Oral hygiene index-simplified sebelum dan setelah penyuluhan menyikat gigi menggunakan media PowerPoint dan media flip chart
Oral hygiene index-simplified before and after tooth brushing counselling using PowerPoint and flip chart media
Abstract
Pendahuluan: Usaha Kesehatan Gigi Sekolah merupakan upaya peningkatan kesehatan gigi mulut anak sekolah. Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut dapat dilakukan dengan berbagai media, diantaranya media power point dan flip chart. Media dalam pendidikan kesehatan merupakan sarana membangun suasana kondusif terhadap perubahan perilaku positif kesehatan. Tujuan penelitian untuk menganalisis perbandingan Oral Hygiene Index-Simplified sebelum dan setelah penyuluhan menyikat gigi menggunakan media power point dan media flip chart. Metode: Jenis penelitian quasi eksperimental dengan one group pre and post test design, populasi seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 32 Padang sebanyak 30 orang dan dibagi 3 kelompok dengan metode total sampling, waktu penelitian bulan Agustus 2018. Analisis data yang digunakan uji non parametrik menggunakan mann whitney dan wilcoxon sign rank test. Hasil: Rerata nilai Oral Hygiene Index-Simplified kelompok pre-test sebesar 1,64 menurun menjadi 1,06 pada post-test dan terdapat perbedaan Oral Hygiene Index-Simplified sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan menyikat gigi menggunakan media power point 0,007 (p<0,05). Rerata nilai Oral Hygiene Index-Simplified kelompok pre-test sebesar 2,65 menurun menjadi 1,33 pada post-test dan terjadi perbedaan yang bermakna dari pre-test ke nilai post-test. Simpulan: Penyuluhan menyikat gigi menggunakan media power point dan media flip chart mampu menurunkan nilai Oral Hygiene Index-Simplified (OHI-S).
Kata kunci: Power point, flip chart, oral hygiene index-simplified.
ABSTRACT
Introduction: School Dental Health Programs is an effort to improve oral health for school children. Oral health education can be carried out using various media, including the PowerPoint media and flip charts. Media in health education is a means of building a conducive atmosphere for positive health behaviour changes. The purpose of this study was to analyse the comparison of Oral Hygiene Index-Simplified (OHIS) before and after tooth brushing counselling using PowerPoint and flip chart media. Methods: This study used a quasi-experimental study with one group of pre and post-test design. The populations were as many as 30 class VIII students at Padang Public Junior School 32, which divided into three groups using the total sampling method. The research period was August 2018. Data analysis used was non-parametric test using Mann Whitney and Wilcoxon Sign Rank Test. Results: The mean OHIS value in the pre-test group was 1.64 and decreased to 1.06 in the post-test. There was a difference of the OHIS before and after giving tooth brushing counselling using PowerPoint media 0.007 (p < 0.05). The mean OHIS value in the pre-test group was 2.65 and decreased to 1.33 in the post-test group. There was a significant difference in the score between the pre-test and post-test group. Conclusion: Toothbrushing counselling using PowerPoint and flip chart media was able to reduce the Oral Hygiene Index-Simplified (OHI-S) score.
Keywords: PowerPoint, flip chart, Oral Hygiene Index-Simplified, OHIS.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Haryani W, Masyarani, LA, Donsu JDT. Promosi Kesehatan Gigi Meningkatkan Status Kebersihan Gigi Mahasiswa. J Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. 2015; 6(2): 120-122.
Kantohe ZR, Wowor VNS, Gunawan PN. Perbandingan efektivitas pendidikan kesehatan gigi menggunakan media video dan flip chart terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut. J e-Gigi. 2016; 4(2): 97-100. DOI: 10.35790/eg.4.2.2016.13490
Wiworo, Haryani. Promosi Kesehatan Gigi Meningkatkan Status Kebersihan Gigi Mahasiswa. J Tekno Kes. 2015; 11(2): 122.
Listyantika, P., Adhani, R., Adenan. Efektivitas Penyuluhan Metode Bermain Dan Metode Ceramah Terhadap Penurunan Indeks Plak Gigi Tinjauan pada Pelajar SDN Atu-atu Pelaihari Kabupaten Tanah Laut Tahun 2014. J Ked Gigi. 2016; 1(1): 7-8.
Khoirunnisa A. Penggunaan media power point dalam pembelajaran mufradat siswa Kelas 5 SD Muhammadiyah Kauman Yogyakarta Tahun 2014/2015. [Skripsi]. Bandung: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta; 2016. p. 48-9.
Prasetyo AY. Penggunaan Media Flip Chart Dalam Peningkatan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Universitas Semarang Kampus VI Kebumen. 2012; 1(1): 79.
Nurhidayat O, Eram TP, Bambang W. Perbandingan Media Power Point dengan Flip Chart dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut, Unnes J Pub Heal. 2012; 1(1): 1-5. DOI: 10.15294/ujph.v1i1.179
Nurfalah A, Emma Y, Didit A. Efektivitas Metode Peragaan Dan Metode Video Terhadap Pengetahuan Penyikatan Gigi Pada Anak Usia 9-12 Tahun Di SDN Keraton 7 Martapura. Dentin J Ked Gigi. 2014; 2(2): 144-149.
Maulana HDJ. Promosi Kesehatan. Jakarta: EGC; 2009. p. 12-13.
Marya, C.M. A Textbook of Public Health Dentistri. Jaypee Brother Medical Published. 2011. ISBN: 978-93-5025-216-1.
Newman MG, Takei HH, Klokkevold PR. Clinical periodontology. 1st ed. Philadelphia: W.B. Sauders Co.; 2012. p. 219-40
Putri KKI. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Media Power Point Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Usia 9 – 10 Tahun di SD Negeri Keputraan 2 Yogyakarta. [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah: Yogyakarta.; 2015. p. 10-1.
Hermawan, Umboh A, Mintjelungan C. Indeks Debris Sebelum dan Sesudah Dilakukan Promosi Kesehatan Tentang Menyikat Gigi pada Murid SD Negeri Poigar. J e-Gigi (eG). 2015; 3(2): 522.
Notohartojo IT, Halim FXS. Gambaran Kebersihan Mulut dan Gingivitis pada Murid Sekolah Dasar di Puskesmas Sepatan, Kabupaten Tangerang. Med Litbang Kes. 2010; 20(4):179-180.
Sari SAN, Effendi F, Dian, Praba. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Simulasi Menggosok Gigi Teknik Modifikasi Basse dengan Keterampilan dan Kebersihan Gigi Mulut pada Anak MI At-Taufiq Kelas V. J Univ Airlangg. 2012; 1(1): 1-2. DOI: 10.20473/ijchn.v1i1.11901
DOI: https://doi.org/10.24198/pjdrs.v4i2.28882
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung
Padjadjaran Journal of Dental Researchers and Students dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License