Analisis faktor pendukung knowledge sharing menggunakan Whatsapp dan Line group saat pandemi Covid-19
Abstract
Knowledge sharing terbentuk ketika setiap anggota dalam organisasi saling berbagi pengetahuan secara bersama-sama untuk mengungkapkan pendapat, ide, kritik dan komentar kepada anggota lainnya. Universitas Gunadarma menjadi salah satu perguruan tinggi yang sudah menerapkan pembelajaran kolaborasi cloud meeting dan UGTV selama pandemi Covid-19 sehingga terjadi peningkatan knowledge sharing menggunakan Whatsapp dan Line. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor pendukung knowledge sharing dalam komunitas mahasiswa Universitas Gunadarma dengan menggunakan media Whatsapp dan Line grup selama pandemi Covid-19. Metodologi penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan perangkat lunak Structural Equation Modeling (SEM), AMOS dan Teori Computer Mediated Communication untuk menganalisis data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala likert 1-5 kepada mahasiswa Universitas Gunadarma. Populasi penelitian adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma dan sampel penelitian adalah 741 responden yang terdiri dari laki-laki dan perempuan berusia 18-24 tahun. Teknik sampling menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria mahasiswa Universitas Gunadarma yang rutin melakukan knowledge sharing. Hasil analisis SEM menunjukkan bahwa terjadi interaksi sosial dan ekspektasi hasil memengaruhi knowledge sharing untuk memenuhi kebutuhannya akan pengetahuan, dan kegunaan komunitas memengaruhi niat berbagi pengetahuan secara terus menerus. Sedangkan interaksi sosial tidak berpengaruh terhadap kebermanfaatan mahasiswa dan knowledge sharing tidak berpengaruh terhadap niat berbagi pengetahuan secara berkelanjutan. Pembatasan jarak yang diberlakukan oleh pemerintah sebagai akibat Pandemi Covid-19 menjadikan grup Whatshapp dan grup Line menjadi penting dan berguna dalam mencari dan berbagi ilmu di kalangan mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afnibar, & Fajhriani, D. (2020). Pemanfataan WhatsApp sebagai media komunikasi antara dosen dan mahasiswa dalam menunjang kegiatan belajar (Studi terhadap mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang). Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 11(1), 70–83. https://doi.org/10.15548/amj-kpi.v0i0.1501
Amila, K., & Suryadi, K. (2014). Keekfektifan online knowledge sharing behavior (Studi kasus: Blended learning ITB). Jurnal Rekayasa Sistem & Industri, 1(1), 129–136. Retrieved from https://jrsi.sie.telkomuniversity.ac.id/JRSI/article/view/119
Arianto, & Bafiarti, T. (2020). Computer mediated communication dalam perencanaan pembangunan daerah Provinsi Sulawesi Barat. AVANT GRADE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 08(01), 60–78. https://doi.org/10.36080/ag.v8i1.973
Arista, L., & Lasmana, H. (2019). Pengaruh review oleh Sarah Ayu pada produk kecantikan di Youtube dan brand awareness terhadap keputusan menggunakan produk. Jurnal Scriptura, 9(1), 26–34. https://doi.org/10.9744/scriptura.9.1.26-34
Assegaff, S. (2017). Evaluasi pemanfaatan media sosial sebagai sarana knowledge sharing. Jurnal Manajemen Teknologi, 16(3), 271–293. https://doi.org/10.12695/jmt.2017.16.3.4
Chen, I. Y. L., Chen, N.-S., & Kinshuk. (2009). Examining the factors influencing participants’ knowledge sharing behavior in virtual learning communities. Educational Technology & Society, 12(1), 134–148.
Davcik, N. (2014). The use and misuse of structural equation modeling in management research: A review and critique. Journal of Advances in Management Research, 11(1), 47–81. https://doi.org/10.1108/JAMR-07-2013-0043
Filho, W. L., Brandli, L. L., Salvia, A. L., Rayman-bacchus, L., & Platje, J. (2020). COVID-19 and the UN Sustainable Development Goals: Threat to solidarity or an opportunity? Sustainability, 12(13), 1–14. https://doi.org/doi:10.3390/su12135343
Hashim, K. F., & Tan, F. B. (2018). Examining the determinant factors of perceived online community usefulness using the expectancy value model. Journal of Systems and Information Technology, 20(2), 152–167. https://doi.org/10.1108/JSIT-11-2016-0068
Hemsley, J., & Mason, R. M. (2013). Knowledge and knowledge management in the social media age. Journal of Organizational Computing and Electronic Commerce, 23(1), 138–167. https://doi.org/10.1080/10919392.2013.748614
Hooper, D., Coughlan, J., & Mullen, M. (2008). Structural equation modelling: Guidelines for determining model fit. The Electronic Journal of Business Research, 6(1), 53 – 60.
Hsu, C. P. (2015). Effects of social capital on online knowledge sharing: Positive and negative perspectives. Online Information Review, 39(4), 466–484. https://doi.org/10.1108/OIR-12-2014-0314
Hsu, M., Ju, T. L., Yen, C., & Chang, C. (2007). Knowledge sharing behavior in virtual communities: The relationship between trust , self-efficacy , and outcome expectations. International Journal of Human-Computer Studies, 65, 153–169. https://doi.org/10.1016/j.ijhcs.2006.09.003
Kurdi, O. F. Al, El-haddadeh, R., & Eldabi, T. (2018). Knowledge sharing in higher education institutions: A systematic review. Journal of Enterprise Information Management, 31(2), 226–246. https://doi.org/10.1108/JEIM-09-2017-0129
Llopis-Córcoles, O. (2011). Understanding knowledge sharing in organizations: Further questions of research through a social cognitive perspective. Retrieved from https://ideas.repec.org/p/ing/wpaper/201101.html
Lu, L., Leung, K., & Koch, P. T. (2006). Managerial knowledge sharing: The role of individual, interpersonal, and organizational factors. Management and Organization Review, 2(1), 15–41. https://doi.org/10.1111/j.1740-8784.2006.00029.x
Ma, W. W. K., & Yuen, A. H. K. (2011). Gender differences of knowledge sharing in online learning environment. Conference: Hybrid Learning - 4th International Conference, ICHL 2011. Hongkong. https://doi.org/10.1007/978-3-642-22763-9_11
Mohajan, H. K. (2019). Knowledge sharing among employees in organizations. Journal of Economic Development, Environment and People, 8(1). https://doi.org/10.26458/jedep.v8i1.612
Naidu, S. (2006). E-Learning: A guidebook of principles procedures and Ppractices. New Delhi: Commonwealth Educational Media Center for Asia.
Nasruddin, R., & Haq, I. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ) dan masyarakat berpenghasilan rendah. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7(7), 639–648. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i7.15569
Noorderhaven, N., & Harzing, A. W. (2009). Knowledge-sharing and social interaction within MNEs. Journal of International Business Studies, 40(5), 719–741. https://doi.org/10.1057/jibs.2008.106
Osman, S., Kamal, S. N. M., Ali, M. N., Munirah, J., Noor, M., Asyraf, M., & Othman, R. (2015). Mechanisms of knowledge sharing among undergraduate students in UiTM Johor. Procedia Economics and Finance, 31, 903–908. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(15)01189-2
Sonata, F. (2019). Analisis survei faktor-faktor knowledge sharing dengan teknis Focus Group Discussion (FGD) di STIKOM Medan. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 6(1), 29–40.
Triana, A., Utami, H. N., & Ruhana, I. (2016). Pengaruh komunikasi organisasi terhadap knowledge sharing dan kinerja karyawan (Studi pada karyawan Hotel Gajah Mada Graha Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 35(2), 86–93.
Wang, S., & Noe, R. A. (2010). Knowledge sharing: A review and directions for future research. Human Resource Management Review, 20(2), 115–131.
Widuri, N. R. (2018). Implementasi knowledge sharing (berbagi pengetahuan) di kalangan pustakawan. Jurnal Pustaka Ilmiah, 4(2), 659–667.
DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v6i2.32241
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:
Jurnal Manajemen Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University
Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia
Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)
Fax: +62227794122
Email: jurnalmankomunpad@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by: