Diplomasi Budaya Korea Selatan Melalui Grup Idola K-Pop Terhadap Publik Indonesia Pada Tahun 2020-2022

Annisa Rahmadhani Angesti, Chandra Purnama

Abstrak


Indonesia merupakan salah satu mitra penting bagi Korea Selatan, khususnya dalam melaksanakan diplomasi budaya dengan Korean Wave sebagai sumber daya budaya utamanya. Korean Wave telah menjadi hal yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Pemerintah Korea Selatan pun sangat suportif dalam mendorong perkembangan Korean Wave, khususnya K- Pop melalui grup-grup idola K-Pop untuk terus menyebarkan citra positif bagi negaranya di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami upaya diplomasi budaya Korea Selatan yang dilakukan oleh yang dilakukan oleh grup idola K-Pop. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan konsep diplomasi budaya, dan teori diplomasi budaya dengan tiga strategi diplomasi budaya (koneksi, konsistensi, dan inovasi) yang dikemukakan oleh Patricia Goff, serta menggunakan teknik pengumpulan data, antara lain ialah penelitian berbasis internet, penelitian berbasis dokumen resmi, serta wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan diplomasi budaya Korea Selatan di Indonesia terus berjalan secara konsisten. Koneksi kebudayaan diantara kedua negara yang terjalin sejak tahun 2000 semakin erat dari tahun ke tahun. Hal ini juga didukung dengan keseriusan dan kegigihan para aktor diplomat Korea Selatan yang berhasil menumbuhkan rasa saling mengerti dan perhatian dalam melaksanakan diplomasi budaya secara konsisten. Komitmen dan konsistensi para aktor diplomasi budaya Korea Selatan juga terlihat dari munculnya program inovasi, seperti menggunakan idola K-Pop dalam mempromosikan kebudayaan negaranya melalui karya-karya mereka. Selain itu, inovasi yang lain dapat dilihat saat pandemi COVID-19 melanda, Korea Selatan dapat tetap melaksanakan diplomasi budayanya dengan memanfaatkan teknologi untuk menjaga dan meningkatkan citra positif negaranya.Diplomasi Budaya Korea Selatan, Grup Idola, K-pop, Strategi Diplomasi Budaya

Kata Kunci


Diplomasi Budaya Korea Selatan; Grup Idola; K-pop; Strategi Diplomasi Budaya

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


CNBC Indonesia. (2022, Juli 28). Jangan Ketinggalan! Cara Nonton Konser BLACKPINK Lewat PUBG. Retrieved from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20220728134723-33-359336/jangan- ketinggalan-cara-nonton-konser-blackpink-lewat-pubg

Cummings, M. C. (2003). Cultural Diplomacy and the United States Government: A Survey. Washington D.C: Centre for Arts and Culture.

Fazry, M. M., Situmeang, N., & Astuti, W. R. (2022). Case Study of South Korean Cultural Diplomacy Towards Indonesia : SM Entertainment as Non-State Actor in Promoting K- Pop Culture in Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), 4374-4386.

Goff, P. M. (2013). Cultural Diplomacy. In The Oxford Handbook of Modern Diplomacy (pp. 1-19).

Oxford Handbooks Online.

Gumenyuk, T., Frotveit, M., Bondar, I., Horban, Y., & Karakoz, O. (2021). Cultural Diplomacy in Modern International Relations: The Influence of Digitalization. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 99(7), 1549-1560. doi: E-ISSN: 1817-3195

Gurgu, E., & Cociuban, A. (2016, September). New Public Diplomacy and its Effects on International Level. Journal of Economic Development, Environment and Peopl, 5(3), 46-54. doi:DOI:10.26458/jedep.v5i3.506

Gustam, R. R. (2015). Karakteristik Media Sosial dalam Membentuk Budaya Populer Korean Pop di Kalangan Komunitas Samarinda dan Balikpapan. E-Journal Ilmu Komunikasi, 3(2), 224- 242.

Hgordon. (2019, December 7). 12 K-Pop Songs That Incorporate Elements Of Traditional Korean Culture. Retrieved from Soompi: https://www.soompi.com/article/1367060wpp/12-k- pop-songs-that-incorporate-elements-of-traditional-korean-culture

Hjalmarsson, D. A. (2013). South Korea's Public Diplomacy: A Cultural Approach. Södertörn University, 1-45.

Jeong-Ju, N. (2013, February 6). Eximbank to finance 'hallyu' businesses. Retrieved from The Korean Times: http://koreatimes.co.kr/www/news/biz/2013/02/602_130133.html.

KBRI Seoul. (2023, April 11). Dubes RI Seoul Hadiri Acara Penetapan Choi Siwon sebagai Duta Promosi Korea Selatan untuk Memperingati 50 Tahun Hubungan Persahabatan Indonesia-Korea Selatan. Retrieved from Kementerian Luar Negeri RI: https://kemlu.go.id/portal/id./read/4612/berita/dubes-ri-seoul-hadiri-acara-penetapan- choi-siwon-sebagai-duta-promosi-korea-selatan-untuk-memperingati-50-tahun- hubungan-persahabatan-indonesia-korea-selatan

Lamatenggo, S. S., & Utomo, A. B. (2022). Upaya Diplomasi Budaya Korea Selatan Melalui King Sejong Institute Foundation (Ksif) Di Indonesia. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(4), 1298-1310.

Lamont, C. (2022). Research Methods in International Relations (2nd ed.). SAGE Publications Limited. Lee, J. (2021). The Process Of Becoming A K-Pop Idol. Retrieved from creatrip: https://www.creatrip.com/en/blog/11280

Mangku, D. G., & Larasari, N. N. (2022). Korean Wave's Role in Strengthening South Korea- Indonesia Diplomatic Relations. Jurnal Komunkasi Hukum, 8(2), 56-66.

Pajtinka, E. (2014). Cultural Diplomacy in the Theory and Practice of Contemporary International Relations. Politické vedy, 95-108.

Pramadya, T. P., & Oktaviani, J. (2016, June). "Hallyu" (Korean Wave) as Part of South Korea's Cultural Diplomacy and Its Impact on Cultural Hybridity in Indonesia. Dinamika Global, 1(1), 87-116.

Rossa, V. (2022, Maret 17). Belajar Bahasa Asing, Bahasa Korea Jadi yang Paling Diminati Masyarakat Indonesia. Retrieved from Suara.com: https://www.suara.com/pressrelease/2022/03/17/113019/belajar-bahasa-asing-bahasa- korea-jadi-yang-paling-diminati-masyarakat-indonesia

Sári, D. (2018). The Rise of Hallyu in Hungary: An Exploratory Study About The Motivation, Behavior, and Perception of Hungarian K-Pop Fans. Széchenyi István University. doi:10.13140/RG.2.2.26080.30728

Taehwan, K. (2012). Paradigm Shift in Diplomacy:A Conceptual Model for Korea’s “New Public Diplomacy”. The Institute of Korean Studies, 43(3), 527-555.

Yusron, A. A. (2020, Oktober 6). K-Festival 2020 Digelar Online, Ini Jadwal Lengkapnya! Retrieved from Detik: https://hot.detik.com/kpop/d-5200960/k-festival-2020-digelar-online-ini- jadwal-lengkapnya

Zahidi, M. S. (2017). Korean Community As A Cultural Diplomacy Of The Republic Of Korea In Indonesia: A Case Study On Kscc Community. Ijrdo Journal Of Social Science And Humanities Research, 2(3), 138-151.




DOI: https://doi.org/10.24198/padjir.v6i1.49284

Padjadjaran Journal of International Relations Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)