Strategi komunikasi customer bonding C Plus Organizer mempertahankan loyalitas PT. Capella Dinamik Nusantara
Abstract
PT. Capella Dinamik Nusantara (PT. CDN) merupakan pelanggan tetap dan loyal C Plus Organizer dari tahun 2011 hingga tahun 2020, yang merupakan usaha bisnis pelayanan jasa yang bergerak di bidang Event Organizer dan Advertising di Pekanbaru. Di tengah berkembangnya perusahaan EO di Pekanbaru, PT. CDN tetap mempercayakan pengerjaan keseluruhan event mereka kepada C Plus Organizer dan menjadi pelanggan tetap selama 10 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi kegiatan customer bonding yang dilakukan oleh C Plus Organizer kepada PT. CDN, yaitu strategi komunikasi penambahan manfaat finansial (adding financial benefits), penambahan manfaat sosial (adding social benefits), dan penambahan ikatan struktural (adding structural ties). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penambahan manfaat finansial, C Plus Organizer memberikan potongan, memberikan pinjaman properti event secara gratis, mengikuti mekanisme pembayaran PT. CDN, dan mendesain dan memproduksi material event yang bisa digunakan berkali-kali untuk menghemat biaya. Untuk penambahan manfaat sosial, C Plus Organizer tidak memendam masalah dan mengakui kesalahan, mempunyai tim yang memiliki kemampuan komunikasi yang efektif, aktif bertanya, mendengarkan keluhan, aktif memperbarui laporan, melakukan meeting dan briefing dengan PT. CDN dan tim, menciptakan suasana meeting yang baik, mengevaluasi, melakukan eksplorasi dan imajinasi sesuai standar pelaksanaan, melakukan kegiatan yang meningkatkan keakraban, dan memberikan hadiah pada hari-hari besar. Untuk penambahan manfaat struktural, C Plus Organizer membuat database biodata pelanggan dan perusahaan pelanggan, dan database riwayat pekerjaan event PT. CDN untuk memudahkan pemesanan. Intinya Strategi Customer Bonding terletak pada kemampuan mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan serta membangun komunikasi efektif secara berkesinambungan sehingga konsumen menjadi loyal dan puas dengan kinerja perusahaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Barnes, J. G. (2003). Secrets of customer relationship management. Yogyakarta: ANDI.
Beatrix, S. (2015). I love to organize. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Cangara, H. (2017). Perencanaan & strategi komunikasi. Depok: Rajawali Press.
Effendy, O. U. (2009). Human relation & public relations. Bandung: Mandar Maju.
Geethanjali, N., & Lavanya, D. (2020). Customer bonding in a hostile market environment. International Journal of Management (IJM), 11(9).
Huda, M. (2020). The effect of customer intimacy, customers experience, customer satisfaction and customer bonding on customer loyalty at bank bri syariah kcp panda’an pasuruan. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(02), 244–262.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran edisi ke-12 jilid 1 (12th ed.). Jakarta: Erlangga.
Kuspriyono, T., & Nurelasari, E. (2018). Pengaruh social media marketing terhadap customer bonding dan purchase to intention. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 18(2), 235–242.
Megananda, Y., & Wijaya, J. A. (2009). EO: 7 Langkah jitu membangun bisnis event organizer. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
Moleong, L. J. (2014). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurjaman, K., & Umam, K. (2012). Komunikasi & public relation. Bandung: Pustaka Setia.
Pramudyo, A. (2016). Mewujudkan pelayanan yang memuaskan pada pelanggan. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 3(1).
Qaiser D., R., Afzal Humayon, A., Javaid I., H., Raza, S., & Shahid, J. (2018). The impact of service quality and service value on customer satisfaction through customer bonding: evidence from telecommunication sector. European Online Journal of Natural and Social Sciences: Proceedings, 7(1 (s)), pp-40.
Simamora, B. (2001). Remarketing for business recovery. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Somad, R., & Priansa, D. J. (2014). Manajemen komunikasi: mengembangkan bisnis beorientasi pelanggan. Bandung: Alfabeta.
Sugiono, S. (2021). Strategi komunikasi membangun customer relationship pada inkubator bisnis puspiptek. ETTISAL: Journal of Communication, 5(2), 291–309.
Sugiyono. (2014). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukandar, R. (2004). Metodologi penelitan: petunjuk praktis untuk peneliti pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sukwadi, R. (2007). Usulan pengembangan komunikasi pemasaran melalui strategi customer bonding (studi kasus: supermarket Hero di Jakarta). J@ Ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 2(2), 1–11.
Udayana, I. B. N., Farida, N., Lukitaningsih, A., Tjahjono, H. K., & Nuryakin. (2021). The important role of customer bonding capability to increase marketing performance in small and medium enterprises. Cogent Business & Management, 8(1), 1932239.
Umar, H. (2002). Riset pemasaran dan perilaku konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Wibowo, L. A., & Priansa, D. J. (2017). Manajemen komunikasi dan pemasaran. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v6i1.29650
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:
Jurnal Manajemen Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University
Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia
Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)
Fax: +62227794122
Email: jurnalmankomunpad@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by: