STRATEGI PROMOSI “BERBASIS DAKWAH” MAJALAH NOOR

Syibil Yusrina Putri, Mohd Hussein Nawawi

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada majalah NooR yang berlokasi di Jl. Karang Pola VI No.7A Pasar Minggu – Jakarta 12540. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan apa dan bagaimana strategi promosi yang dilakukan oleh majalah NooR dengan menggunakan apa yang mereka sebut dengan strategi promosi „berbasis dakwah‟. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui observasi lapangan, wawancara lima orang yang dijadikan informants penelitian, studi pustaka, serta dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa terdapat strategi promosi NooR memaksimalkan dengan menyelenggarakan event. Salah satu event yang diadakan secara rutin tiap tahunnya adalah Lomba Rancang Busana Muslimah (LRBM). Tiga tahun terakhir LRBM dijadikan sebagai salah satu acara bergengsi Indonesia Islamci Fashion Fair (IIFF) bekerja sama dengan Indonesia Islamic Fashion Concortium (IIFC). Kunci strategi majalah NooR dalam mengadakan event adalah melobi pihak-pihak yang berpengaruh di dunia fesyen terutama fesyen islami. Hal ini diharapkannya dapat mencapai strategi yang low budget dan high impact. Kesimpulan dari peneltian ini mengungkapkan bahwa dalam perencanaan strategi promosi dengan mengadakan event penting untuk melobi atau mempersuasi pihak-pihak yang berpengaruh terkait dengan keberhasilan acara tersebut. Pemasar harus pintar dalam memilah pihak untuk bekerja sama untuk menunjukkan konsistensi terhadap image perusahaan yang sesuai dengan visi misi perusahaan.


Keywords


Strategi promosi, dakwah, majalah Noor, promosi busana muslimah

Full Text:

PDF

References


Barezki, F.E., Hafiar, H., 2017, Proses Persuasi Ruang Film Bandung Kepada Anggota Komunitas Film Di Bandung Dalam Program Klinik Film, Jurnal ProTVF Volume 1 No 1, http://jurnal.unpad.ac.id/protvf/article/view/13328/6152diamnil kembali dari jurnal ProTVF

Creswell, John W. 1998, Qualitative Inquiry and Research Design, Choosing.

Among Five Traditions. California: sage publication.

Gemiharto, i., Zein, d., & El Karimah, K. (2016, 1 2017). Evaluasi model komunikasi pemasaran koperasi dalam upaya penguatan kelembagaan ekonomi masyarakat. Jurnal manajemen komunikasi, volume 1 nomor 1, 58. Diambil kembali dari jurnal manajemen komunikasi: http://jurnal.unpad.ac.id/manajemen-komunikasi/article/view/10062/4920

Moleong, Lexy J (2008) Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nielsen Media Research, Memotret Industri Majalah Bersegmen di Indonesia Diakses Melalui https://bincangmedia.wordpress.com/2010/05/27/memotret-industri-majalah-bersegmen-di-indonesia/




DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v2i2.21334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:

  

Jurnal Manajemen Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Padjadjaran

Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University

Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia

Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)

Fax: +62227794122

Email: jurnalmankomunpad@gmail.com


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by:

 


View My Stats