Pengaruh bauran promosi terhadap minat pengunjung Wisata budaya pesta adat Erau

Nina Indriastuty

Abstract


Kalimantan Timur memiliki potensi wisata daerah yang beragam. Promosi yang memadai diperlukan dalam menarik minat wisatawan untuk berkunjung guna meningkatkan pendapatan daerah. Salah satu potensi wisatanya adalah Festival Rakyat Internasional Erau atau Erau International Folk Arts Festival (EIFAF) yang dilaksanakan setiap tahun di Kabupaten Tenggarong. Kegiatan ini digelar sebagai upaya memperkenalkan adat budaya dan kearifan lokal asli daerah Kalimantan Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel bauran promosi apa saja yang mempengaruhi minat pengunjung Wisata Budaya Pesta Adat Erau tersebut. Populasi penelitian ini merupakan semua pengunjung atau wisatawan yang datang saat event perayaan Erau berlangsung dari tanggal 22 hingga 30 Juli 2017 di Kabupaten Tenggarong. Jumlah kunjungan wisata pada tahun 2017, adalah sebanyak 1.795.245 orang dan pengunjung yang pergi ke daya tarik wisata Budaya seperti Museum Mulawarman, Situs Makam Raja Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Event Budaya, dan Situs Makam Kutai Lama Anggana adalah sebesar 37.86% atau 678.686 orang pengunjung. Sampel adalah sebesar 100 orang responden dengan menggunakan rumus Slovin. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif (explanatory research) dengan menggunakan alat uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bauran promosi seperti periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dalam penelitian ini berpengaruh pada minat pengunjung wisata budaya pesta adat Erau kecuali penjualan perorangan saja yang tidak signifikan berpengaruh. Dari hasil penelitian, disarankan beberapa hal yaitu panitia tetap melakukan perbaikan pelayanan kepada wisatawan, dan aparatur daerah serta masyarakat kabupaten Tenggarong terus berperan serta mendukung suksesnya pelaksanaan kegiatan wisata budaya pesta adat Erau tersebut.


Keywords


bauran promosi; minat pengunjung; wisata budaya; pesta adat

References


Areks, E., & Nadjib, M. (2015). Pengaruh penggunaan bauran promosi terhadap tingkat kunjungan wisatawan pada objek wisata alam di kabupaten Pangkajene dan kepulauan. KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(4).

Charylia, B. D. (2013). Bauran promosi di taman wisata Ratu Boko. Jurnal Nasional Pariwisata, 5(3).

Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Kutai Kertanegara. (2017). Statistik kunjungan wisata. Retrieved February 1, 2020, from dispar.kutaikartanegarakab.go.id/halaman/statistik_kunjungan_wisata_.

Djuniadi, A., & Lestari, W. (2016). Statistik inferensial dengan spss. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Hania, A., Sunarti, S., & Pangestuti, E. (2016). Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan berkunjung dengan citra destinasi sebagai variabel mediasi. Jurnal Administrasi Bisnis, 40(1).

Herat, R. A., Rembang, M. R., & Kalangi, J. (2015). Peran bidang promosi dan pemasaran dinas pariwisata kabupaten Pulau Morotai dalam mempromosikan potensi kabupaten Pulau Morotai. Acta Diurna, 4(4), 1–12.

Indriastuty, N., & Abdiannur, A. (2017). Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan konsumenn membeli kosmetik Pond’s di kota Balikpapan. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 54–63. Samarinda: FEB UNMUL.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran edisi 12 jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, & Keller. (2012). Manajemen pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Mulyana, S., Octavianti, M., & Faradysa, N. Z. (2019). Pengelolaan media sosial sebagai media promosi pasar digital Cikundul Sukabumi. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 9(1), 49–66.

Poerwanto, E. (2017). 8 negara semarakkan Festival Erau. Retrieved from bisniswisata.co.id website: bisniswisata.co.id/8-negara-semarakkan-festival-rakyat-erau/: https://bisniswisata.co.id/8-negara-semarakkan-festival-rakyat-erau/

Ramadhan, F. (2016). Pengaruh kualitas layanan dan promosi terhadap keputusan berkunjung ke tempat wisata pantai Samudera Baru. Value Journal of Management and Business, 1(1), 43–50.

Setiawan, N. A., & U., F. H. (2014). Strategi promosi dalam pengembangan pariwisata lokal di desa wisata Jelekong. Trikonomika, 13(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23969/trikonomika.v13i2.613

Sugiyono. (2017). Metode peneltiian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulthony, Z. (2014). Pengaruh bauran promosi terhadap pembentukan citra wisata budaya Berastagi kabupaten Karo provinsi Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 14(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30596/jimb.v14i2.175

Sunyoto. (2014). Dasar-dasar manajemen pemasaran (konsep, strategi, dan kasus). Jogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Suryana, A., Zein, D., Sumartias, S., & Gemiharto, I. (2019). Pengaruh strategi komunikasi organisasi, budaya organisasi, karakteristik individu inovatif dan komitmen organisasional terhadap kinerja usaha kecil dan menengah. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(2), 185–201. Retrieved from http://jurnal.unpad.ac.id/manajemen-komunikasi/article/view/20754/pdf

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa – prinsip, penerapan, dan penelitian. Jogyakarta: ANDI.

Widayanti, R. (2012). Pengaruh bauran promosi terhadap kunjungan wisatawan domestik (studi kasus di taman rekreasi Sengkaling Malang). Jurnal Dinamika Dotcom, 3(1), 1–7.




DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v4i2.23264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:

  

Jurnal Manajemen Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Padjadjaran

Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University

Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia

Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)

Fax: +62227794122

Email: jurnalmankomunpad@gmail.com


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by:

 


View My Stats