelitian, studi pustaka, serta dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa terdapat strategi promosi NooR memaksimalkan dengan menyelenggarakan event. Salah satu event yang diadakan secara rutin tiap tahunnya adalah Lomba Rancang Busana Muslimah (LRBM). Tiga tahun terakhir LRBM dijadikan sebagai salah satu acara bergengsi Indonesia Islamci Fashion Fair (IIFF) bekerja sama dengan Indonesia Islamic Fashion Concortium (IIFC). Kunci strategi majalah NooR dalam mengadakan event adalah melobi pihak-pihak yang berpengaruh di dunia fesyen terutama fesyen islami. Hal ini diharapkannya dapat mencapai strategi yang low budget dan high impact. Kesimpulan dari peneltian ini mengungkapkan bahwa dalam perencanaan strategi promosi dengan mengadakan event penting untuk melobi atau mempersuasi pihak-pihak yang berpengaruh terkait dengan keberhasilan acara tersebut. Pemasar harus pintar dalam memilah pihak untuk bekerja sama untuk menunjukkan konsistensi terhadap image perusahaan yang sesuai dengan visi misi perusahaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Barezki, F.E., Hafiar, H., 2017, Proses Persuasi Ruang Film Bandung Kepada Anggota Komunitas Film Di Bandung Dalam Program Klinik Film, Jurnal ProTVF Volume 1 No 1, http://jurnal.unpad.ac.id/protvf/article/view/13328/6152diamnil kembali dari jurnal ProTVF
Creswell, John W. 1998, Qualitative Inquiry and Research Design, Choosing.
Among Five Traditions. California: sage publication.
Gemiharto, i., Zein, d., & El Karimah, K. (2016, 1 2017). Evaluasi model komunikasi pemasaran koperasi dalam upaya penguatan kelembagaan ekonomi masyarakat. Jurnal manajemen komunikasi, volume 1 nomor 1, 58. Diambil kembali dari jurnal manajemen komunikasi: http://jurnal.unpad.ac.id/manajemen-komunikasi/article/view/10062/4920
Moleong, Lexy J (2008) Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nielsen Media Research, Memotret Industri Majalah Bersegmen di Indonesia Diakses Melalui https://bincangmedia.wordpress.com/2010/05/27/memotret-industri-majalah-bersegmen-di-indonesia/
DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v2i2.21334
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:
Jurnal Manajemen Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University
Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia
Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)
Fax: +62227794122
Email: jurnalmankomunpad@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by: