Penguatan Desa Tangguh Bencana melalui Optimalisasi Pemuda pada Penanganan Triase Kuning Menggunakan Metode Andragogi Pra Bencana
Abstract
Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membangun desa tangguh bencana dan budaya keselamatan masyarakat terhadap resiko bencana adalah penanganan bencana berbasis masyarakat melalui peningkatan kapasitas kemampuan pemuda dalam penanganan bencana. Tujuan pengabdian kepada masyarakat melalui pendidikan dan pelatihan (diklat) ini adalah mengidentifikasi perubahan perilaku dan perubahan kemampuan pemuda dalam penanganan triase kuning pada korban bencana dengan metode andragogi pra bencana. Metode pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan pendekatan diklat dengan metode andragogi (pembelajaran orang dewasa yang menumbuhkan motivasi untuk bertanya dan belajar secara berkelanjutan). Rancangan diklat ini meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Partisipan yang mengikuti diklat adalah semua pemuda yang hadir dan mengikuti rangkaian proses diklat yang dipilih dengan total sampling yang berjumlah 27 responden. Teknik analisis menggunakan Wilcoxon Ranks Test dengan derajat signifikansi 95%. Hasil pengabdian kepada masyarakat melalui diklat menunjukkan bahwa kegiatan berjalan sesuai dengan perencanaan dan berjalan lancar, pemuda memahami permasalahan yang dihadapi berkaitan resiko bencana, adanya kesungguhan dan disiplin yang tinggi dalam mengikuti diklat, pre-test kemampuan penanganan pada triase kuning sebagian besar kategori tidak mampu sebesar 44.5% (mean 4.07, standar deviasi 3.13, nilai minimum 1 dan maksimum 14) dan setelah diklat sebagian besar kategori mampu sebesar 59.3% (mean 18.48, standar deviasi 5.99, nilai minimum 6 dan maksimum 25). Ada peningkatan kemampuan pemuda dalam penanganan triase kuning dengan metode andragogi pra bencana (P=0.00<0.005) dengan rerata sebesar 13.00.
Kata kunci: Metode andragogy, pendidikan dan pelatihan, penanganan triase kuning, pemuda.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Angeline N, Anbazhagan S, Surekha A, Joseph S, Kiran PR. (2017). Health impact of chennai floods 2015: Observations in a medical relief camp. Int J Health Syst Disaster Manage, 5:46 8.
Ashraf, M.A., Azad, M.A.K., 2015. Gender Issues in Disaster: Understanding the Relationships of Vulnerability, Preparedness and Capacity. Environ. Ecol. Res. 3, 136–142. https://doi.org/10.13189/eer.2015.030504.
Astuti, E.Y. (2016). Pengembangan Model Andragogi Untuk Di Dusun Semoya Tegaltirto Berbah Sleman Oleh : Endah Yuli Astanti. TESIS Diajukan Kepada Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga untuk Memenuhi Salah Satu Syarat guna Memperoleh Gelar Magister dalam Ilmu Agama Islam Program Stud.
BNPB. (2016). Risiko bencana indonesia.
Cvetković, V.M., Roder, G., Öcal, A., Tarolli, P., Dragićević, S. (2018). The role of gender in preparedness and response behaviors towards flood risk in Serbia. Int. J. Environ. Res. Public Health 15. https://doi.org/10.3390/ijerph15122761.
Hiryanto, Hiryanto. (2009). "Optimalisasi Penerapan Konsep Andragogi dalam Pendidikan dan Latihan Aparatur Pemerintah sebagai Upaya Peningkatan Mutu Lulusan." Visi, 4(2). doi:10.21009/JIV.0402.5.
Ibrahim, K., Emaliyawati, E., Yani, D. I., & Nursiswati, N. (2020). Pelatihan dan Simulasi Penanggulangan Bencana Bagi Masyarakat. Media Karya Kesehatan, 3(1). http://dx.doi.org/10.24198/mkk.v3i1.23991.
Ikbal, R.N., Sari, R.P. (2018). Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi Pada Siswa SMPN Padang. Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(2), 40–46.
Juanita, F., Suratmi, S., Maghfiroh, I.L. (2018). The Effectiveness of Basic Training on Disaster Management Pilot Program for Disaster Preparedness in Community. Indones. Nurs. J. Educ. Clin. 2, 126. https://doi.org/10.24990/injec.v2i2.157.
Khorram-Manesh, A. (2017). Youth Are Our Future Assets in Emergency and Disaster Management. Bull. Emerg. trauma 5, 1–3.
Naser, W.N., Saleem, H.B. (2018). Emergency and disaster management training; knowledge and attitude of Yemeni health professionals- a cross-sectional study. BMC Emerg. Med, 18. https://doi.org/10.1186/s12873-018-0174-5.
Parra Cotanda, C., Rebordosa Martínez, M., Trenchs Sainz de la Maza, V., Luaces Cubells, C. (2016). Impact of a disaster preparedness training programme on health staff. An. Pediatría English Ed. 85, 149–154. https://doi.org/10.1016/j.anpede.2015.07.040.
Sujarwo. (2007). Strategi Pembelajaran Partisipatif Bagi Belajar Orang Dewasa. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 2, 1–10.
DOI: https://doi.org/10.24198/mkk.v3i1.25924
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL INI TERINDEKS DI:







Penerbit :
Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
Jalan Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: 085317736810
Tlp. 022-7795596
Email: info.mkk.keperawatan@unpad.ac.id
Email: novita.trivita@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


