Metode Daring dengan Flatform Zoom Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Tentang Selfcare Pada Pasien Covid-19 selama ISOMAN
Abstract
Pasien COVID-19 dengan gejala ringan hingga sedang menjalani isolasi mandiri sesuai dengan kebijakan terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah karena keterbatasan ruang perawatan. Pendidikan kesehatan tentang perawatan pasien COVID-19 selama menjalani isolasi mandiri (ISOMAN), menjadi sangat penting untuk mendukung keberhasilan ISOMAN pasien Covid 19. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan tentang self care pada pasien COVID-19 selama menjalani isolasi mandiri dirumah. Sasaran kegiatan adalah seluruh masyarakat terutama pasien COVID-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri dirumah. Jumlah partisipan yang terlibat sebanyak 74 peserta. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diawali dengan pretest, pemaparan materi, sesi diskusi dan tanya jawab dengan menggunakan aplikasi zoom, kemudian diakhiri dengan mengisi post test. Data univariat dan bivariat dianalisis dengan menggunakan uji t test berpasangan. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan rata-rata responden secara signifikan pretest 42.77 dan post test 83,24 dengan signifikansi 0,00. Hal ini menujukkan bahwa penggunaan metode daring dapat meningkatkan pengetahuan responden terkait topik pendidikan kesehatan yang telah diberikan. Kesimpulan pelaksanaan pendidikan kesehatan dengan medode daring dapat meningkatkan pengetahuan responden tentang self care pada pasien Covid-19 selama isolasi mandiri. Diharapkan pelaksanaan pendidikan kesehatan dengan metode ini dapat dilakukan untuk memberikan informasi bagi pasien COVID-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri.
Kata kunci: Covid-19, isolasi mandiri, pendidikan kesehatan, tingkat pengetahuan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Budiman dan Riyanto, A. (2014). Kapita Selekta Kuisioner Pengetahuan dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.
CDC. (2021). Quarantine Guidance for COVID-19. Cdc, 1–5. www.health.state.mn.us/diseases/coronavirus/cases.html
Demartoto, A., Sunesti, Y., Haryono, B., & Mundayat, A. A. (2020). Life Story of Patient With Supervision’S Fighting Against Covid-19 in Surakarta Indonesia. Jurnal Analisa Sosiologi, 9(2), 423–435. https://doi.org/10.20961/jas.v9i2.44436
Depkes RI. (2009). Kategori Umur Menurut Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Diakses melalui : https://yhantiaritra.wordpress.com/2015/06/03/kategori-umur-menurut-depkes/
Dewi, R., Janitra, P. A., & Aristi, N. (2018). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Informasi Kesehatan Bagi Masyarakat. Media Karya Kesehatan, 1(2), 162–172. https://doi.org/10.24198/mkk.v1i2.18721.
Gilbert, M., Pullano, G., Pinotti, F., Valdano, E., Poletto, C., Boëlle, P.-Y., Yazdanpanah, Y., Paul Eholie, S., Altmann, M., Gutierrez, B., G Kraemer, M. U., & Colizza, V. (2020). Preparedness and Vulnerability of African Countries Against Importations of COVID-19: A Modelling Study. Www.Thelancet.Com, 395. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30411-6
Kemenkes. (2020). Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disesase (Covid-19) (5th ed.). Kementerian Kesehatan RI & Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P). https://infeksiemerging.kemkes.go.id/download/REV-05_Pedoman_P2_COVID-19_13_Juli_2020_1.pdf
Notoatmodjo, S. (2013). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. CV. Saurnu Untung.
Prompetchara, Eakachai, Ketloy, Chutitorn Palaga, T. (2020). Allergy and Immunology Immune Responses in COVID-19 and Potential Vaccines: Lessons Learned from SARS and MERS Epidemic. https://doi.org/10.12932/AP-200220-0772
RSCM. (2021). Buku Saku Tanya Jawab Mengenal Kesatria Isoman & Isoman-Tau (1st ed., Vol. 1). Jakarta : RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Sahoo, S., Mehra, A., Suri, V., Malhotra, P., Yaddanapudi, L. N., Dutt Puri, G., & Grover, S. (2020). Lived Experiences of the Corona Survivors (Patients Admitted in COVID Wards): A Narrative Real-Life Documented Summaries of Internalized Guilt, Shame, Stigma, Anger. Asian Journal of Psychiatry, 53(May), 102187. https://doi.org/10.1016/j.ajp.2020.102187
Satgas COVID-19 FK UNAIR. (2021). Buku Saku Pasca Sembuh Covid. Universitas Airlangga, Surabaya, 18.
Spiteri, G., Fielding, J., Diercke, M., Campese, C., Enouf, V., Gaymard, A., Bella, A., Sognamiglio, P., Moros, M. J. S., Riutort, A. N., Demina, Y. V., Mahieu, R., Broas, M., Bengnér, M., Buda, S., Schilling, J., Filleul, L., Lepoutre, A., Saura, C., … Ciancio, B. C. (2020). First Cases of Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) in the WHO European Region, 24 January to 21 February 2020. The COVID-19 Reader, 2019(February), 95–104. https://doi.org/10.4324/9781003141402-11
Sumantri, A., Anggraeni, andrian ari, Rahmawati, A., Wahyudin, A., & asep hermaawan. (2020). Booklet Pembelajaran Daring. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI, 53(9), 1689–1699.
WHO. (2020). Home Care For Patients With Suspected or Confirmed COVID-19 and Management of Their Contacts. World Health Organization, August, 1–9. https://www.who.int/publications-detail/home-care-for-patients-with-suspected-novel-coronavirus-(ncov)-infection-presenting-with-mild-symptoms-and-management-of-contacts
Wu, Y. C., Chen, C. S., & Chan, Y. J. (2020). The Outbreak of COVID-19: An Overview. Journal of the Chinese Medical Association, 83(3), 217–220. https://doi.org/10.1097/JCMA.0000000000000270
DOI: https://doi.org/10.24198/mkk.v5i1.34988
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL INI TERINDEKS DI:









Penerbit :
Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
Jalan Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: 085317736810
Tlp. 022-7795596
Email: info.mkk.keperawatan@unpad.ac.id
Email: novita.trivita@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License