Field Experience : Manajemen Strategis pada Proses Manajemen Keperawatan
Abstract
Pelayanan keperawatan merupakan pelayanan profesional sebagai bagian integral dari pelayanan kesehatan. Kualitas pelayanan mengacu pada sejauh mana layanan kesehatan dapat meningkat dan konsisten sesuai perkembangan pengetahuan profesional. Layanan kesehatan sesuai dengan alur pelayanan meliputi pre-admission, chec in process, stay, discharge and post-stay experience. Kajian ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pasien (patient satisfaction) dan kualitas hidup pasien (quality of life). Metode pengumpulan data observasi menggunakan instrumen kualitas pelayanan, indepth interview dengan nara sumber, observasi langsung ke lapangan terkait proses keperawatan, dan telaah dokumen di ruang rawat inap, poliklinik dan IGD. hasil SWOT analisis diperoleh prioritas perbaikan analisis situasi melalui kegiatan In House Training (IHT) SP2KP Dan Role Play Teknik Komunikasi SBAR dan TBAK dengan hasil tingkat Pengetahuan dari 57 % naik menjadi 69 %. Terdapat 2 ruang model SP2KP adalah ruang Marjan Bawah dan Agate Atas. Kajian situasional diperoleh data-data yang mendukung terhadap proses pelayanan kesehatan malalui alur pasien dari mulai pasien masuk hingga keluar meliputi kualitas pelayanan pasien berdasarkan peran dan fungsi keperawatan. Berfokus pada pilar tata kelola klinis sistem penjaminan mutu dan audit klinis serta staffing dan pengembangan profesional (CPD). Perencanaan perbaikan strategis berdasarkan prioritas rawat inap RSUD dr. Slamet Garut yang berfokus pada quality improvement meliputi 5M man, material, money, method dan machine. Beberapa rangkaian kegiatan yang kami rencanakan dalam mendukung intervensi dan implementasi berdasarkan kajian situasi yang telah dilakukan. Berdasarkan plan of action intervensi dilakukan terhadap peningkatan man melalui knowledge, skill dan attitude.
Kata Kunci : Kualitas pelayanan (service quality), pilar tata kelola klinis, quality improvement, SP2KP.
Full Text:
pdf (Bahasa Indonesia)References
Simamora, R. (2013). Buku ajar manajemen keperawatan. Jakarta: EGC.
Tussaleha. (2014). Hubungan penerapan metode tim dengan kinerja perawat pelaksana di ruang rawat inap interne di RSUD Daya Kota Makassar.
Marquis, B.L & Huston C.J. (2013). Kepemimpinan dan manajemen keperawatan. Alih bahasa Widyawati, dkk. Jakarta: EGC.
Kuntoro, A. (2010). Buku ajar manajemen keperawatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Arwani & Supriyatno (2006). Manajemen bangsal keperawatan. (Cetakan Pertama). Jakarta: EGC.
Swanburg, Russel C. (2000). Pengantar kepemimpinan dan manajemen keperawatan untuk perawat klinis. Alih bahasa Samba S, Dkk. Jakarta: EGC.
Sitorus, Ratna. (2006). Model Praktik Keperawatan Profesional di Rumah Sakit : Penataan Struktur & Proses (sistem) Pemberian Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat. Jakarta : EGC.
Sitorus & Panjaitan. (2011). Manajemen keperawatan: manajemen keperawatan di ruang rawat. Jakarta: EGC.
Sumijatun. (2010). Konsep dasar menuju keperawatan profesional. Jakarta: TIM
Huber, D. (2010). Leadership and nursing care management (4rd ed). USA.
Kusnanto. (2004). Pengantar Profesi dan Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: EGC.
Rusmianingsih, (2012). Hubungan penerapan metode pemberian asuhan keperawatan dengan kepuasan kerja di instalasi rawat inap Rumah Sakit Umum Kabupaten Tanggerang tahun 2012. Tesis. Program Studi S2 Ilmu Keperawatan UI Depok.
Asih & Pratiwi. (2010). Perilaku prososial ditinjau dari empati dan kematangan emosi. Jurnal Psikologi, 1(1).
DOI: https://doi.org/10.24198/mkk.v2i2.22765
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL INI TERINDEKS DI:









Penerbit :
Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
Jalan Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: 085317736810
Tlp. 022-7795596
Email: info.mkk.keperawatan@unpad.ac.id
Email: novita.trivita@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License