Kepuasan pasien dalam perawatan periodontal di Klinik Periodonsia Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Padjadjaran

Pupitasari Puspitasari, Agus Susanto, Indra Mustika Setia Pribadi

Abstract


Pendahuluan: kepuasan pasien terhadap pelayanan di suatu instansi kesehatan merupakan hal yang penting karena termasuk tujuan diadakannya pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien berkaitan dengan harapan dan kenyataan dalam pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien dalam perawatan periodontal di Klinik Periodontik Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Padjadjaran. Metode: Jenis penelitian deskriptif survei menggunakan kuesioner. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik incidental sampling dengan kriteria pasien yang telah atau sedang dirawat oleh residen di Klinik Periodontik Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Padjadjaran dari bulan Desember 2017-Februari 2018. Hasil: kepuasan pasien terhadap kemampuan dokter gigi sebesar 82,09%, ketersediaan alat dan bahan sebesar 80%, kemudahan untuk mendapatkan pelayanan 83,54%, keadaan ruang tunggu 71,54%, kinerja petugas selain dokter gigi 76,15%, dan pelayanan secara keseluruhan 78,67%. Hasil akhir dari perhitungan untuk seluruh indikator adalah 78,66%. Simpulan: pasien merasa puas terhadap perawatan periodontal di Klinik Periodontik Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Padjadjaran.

Kata Kunci: Kepuasan pasien, perawatan periodontal, Klinik Periodonsia


Keywords


Kepuasan pasien, perawatan periodontal, Klinik Periodonsia

Full Text:

PDF

References


Notohartojo, I., Sihombing, M. Faktor Risiko pada Penyakit Jaringan Periodontal Gigi di Indonesia (RISKESDAS 2013). Bulletin Penelitian Sistem Kesehatan, 2015 : 18(1), 87–94.

Oliver, Richard L. Satisfication : A Behavioral Perspective on the Consumer. London & New York : Routledge Taylor and Francis Group;2015.

Kitapci, O., Akdogan, C., & Dortyol, İ. T. The Impact of Service Quality Dimensions on Patient Satisfaction, Repurchase Intentions and Word-of-Mouth Communication in the Public Healthcare Industry. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 2014; 148, 161–169. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.030

Pfeffer, J., Zorbach, T., & Carley, K. M. Understanding online firestorms: Negative word-of-mouth dynamics in social media networks. Journal of Marketing Communications. 2014;20(1–2), 117–128. https://doi.org/10.1080/13527266.2013.797778

Dwiatmoko, S. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jember. Jakarta: Indonesian Journal of Dentistry. 2007.

Citrawati, Ni Putu Ria. Tingkat Kepuasan Pasien Setelah Perawatan Skeling di Klinik Periodonsia Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Padjadjaran Periode April-Mei 2003 [skripsi]. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran Bandung ; 2003.

Newman, M. G., Takei, H. H., & Klokkevold, P. R. Carranza’s Clinical Periodontology. Retrieved from https://es.scribd.com/doc/196769658/Carranza; 2015.

Gede, Yohanes I K. K., Pandelaki, Karel & Mariati, Ni Wayan. Hubungan Pengetahuan Kebersihan Gigi dan Mulut dengan Status Kebersihan Gigi dan Mulut pada Siswa SMA Negeri 9 Manado. Jurnal e-Gigi (eG) 2013 ; 1(2), 84-88.Petersen, Poul E., Ogawa, Hiroshi. The Global Burden of Periodontal Disease: Towards Integration with Chronic Disease Prevention and Control. Periodontology 2000 2012 ; 60, 15-39.

Pradono, J., & Sulistyowati, N. Hubungan Antara Tingkat Pendidikan, Pengetahuan tentang Kesehatan Lingkungan, Perilaku Hidup Sehat dengan Status Kesehatan. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan 17 2013 ;(1),89–95. Retrieved from: https://media.neliti.com/media/publications/20885-ID-correlation-between-education-level-knowledge-of-environmental-health-healthy-be.pdf

Sembel, M., Opod, H., & Hutagalung, B. S. P. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Perawatan Gigi Dan Mulut Di Puskesmas Bahu. E-GIGI 2014 ; 2(2). Retrieved from http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/egigi/article/view/5855/5388

Caroe, T. Burnout and empathy in primary care. British Journal of General Practice 2012 ; 62(602), 462. https://doi.org/10.3399/bjgp12X654515

Nishimura, A., Carey, J., Erwin, P. J., Tilburt, J. C., Murad, M. H., & McCormick, J. B. Improving understanding in the research informed consent process:a systematic review of 54 interventions tested in randomized control trials. BMC Medical Ethics, 2013 ; 14(1), 28. https://doi.org/10.1186/1472-6939-14-28.

Banerjee, A., & Sanyal, D. Dynamics of doctor–patient relationship: A cross-sectional study on concordance, trust, and patient enablement. Journal of Family and Community Medicine, 19 2012 ; (1), 12–19. http://doi.org/10.4103/2230-8229.94006

Faden, R. R., Beauchamp, T. L., Kass, N. E., & Hamel, M. B. Informed Consent, Comparative Effectiveness, and Learning Health Care. New England Journal of Medicine, 2014 ; 370(8), 776–8. https://doi.org/10.1056/NEJMhle1313674

Greig, J. D., & Lee, M. B. A review of nosocomial norovirus outbreaks: Infection control interventions found effective. Epidemiology and Infection, 2014 ; 140(7), 1151–1160. https://doi.org/10.1017/S0950268811002731

Ramadani, N., Zhjeqi, V., Berisha, M., Hoxha, R., Gashi, S., Begolli, I., … Mucaj. Patients’ satisfaction with health services at the National Institute of Public Health of Kosova. Materia Socio Medica, 2016 ; 28(3), 168. https://doi.org/10.5455/msm.2016.28.168-172

Parsapoor, A., Mohammad, K., Afzali, H. M., Ala’eddini, F., & Larijani, B. Unsatisfied patient’s rights: A survey on the views of patients, nurses and physicians. Journal of Medical Ethics and History of Medicine, 2012 ; 5, 4. Retrieved from: http://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.




DOI: https://doi.org/10.24198/pjdrs.v3i1.22309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

      

  

Statistik Pengunjung

Creative Commons License
Padjadjaran Journal of Dental Researchers and Students dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License