Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce

Putri Trulline

Abstract


Pada krisis yang terjadi tahun 1998 para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tidak terdampak secara signifikan bahkan menjadi penopang dalam menjaga kestabilan ekonomi nasional. Akan tetapi, pada masa pandemi Covid-19 semua sektor merasakan gejolak tidak terkecuali para pelaku UMKM yang justru paling merasakan dampaknya. Kehadiran media sosial dan e-commerce tentu dapat membantu para pelaku UMKM untuk dapat tetap bertahan dan memasarkan produknya di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana para pelaku UMKM memanfaatkan media sosial dan e-commerce dalam memasarkan produknya di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi, focus group discussion dan studi literatur, key informant dalam penelitian ini ialah pelaku UMKM bidang kuliner di beberapa kota di Jawa Barat, account executive Gojek dan akademisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pelaku UMKM bidang kuliner sudah mulai menggunakan media sosial seperti instagram dan e-commerce seperti Gofood dan GrabFood untuk memasarkan produknya, beberapa pelaku UMKM bahkan sudah sangat menguasai berbagai fitur yang ada di sosial media seperti Instagram yang diperuntukan untuk bisnis, sumberdaya yang dimiliki pelaku UMKM menjadi salah satu faktor yang menentukan bagaiman media sosial dan e-commerce ini dapat di kelola dengan baik yang berimplikasi pada kemungkinan terjadinya kenaikan omset, pengelolaan media sosial dan e-commerce yang baik pun diakui oleh para pelaku UMKM dapat mengingkatkan omset penjualan di tengah pandemi covid-19 yang terjadi saat ini. 


Keywords


Media sosial; e-commerce; Instagram; UMKM; Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Batubara, A., & Hidayat, R. (2016). Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi terhadap Tingkat Penjualan Tiket pada PSA Mihin Lanka Airlines. Jurnal Ilman, 4(1), 33–46.

Boyd, H. W. (2000). Manajemen Pemasaran “suatu pendekatan strategis dengan orientasi global.” Erlangga.

Consulting, B. (2020). What Nation Brands must do to tackle Covid-19. Bloom Consulting Journal. https://www.bloom-consulting.com/journal/what-nation-brands-must-do-to-tackle-covid-19/

Creswell, J. W. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five traditions (p. 14). SAGE Publications, Inc.

Cummins, J. (1991). Promosi Penjualan. Binarupa Aksara.

Diez-Martin, F., Blanco-Gonzalez, A., & Prado-Roman, C. (2019). Research challenges in digital marketing: Sustainability. Sustainability (Switzerland), 11(10). https://doi.org/10.3390/su11102839

Dirgantara, H. B., & Sambodo, A. T. (2015). Penerapan model importance performance analysis dalam studi kasus: analisis kepuasan konsumen bhinneka.com. Jurnal Sains Dan Teknologi Kalbis Scientia, 2(1), 52–62. http://research.kalbis.ac.id/Research/Files/Article/Full/canwl8mbtpovl4niqwgnia6h1.pdf

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Debby Arisandi Halaman 61 dari 76 JMD. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 61–76.

Fill, C. (1995). Marketing Communications, Framework, Theories, Applications. Prentice Hall.

Harnani, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Bdkjakarta.Kemenenag.Go.Id. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19

Jabarprov.go.id. (2020). UMKM-Bakal-Jadi-Andalan-Pertumbuhan-Ekonomi-di-Era-AKB. Jabarprov.Go.Id.

Kannan, P. K., & Li, H. “Alice.” (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2016.11.006

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Kotler, P. (2014). Manajemen Pemasaran Edisi Bahasa Indonesia jilid satu. Prentice Hall.

Kurnia, S., Choudrie, J., Mahbubur, R. M., & Alzougool, B. (2015). E-commerce technology adoption: A Malaysian grocery SME retail sector study. Journal of Business Research, 68(9), 1906–1918. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2014.12.010

Nguyen, H., & Pham, T. (2020). Is COVID-19 an opportunity to strengthen online teaching?

Nurpratama, M. (2020). Penerapan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah (Umkm) Di Kelurahan Karangmalang Indramayu. Jurnal Investasi, 6(2).

Prameswari, N. S., Suharto, M., & Afatara, N. (2017). Developing E-Commerce for Micro Small Medium Enterprise (MSME) to Cope with Cultural Transformation of Online Shopping. Jurnal Dinamika Manajemen, 8(2), 188–198. https://doi.org/10.15294/jdm.v8i2.12759

Rahadi, D. R. (2017). Perilaku Pengguna Dan Informasi Hoax Di Media Sosial. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 58–70. https://doi.org/10.26905/jmdk.v5i1.1342

Santoso, R. (2020). Review of Digital Marketing & Business Sustainability of E-Commerce During Pandemic Covid19 In Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan, 5(2), 36–48.

Satyo, F. (2009). Intellectual Capital. Gramedia Pustaka Utama.

Schiffman & Kanuk. (2004). Perilaku Konsumen (edisi 7). Prentice Hall.

Shintarani, E. D. (2018). Pengaruh Promosi Produk Seafoodking terhadap Brand Awareness Produk. Nyimak (Journal of Communication), 1(2), 209–220. https://doi.org/10.31000/nyimak.v1i2.484

Soei, C. N., & Abijono, H. (2014). Penentuan Harga Jual Produk Dengan Menggunakan Metode Cost Plus Pricing Pada Ud. Sinar Sakti. Jurnal EMBA, 2(3), 208–217.

Soetjipto, N. (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi COVID-19. K-Media.

Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 19(1), 76–86. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v19i1.575

Supriyono. (2020). Media Sosial Sebagai Alat Promosi Yang Efektif Bagi Usaha Rintisan di Era Normal Baru. Prosiding Seminar Stiami, 21(1), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101607%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034%0Ahttps://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/cjag.12228%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ssci.2020.104773%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jinf.2020.04.011%0Ahttps://doi.o

Swastha, B. (2002). Manajemen Pemasaran. Liberty.

Tjiptono. (2002). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Jurusan Bisnis Angkatan 2010-2012 Fakultas Ilmu Administrasi Pengguna Indosat di Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 9(2), 222.

Toubia, O., & Stephen, A. T. (2013). Intrinsic vs. image-related utility in social media: Why do people contribute content to Twitter? Marketing Science, 32(3), 368–392. https://doi.org/10.1287/mksc.2013.0773

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, April 2015, 327–337.




DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:

  

Jurnal Manajemen Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Padjadjaran

Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University

Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia

Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)

Fax: +62227794122

Email: jurnalmankomunpad@gmail.com


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by:

 


View My Stats