Analisis pola komunikasi budaya ngopi di komunitas Karawang Menyeduh

Musairil Khakamulloh, Mayasari Mayasari, Eka Yusup

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena budaya ngopi pada saat ini mengalami perkembangan dan banyak digemari oleh semua lapisan masyarakat sebagai gaya hidup. Budaya ngopi ini kemudian memunculkan sebuah budaya baru dengan istilah ngopi bareng atau lazimnya disebut dengan kopdar. Perkembangan budaya ngopi inilah yang menjadi latar belakang sebuah komunitas berdiri, salah satunya Komunitas Karawang Menyeduh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi yang dianalisis berdasarkan peristiwa komunikatif yang terjadi di dalam kegiatan kopdar. Teori Interaksi Simbolik dari George Herbert Mead digunakan sebagai teori pendukung dalam melakukan penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan etnografi komunikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi tanpa partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Sumber informasi penelitian ini berasal dari enam informan, mereka merupakan ketua dan para anggota Komunitas Karawang Menyeduh yang mengetahui persis mengenai budaya ngopi di dalam komunitas ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan bentuk komunikasi verbal dan nonverbal, yang melibatkan para partisipan lebih dari dua orang yang membentuk sebuah kelompok. Inti dari pembahasannya yaitu mengenai dunia kopi dan dunia sosial lainnya dengan menggunakan varietas bahasa yang sama yaitu menggunakan Bahasa Indonesia. Proses komunikasi yang terjadi layaknya diskusi, yaitu dengan menggunakan komunikasi kelompok. Pola komunikasi yang digunakan di dalam kegiatan kopdar di Komunitas Karawang Menyeduh, menggunakan pola komunikasi multi arah atau all channels.


Keywords


Budaya; ngopi; etnografi; komunikasi; komunitas

Full Text:

PDF

References


Aisha, M. (2019, 7 September). 17+Cafe di Karawang Kota, Galuh Mas, Murah. topijelajah. Diakses dari https://www.topijelajah.com/cafe-di-karawang.html

Ariefyanto, M. I. (2012). Ngopi antara Hobi dan Kebutuhan. Republika. Diakses dari https://m.republika.co.id/amp/mc8ukk

Azeharie, S. (2016). Pola Komunikasi Antara Pedagang dan Pembeli di Desa Pare, Kampung Inggris Kediri. Jurnal Komunikasi. Vol. 7, No.2, 207–223.

Nanda, C. N. & Rita, D. (2018). Pola Komunikasi Virtual Grup Percakapan Komunitas Hamur “ HAMURinspiring ” Di Media Sosial Line. Jurnal Manajemen Komunikasi. Vol. 3, No. 1, 34–50.

Evan, J., Lucy, P. & S, Agus. A. (2017). Pola Komunikasi Pada Komunitas Hammers Bandung. e-Proceeding of Management. Vol.4, No. 3, 3102–3112.

Herdiyanto, T. (2020, 25 Januari). Personal Interview.

Istiyanto, S. B. & Wiwik, N. (2018). Etnografi Komunikasi Komunitas yang Kehilangan Identitas Sosial dan Budaya di Kabupaten Cilacap. Jurnal Kajian Komunikasi. Vol. 6, No. 1, 64–77.

Kurniawati, I., Wulan, R. R., & Pamungkas, I. N. A. (2017). Pola Komunikasi Pertemuan Offline Komunitas Insta Nusantara Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi. Vol. 5, No.1, 31-42.

Kusumawati, T. I. (2016). Komunikasi Verbal Dan Nonverbal. Al Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 6, No. 2, 83-98.

Kuswarno, E. (2008). Metode Penelitian Komunikasi Etnografi Komunikasi. Bandung: Widya Padjadjaran.

Littlejohn, S. W. & Karen. A. F. (2009). Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Mulyana, D. (2014). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pengertian Kopi Secara Lengkap. (2019, 24 Januari). Carscoverageonline.com. Diakses dari https://www.carscoverageonline.com/2019/01/24/pengertian-kopi-secara-lengkap/

Ranjabar, J. (2014). Sistem Sosial Budaya Indonesia Suatu Pengantar. Bogor: Alfabeta.

Sentosa, A. T. (2015). Pola Komunikasi Dalam Proses Interaksi Sosial Di Pondok Pesantren Nurul Islam Samarinda. e-Journal Ilmu Komunikasi. Vol. 3, No.3, 491–503.

Solikatun, S., Kartono, D. T., & Demartoto, A. (2015). Perilaku Konsumsi Kopi Sebagai Budaya Masyarakat Konsumsi (Studi Fenomenologi Pada Peminum Kopi Di Kedai Kopi Kota Semarang). Jurnal Analisa Sosiologi. Vol. 4, No. 1, 60–74.

Spradley, J. P. (2006). Metode Etnografi. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v5i1.28887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:

  

Jurnal Manajemen Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Padjadjaran

Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University

Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia

Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)

Fax: +62227794122

Email: jurnalmankomunpad@gmail.com


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by:

 


View My Stats