Personal branding Ridwan Kamil dalam program Gerakan Pungut Sampah

R. Yogie Prawira. W, Asep Suryana, Hadi Suprapto Arifin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat besarnya pengaruh personal branding Ridwan Kamil yang terdiri dari roles, standards dan style pada sikap siswa SMA Kota Bandung pada Gerakan Pungut Sampah. Metode penelitian yang digunakan adalah survei eksplanatori, yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan sebab akibat diantara variabel-variabel penelitian dengan pengujian statistik inferensial path analysis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Kota Bandung yang melakukan dan melaporkan Gerakan Pungut Sampah melalui akun twitter @GPSbdg dan @BDGcleanaction setelah dilakukannya sosialisasi. Sampel diambil dengan menggunakan teknik penarikan sampel cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 102 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel personal branding Ridwan Kamil yang terdiri dari roles, standards dan style secara keseluruhan berpengaruh terhadap sikap siswa SMA Kota Bandung pada Gerakan Pungut Sampah. Hal tersebut menunjukkan bahwa personal branding yang dimiliki oleh Ridwan Kamil mampu menggerakkan dan membentuk sikap siswa SMA Bandung untuk berpartisipasi aktif dalam program Gerakan Pungut Sampah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, hendaknya Ridwan Kamil perlu menjaga dan mengevaluasi personal branding yang dimilikinya. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah personal branding yang melekat pada dirinya sudah efektif dalam menunjang keberhasilan program yang dijalankan. Selain itu, penggunaan personal branding sebaiknya digunakan oleh semua individu dalam kehidupan sehari-hari secara praktis dengan tujuan pengembangan diri. Selanjutnya dimensi personal branding dalam penelitian ini hendaknya mampu dijadikan alat untuk membangun personal branding yang positif pada masing-masing individu.

Keywords


Personal branding; Ridwan Kamil; siswa SMA; sikap; gerakan pungut sampah

Full Text:

PDF

References


Adriana, L. T. D. (2019). Personal branding - a strategic communication instrument for freelancers. Bulletin of the Transilvania University of Brasov. Series V : Economic Sciences, 12(61)(2), 15–20. https://doi.org/10.31926/BUT.ES.2019.12.61.2.2

Ali, A. (2012, July). Surabaya raih penghargaan partisipasi terbaik se-Asia Pasifik - LensaIndonesia.com. Lensaindonesia.Com.

Azwar, S. (2013). Sikap manusia: teori dan pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bresee, S., Caruso, B. A., Sales, J., Lupele, J., & Freeman, M. C. (2016). ‘A child is also a teacher’: exploring the potential for children as change agents in the context of a school-based WASH intervention in rural Eastern Zambia. Health Education Research, 31(4), 521–534. https://doi.org/10.1093/HER/CYW022

Chaker, N. N., Walker, D., Nowlin, E. L., & Anaza, N. A. (2019). When and how does sales manager physical attractiveness impact credibility: A test of two competing hypotheses. Journal of Business Research, 105, 98–108. https://doi.org/10.1016/J.JBUSRES.2019.08.004

Denise M. Rousseau, Sim B. Sitkin, Ronald S. Burt, & Colin Camerer. (1998). Introduction to special topic forum: not so different after all: a cross-discipline view of trust on JSTOR. The Academy of Management Review, 23(3).

Ern. (2014, February). Sampah di mana-mana, bandung dijuluki “the city of pigs.” News.Detik.Com.

Fahmi, R. A. (2014, June). Gerakan pungut sampah untuk Bandung Juara - Greeners.Co. Greeners.Co.

Harifin, K. M. (2013). Pengaruh personal branding dan positioning terhadap perilaku pemilih dalam pemilukada di Kabupaten Bonebolango. Politika: Jurnal Ilmu Politik, 3(1), 15–32. https://doi.org/10.14710/POLITIKA.3.1.2012.15-32

Hatfield, E., & Rapson, R. L. (2010). Physical attractiveness. The Corsini Encyclopedia of Psychology, 1–2. https://doi.org/10.1002/9780470479216.CORPSY0681

Hong, S., Lee, H., & Johnson, E. K. (2019). The face tells all: Testing the impact of physical attractiveness and social media information of spokesperson on message effectiveness during a crisis. Journal of Contingencies and Crisis Management, 27(3), 257–264. https://doi.org/10.1111/1468-5973.12250

Kumkale, G. T., AlbarracÍn, D., & Seignourel, P. J. (2010). The effects of source credibility in the presence or absence of prior attitudes: implications for the design of persuasive communication campaigns. Journal of Applied Social Psychology, 40(6), 1325. https://doi.org/10.1111/J.1559-1816.2010.00620.X

Kuncoro, E. A., & Riduwan. (2012). Cara menggunakan dan memaknai analisis jalur (path analysis). Bandung: Alfabeta.

Ledbetter, A. M., & Meisner, C. (2021). Extending the personal branding affordances typology to parasocial interaction with public figures on social media: Social presence and media multiplexity as mediators. Computers in Human Behavior, 115, 106610. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106610

Marin, G. D., & Nilă, C. (2021). Branding in social media. Using LinkedIn in personal brand communication: a study on communications/marketing and recruitment/human resources specialists perception. Social Sciences & Humanities Open, 4(1), 100174. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2021.100174

Maulida, H., & Prawira W, R. Y. (2020a). Pola komunikasi siswa di lingkungan sekolah ramah anak. Media Bina Ilmiah, 14(12), 3717–3728.

Maulida, H., & Prawira W, R. Y. (2020b). Perilaku komunikasi di sekolah ramah anak Kota Magelang. Sosio Informa, 6(3), 239–251. https://doi.org/10.33007/inf.v6i3.2371

Maulida, H., Prawira W, R. Y., & Nugrahenti, M. C. (2020). Komunikasi kesehatan perilaku hidup sehat #JSR di media sosial. Jurnal Teras Kesehatan, 3(1), 18–32. https://doi.org/10.38215/jutek.v3i1.44

McNally, D., & Speak, K. D. (2011). Be your own brand:achieve more of what you want by being more of who you are. San Francisco: Berrett-Koehler Publishers.

Mobius, M. M., & Rosenblat, T. S. (2006). Why beauty matters. American Economic Review, 96(1), 222–235. https://doi.org/10.1257/000282806776157515

Oshiro, K. F., Brison, N., & Bennett, G. (2021). Personal branding project in a sport marketing class. Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, 28, 100308. https://doi.org/10.1016/J.JHLSTE.2021.100308

Perdana, P. P. (2014, September). Survei: warga Kota Bandung puas dipimpin Ridwan Kamil. kompas.com.

Prawira W, R. Y., & Maulida, H. (2020). Kredibilitas komunikator jurus sehat Rasulullah di kalangan followers Instagram @Zaidulakbar. Jurnal Dakwah Risalah, 31(1), 1. https://doi.org/10.24014/jdr.v31i1.9527

Prawira W., Ry., Maulida, H., & Achmad, W. (2021). Narrating the implementation of social welfare community program. Review of International Geographical Education Online, 11(5), 228–235.

PrawiraW, Ry., Mulyana, S., & Wirakusumah, T. K. (2012). Hubungan karakteristik brand ambassador Honda Spacy Helm-In dengan tahapan keputusan pembelian konsumen | w | Students e-Journal. Pengaruh Brand Ambassador Honda Spacy Helm-In Dengan Keputusan Pembelian Konsumen, 1(1). http://jurnal.unpad.ac.id/ejournal/article/view/1829/pdf_30

Rakhmat, J. (2019). Psikologi komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Scheidt, S., Gelhard, C., & Henseler, J. (2020). Old practice, but young research field: a systematic bibliographic review of personal branding. Frontiers in Psychology, 11, 1809. https://doi.org/10.3389/FPSYG.2020.01809

Sidiq, R. S. S., & Prawira W, R. Y. (2019). Environmental protection to mitigate the annual forest and land fires crisis in Riau Province Indonesia. International Journal on Social Science, Economics and Art, 9(3), 164–172. https://doi.org/10.35335/IJOSEA.V9I3.37

Sthephens, T. (2007). Trademark 2.0: defining your value in the web 2.0 world. New York: McGraw-Hill.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kunatitatif, kualitatif dan r&d (25th ed.). Bandung: Alfabeta.

Tan, A. S. (1981). Mass communication theories and research. Ohio: Grid Pub.

Tan, S., Lau, E., Ting, H., Cheah, J. H., Simonetti, B., & Hiok Lip, T. (2019). How do students evaluate instructors’ performance? implication of teaching abilities, physical attractiveness and psychological factors. Social Indicators Research, 146(1–2), 61–76. https://doi.org/10.1007/S11205-019-02071-6

Tormala, Z. L., Briñol, P., & Petty, R. E. (2006). When credibility attacks: The reverse impact of source credibility on persuasion. Journal of Experimental Social Psychology, 42, 684–691. https://doi.org/10.1016/j.jesp.2005.10.005

Ueltschy, L. C., & Laroche, M. (2004). Co-Branding internationally: everyone wins? Journal of Applied Business Research, 20(3).

Venus, A. (2012). Manajemen kampanye: panduan teoretis dan praktis. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Venus, A. (2018). Manajemen kampanye: panduan teoretis dalam mengefektifkan kampanye komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Wiyono, A. S. (2014, June). Warga Bandung serentak lakukan gerakan pungut sampah hari ini | merdeka.com. Merdeka.Com.

Wojciechowska, M. (2021). Trust as a factor in building cognitive social capital among library workers and users. Implications for library managers. Journal of Academic Librarianship, 47(1), 102300. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2020.102300




DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v6i2.31319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:

  

Jurnal Manajemen Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Padjadjaran

Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University

Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia

Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)

Fax: +62227794122

Email: jurnalmankomunpad@gmail.com


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by:

 


View My Stats