Gelombang Pop Culture Tik-Tok: Studi Kasus Amerika Serikat, Jepang, India dan Indonesia

Elisa Kusumawardhani, Deasy Silvya Sari

Abstrak


Artikel ini membahas TikTok sebagai gelombang pop culture global, dengan studi kasus pada negara Amerika Serikat, Jepang, India dan Indonesia. TikTok merupakan budaya populer yang tidak berasal dari Barat tetapi mampu berkembang dan menyebar ke seluruh dunia dan diterima oleh masyarakat. Bahkan, TikTok berkembang pesat di Amerika Serikat, yangmana Amerika Serikat sering dianggap sebagai sumber dari budaya populer. Penulis menggunakan konsep budaya, pop culture dan globalisasi, serta studi literatur untuk mengkaji gelombang pop culture TikTok. Penulis menemukan bahwa dari sisi aplikasi, TikTok mampu bersaing dengan aplikasi twitter, Instagram, facebook, linkedIn, dll. TikTok mampu beradaptasi dengan pasar domestik dari sisi konten dan budaya karena memiliki tim lokal dalam pengembangan konten khusus. TikTok sering menghadapi tantangan sehingga dianggap aplikasi yang buruk dari sisi budaya yang tidak sesuai konteks lokal ataupun dianggap memiliki tendensi politis. Namun, TikTok senantiasa memperbaiki dalam menghadapi isu-isu tersebut.


Kata Kunci


budaya populer; globalisasi; TikTok

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Austin, G. (2020, Januari 20). Can there be any winners in the US–China ‘tech war’? Retrieved from International Institute for Strategic Studies: https://www.iiss.org/blogs/analysis/2020/01/csfc-any-winners-in-the-us-china-tech-war

BBC. (2018, Juli 18). Kenapa aplikasi TikTok diblokir pemerintah? Diambil dari BBC Indonesia: https://www.bbc.com/indonesia/trensosial-44693331

Bloomberg. (2019, Desember 5). A TikTok craze is minting celebrities and ruining lives in India. Diambil dari The Japan Times: https://www.japantimes.co.jp/news/2019/12/05/business/tech/tiktok-craze-minting-celebrities-ruining-lives-india/#.XtsKMDoza00

Bose, N. (2020, Maret 5). U.S. senator moots ban on TikTok for federal workers, citing Chinese government ties. Diambil dari Reuters: https://www.reuters.com/article/us-usa-china-TikTok/us-senator-wants-to-ban- tiktok-for-federal-workers-citing-chinese-government-ties-idUSKBN20R32K

Daniel. (2020, Februari 12). What is TikTok? Why Is It So Popular? Diambil dari Brandastic: https://brandastic.com/blog/what-is-tiktok-and-why-is-it-so-popular/

Einbinder, M. (2013). Cultural Diplomacy: Harmonizing International Relations through Music. New York: Gallatin School of Individualized Studies New York University.

Fannin, R. (2019, September 13). The Strategy Behind TikTok’s Global Rise. Diambil dari Harvard Business Review: https://hbr.org/2019/09/the-strategy-behind-tiktoks-global-rise

Globalization101. (2020). Culture and Globalization. Diambil dari Globalization101: https://www.globalization101.org/uploads/File/Culture/cultall.pdf

Grenz, S. J. (2004). (Pop) Culture: Playground of the Spirit or Diabolical Device? Cultural Encounters: A Journal for the Theology of Culture, 1-29.

Influencer-MarketingHub. (2020, Mei 14). The Incredible Rise of TikTok – [TikTok Growth Visualization]. Diambil dari Influencer Marketing Hub: https://influencermarketinghub.com/tiktok-growth/

Kawanabe, R. (2019, April 25). Insight Behind TikTok’s Rapid Growth in Japan. Diambil dari Btrax: https://blog.btrax.com/tiktok-rapid-growth-in-japan/

Knick, S. (2011, 25 Mei). “Traditional Culture and Modern Culture: Man’s Fall From Grace”. Diambil dari Huffpost: https://www.huffpost.com/entry/traditional-culture-and-m_b_655992

Kominfo. (2018, Juli 4). Ini Penyebab Kominfo Putuskan Blokir TikTok. Diambil dari Kominfo RI: https://kominfo.go.id/content/detail/13331/ini-penyebab-kominfo-putuskan-blokir-TikTok/0/sorotan_media

Kumparan. (2018, Juli 11). 9 Alasan Kominfo Cabut Blokir Aplikasi TikTok. Diambil dari Kumparan: https://kumparan.com/kumparantech/9-alasan-kominfo-cabut-blokir-aplikasi-TikTok-27431110790542882/full

Kumparan. (2020, Februari 19). Ini Asal Muasal TikTok yang Kini Mendunia. Diambil dari Kumparan: https://kumparan.com/berita-hari-ini/ini-asal-muasal-tiktok-yang-kini-mendunia-1ss18QadAEN

Li, & Karakowsky. (2001). Do We See Eye-to-Eye? Implications of Cultural Differences for Cross-Cultural Management Research and Practice. The Journal of Psychology, 135(5), 501-517.

Majie, Z. (2002). “the Role of Soft Power in International Relations”. In Y. Xintian, Cultural Impact on International Relations. Washington DC: the Council for Research in Values and Philosophy.

Majie, Z. (2002). Contemporary Culture and International Relations. In Y. Xiantian, Cultural Impact on International Relations (pp. 23-38). Washington DC: The Council for Research in Values and Philosophy,.

Mitter, S. (2019, Juli 8). The rise and rise of TikTok: how a Chinese video creation app democratised content in India. Diambil dari Your Story: https://yourstory.com/2019/07/china-startup-bytedance-tiktok-content-india

Mitter, S. (2020, Mei 19). TikTok's app rating falls dramatically after Indians call for ban; outrage over content. Diambil dari Your Story: https://yourstory.com/2020/05/tiktok-app-store-rating-falls-indians-ban-outrage-content

Mohsin, M. (2020, Februari 19). 10 TikTok Statistics That You Need to Know in 2020. Diambil dari Oberlo: https://id.oberlo.com/blog/tiktok-statistics

Putri, A. R. (2018, Oktober 29). Perusahaan Aplikasi TikTok Jadi Startup Paling Bernilai di Dunia. Diambil dari Kumparan: https://kumparan.com/kumparantech/perusahaan-aplikasi-TikTok-jadi-startup-paling-bernilai-di-dunia-1540813315316914553

Rizkia, C. (2019, Oktober 6). Mengulas Perjalanan TikTok Selama Dua Tahun di Indonesia. Diambil dari Technologue.id: https://technologue.id/mengulas-perjalanan-tiktok-selama-dua-tahun-di-indonesia/amp/

Roumeliotis, G., Yang, Y., Wang, E., & Alper, A. (2019, November 1). Exclusive: U.S. opens national security investigation into TikTok - sources. Diambil dari Reuters: https://www.reuters.com/article/us-tiktok-cfius-exclusive/exclusive-u-s-opens-national-security-investigation-into-tiktok-sources-idUSKBN1XB4IL

Scholte, J. A. (2000). The Globalization of World Politics. In J. Baylis, & S. Smith, The Globalization of World Politics. Oxford: Oxford University Press.

Shenshen, Z. (2018, Agustus 20). TikTok posts rapid growth in number of users in Japan. Diambil dari Shine: https://www.shine.cn/biz/company/1808200762/

Tewari, S. (2020, Januari 31). TikTok emerges as India’s breakout app in 2019: Report. Diambil dari LiveMint: https://www.livemint.com/companies/news/tiktok-emerges-as-india-s-breakout-app-in-2019-report-11580472895710.html

VoA. (2020, Maret 5). China's TikTok Keeps Growing Among US Youth. Diambil dari VoA News: https://www.voanews.com/student-union/chinas-tiktok-keeps-growing-among-us-youth

Warta-Ekonomi. (2020, Januari 2). Tentara AS Dilarang Gunakan TikTok, Kenapa Ya? Diambil dari Warta Ekonomi: https://www.wartaekonomi.co.id/read264557/tentara-as-dilarang-gunakan-tiktok-kenapa-ya/2

Xintian, Y. (2004). Cultural Factors in International Relations. Shanghai: Shanghai Institute of International Studies.




DOI: https://doi.org/10.24198/padjir.v3i1.27758

Padjadjaran Journal of International Relations Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)