FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS INFORMASI PELAYANAN BIDANG AKADEMIK KEPADA MAHASISWA

Sutanto Prasetyo Angkoso, Andre N Rahmanto, Yulius Slamet Slamet

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh akurasi, ketepatan waktu, kelengkapan dan format pada kualitas layanan informasi akademik pada siswa SMA Multimeda Yogyakarta.Populasi penelitian adalah semua siswa yang menerima layanan dalam urusan akademik di Multimedia High School of Yogyakarta.Prosedur sampel adalah Simple Random Sampling yang menghasilkan 106 responden.Metode penelitian adalah penelitian eksplanatori dengan studi publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keakuratan, ketepatan waktu, kelengkapan dan format memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas layanan informasi akademik dengan kontribusi sebesar 38,5%. Faktor yang paling dominan mempengaruhi kualitas layanan informasi akademik adalah faktor akurasi.

 


Keywords


keakuratan informasi; ketepatan waktu; kelengkapan informasi; format informasi; kualitas layanan informasi akademik

Full Text:

PDF

References


Sadat, 2000, Analisis Hubungan Kinerja Jasa Perguruan Tinggi terhadap Kepuasan Mahasiswa: Studi Kasus Universitas Indonesia, Tesis, Jakarta: Pascasarjana Universitas Indonesia, hlm. 1

Asih, Daru, 2012, Analisis Faktor Kualitas Layanan Administrasi Akademik dalam Memberikan Kepuasam Kepada Mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas-Mercu-Buana-Jakarta.

Jurnal http://eprints.unisbank.ac.id/189/1/artikel-25.pdf

Delone, W.H. & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success: a ten-year update. Journal of Management Information Systems 19(4), 9–30.

Kadir, Abdul. 2003, Pengenalan Sistem Informasi, Yogyakarta: Andi, hlm. 35

Amsyah, Zulkifli. 2001, Manajemen Sistem Informasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Singarimbun dan Effendy, 1995, Metode Penelitian Survey, Jakarta, LP3ES, hlm. 65

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, hlm. 47, 52, 103

Sudarmadi, 2010, Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi. Tesis. Universitas Sebelas Maret Surakarta Amesti Aditya (2014)

Makhbub Zunaedi, 2011, Analisis Pengaruh Akurasi, Ketepatan Waktu Dan Relevansi Informasi Terhadap Kepuasan Pemakai Sistem Informasi Atemis On Web Di Pt.Telkom Msc Area IV Jawa Tengah Dan DIY. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2011 (Semantik 2011) ISBN 979-26-0255-0.

As Syifa, 2014, Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah (Sakd), Pemanfaatan Teknologi Informasi, Dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Empiris Pada SKPD Kota Depok). Jurnal: Universitas Diponegoro Semarang.

Little john, Stephen W & Karen A. Foss, 2011, Theories of Human Communication, tenth edition, Waveland Press, Inc, USA : hlm.51-52

Gita Gowinda Kirana, 2010, Analisis Perilaku Penerimaan WajibPajak Terhadap Penggunaan E-Filling. Jurnal: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang




DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v1i2.9563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:

  

Jurnal Manajemen Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Padjadjaran

Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University

Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia

Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)

Fax: +62227794122

Email: jurnalmankomunpad@gmail.com


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by:

 


View My Stats