Evaluasi kepatuhan peserta didik klinik ortodonti terhadap keselamatan pasien: studi observasional
Abstract
ABSTRAK
Pendahuluan: Poliklinik ortodonti Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Padjadjaran (RSGM Unpad) merupakan unit rawat jalan yang menyediakan pelayanan dan perawatan maloklusi sebagai salah satu dari lima penyakit terbesar di RSGM Unpad pada tahun 2021. Peningkatan mutu pelayanan di poliklinik ortodonti dengan cara menerapkan standar keselamatan pasien perlu dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi kepatuhan tenaga kesehatan terhadap keselamatan pasien di poliklinik ortodonti Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Padjadjaran. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional deskriptif dengan teknik purposive sampling dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 87 tenaga kesehatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan dan penilaian terhadap 87 tenaga kesehatan di Poliklinik Ortodonti RSGM Unpad pada bulan Maret – April tahun 2022 menggunakan rubrik penilaian. Hasil: Hasil dari enam indikator mutu untuk mengetahui kepatuhan terhadap keselamatan pasien adalah sebagai berikut: Kepatuhan identifikasi pasien sebesar 31,03%; Waktu tunggu rawat jalan sebesar 30 menit; Kepatuhan penggunaan formularium nasional yang tidak dapat ditentukan kepatuhannya; Kepatuhan kebersihan tangan sebesar 12,64%; Kepatuhan terhadap clinical pathway sebesar 83,33%; Kepatuhan terhadap penggunaan APD sebesar 13,79%. Simpulan: Evaluasi kepatuhan tenaga kesehatan terhadap keselamatan pasien di poliklinik ortodonti RSGM Unpad pada indikator kepatuhan waktu tunggu rawat jalan adalah patuh dan pada indikator kepatuhan identifikasi pasien, kepatuhan kebersihan tangan, kepatuhan terhadap clinical pathway dan kepatuhan penggunaan APD adalah tidak patuh, sedangkan kepatuhan penggunaan formularium nasional tidak dapat ditentukan.
KATA KUNCI: kepatuhan, tenaga kesehatan, keselamatan pasien, pelayanan ortodonti
Compliance evaluation of dental students in orthodontic clinic towards patient safety: observational study
ABSTRACT
Introduction: Orthodontic clinic Universitas Padjadjaran Dental Hospital (RSGM Unpad) is an outpatient unit that provides services and treatment for malocclusion as one of the five biggest diseases at RSGM Unpad in 2021. Improving the quality of services at the orthodontic clinic by implementing patient safety standards need to be done to improve public health. The purpose of this study was to evaluate the compliance of dental students in orthodontic clinic RSGM Unpad towards patient safety. Methods: The type of research used was descriptive observational research with a purposive sampling technique and a total sample of 87 health workers was obtained. The data collection technique was carried out by observing and evaluating 87 health workers at the Orthodontic Polyclinic of RSGM Unpad in March - April 2022 using an assessment rubric. Results: The results of six quality indicators to determine compliance towards patient safety are: Patient identification compliance is 31.03%; Outpatient waiting time is 30 minutes; National formulary compliance cannot be determined; (4) Hand hygiene compliance is 12.64%; Clinical pathway compliance is 83.33%; Personal Protective Equipment compliance is 13.79%. Conclusion: Compliance evaluation of dental students in orthodontic clinic RSGM Unpad towards patient safety for outpatient waiting time compliance is compliant, and for patient identification compliance, hand hygiene compliance, clinical pathway compliance and Personal Protective Equipment compliance are non-compliant, while compliance with the use of the national formulary cannot be determined.
KEY WORDS: compliance, dental students, patient safety, orthodontic clinic
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Safitri R. Manfaat Penerapan Langkah-Langkah Keselamatan Pasien Guna Meningkatkan Derajat Kesehatan Pasien. 2019. DOI: 10.31219/osf.io/x8p7j
Syurandhari. Hubungan Patient Safety Dengan Mutu Pelayanan Di Ruang Rawat Inap Rsud Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto. Hospital Majapahit. 2016; 8(2): 1–13. DOI: 10.5281/zenodo.3514498
Oktavianti L. Pelaksanaan Langkah-Langkah Menuju Keselamatan Pasien di Pelayanan Rumah Sakit. 2019; DOI: 10.31227/osf.io/n7zwa
Sumarni S. Analisis Implementasi Patient Safety Terkait Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia. 2017; 5(2): 91. DOI: 10.21927/jnki.2017.5(2).91-99
Widiasari W, Handiyani H, Novieastari E. Kepuasan Pasien Terhadap Penerapan Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan Indonesia. 2019; 22(1): 43–52. DOI: 10.7454/jki.v22i1.615
Sesrianty V, Machmud R, Yeni F. Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Healt Journal). 2019;6(2):116–26. DOI:10.33653/jkp.v6i2.317
Anggarwati FR, Adriansyah AA. Analisis Pelaporan Profil Indikator Mutu Instansi Pelayanan Kesehatan : Studi Kasus Di Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya. 2021;56–62.
Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Keselamatan Pasien. 2017.
Paham ANM, Malinda Y, Setiawan AS. Knowledge on Infection Prevention and Control Among Students in Universitas Padjadjaran Dental Hospital. ODONTO: Dental Journal. 2022; 9(1): 100. DOI: 10.30659/odj.9.1.100-109
Direktur Utama Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Padjadjaran. Surat Keputusan Direktur Utama Nomor 245/UN6.8.17/KEP/AK/2021 tentang Penetapan Indikator Mutu Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Padjadjaran. 2021.
Damayanti RD, Mardiati E, Laviana A. Perbedaan harapan pasien terhadap perawatan ortodonti menggunakan alat cekat dan lepasan. Padjadjaran Journal of Dental Researchers and Students. 2021; 5(2): 83. DOI: 10.24198/pjdrs.v5i2.26766
Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Padjadjaran. Pemilihan Indikator Mutu Prioritas Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Padjadjaran. 2022.
Pahriyani A, Andayani TM, Pramantara IDP. Pengaruh Implementasi Clinical Pathway Terhadap Luaran Klinik Dan Ekonomik Pasien Acute Coronary Syndrome. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi (Journal of Management and Pharmacy Practice). 2014; 4(3): 146–50. DOI: 10.22146/jmpf.280
Shabrina SAN. Gambaran Kepuasan Pelayanan Ortodonti di Klinik Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Ortodonti Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Padjadjaran tahun 2018. 2019.
Direktur Utama Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Padjadjaran. Profil Indikator Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Padjadjaran. 2022.
Vega GAN, Dwisaptarini AP. Gambaran Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi Terhadap Intervensi Minimal Kedokteran Gigi. Jurnal Kedokteran Gigi Trisakti. 2021; 3(2): 7–11. DOI: 10.25105/jkgt.v3i2.12613
Rohana Sofyana C, Harahap J, Zein U, Masyarakat Institut Kesehatan Helvetia K. Qualitative Analysis of Patient Satisfaction With Dental Health Services In Dental And Mouth Clinic Poly At Tgk Chik RSUD Ditiro Sigli. Journal of Healthcare Technology and Medicine. 2020; 6(2): 2615–109. DOI: https://doi.org/10.33143/jh
Reichenbach A, Bringmann A, Reader EE, Pournaras CJ, Rungger-Brändle E, Riva CE, et al. Pengaruh Penyuluhan Identifikasi Pasien dengan Menggunakan Media Audiovisual terhadap Pengetahuan Pasien Rawat Inap. Prog Retin Eye Res. 2019; 561(3): S2–3. DOI: 10.31539/jks.v3i1.841
Harina AP. Analisis Kepatuhan Tenaga Kesehatan dalam Melakukan Identifikasi Pasien di RS Muhammadiyah Babat. 2018;
Ni’matunnisa E, Nurwahyuni A. Analisis Kepatuhan Dokter Dalam Meresepkan Obat Formularium Nasional Di Rumah Sakit Multazam Medika Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2021; 9(1): 28–39. DOI: 10.31596/jkm.v9i1.797
Suhartiningtyas D, Prahastuti N, Sari K. Insidensi Ulkus Traumatikus pada Pemakai Alat Ortodonsi Lepasan dan Ortodonsi Cekat. Insisiva Dental Journal : Majalah Kedokteran Gigi Insisiva. 2020; 9(1): 6–10. DOI:10.18196/di.9111
Violeta B v, Hartomo BT. Tata Laksana Perawatan Ulkus Traumatik pada Pasien Oklusi Traumatik: Laporan Kasus. e-GiGi. 2020; 8(2):8 6–92. DOI: 10.35790/eg.8.2.2020.30633
Hidayah N, Fadhliyah Ramadhani N. Kepatuhan Tenaga Kesehatan Terhadap Implementasi Hand Hygiene di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Kota Makassar. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS Dr Soetomo. 2017; 5(2): 182–93. DOI: 10.29241/jmk.v5i2.236
Basuki D, Nofita M. Hubungan Kepatuhan Cuci Tangan Enam Langkah Lima Momen Perawat dengan Kejadian Phlebitis di RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo Mojokerto. Jurnal Keperawatan. 2017;6(1):47–53. DOI: 10.47560/kep.v6i1.159
Kustian DA, Nurbaeti, Baharuddin A. Hubungan Kepatuhan Perawat dengan Penerapan 5 Momen Cuci Tangan di RSUD Kabupaten Buton Tahun 2020. 2020; 1(4): 394–403. DOI: 10.33096/woph.v1i4.258
Ningsih SSR, Noprianty R, Somantri I. Gambaran Pelaksanaan Kegiatan Kebersihan Tangan Oleh Petugas Kesehatan di Rumah Sakit Dustira Cimahi. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia. 2017;3(1):57. DOI: 10.17509/jpki.v3i1.7486
Fauzia N, Ansyori A, Hariyanto T. Kepatuhan Standar Prosedur Operasional Hand Hygiene pada Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit. Jurnal Kedokteran Brawijaya. 2014;28(1):95–8. DOI: 10.21776/ub.jkb.2014.028.01.31
He XY, Kate Bundorf M, Gu JJ, Zhou P, Xue D. Compliance with clinical pathways for inpatient care in Chinese public hospitals. BMC Health Serv Res [Internet]. 2015;15(1):1–9. DOI: 10.1186/s12913-015-1121-8
Paat C, Kristanto E, Kalalo FP. Analisis pelaksanaan clinical pathway di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Jurnal Biomedik (Jbm). 2017;9(1):62–7. DOI: 10.35790/jbm.9.1.2017.15322
Wasty I, Doda V, Nelwan JE. Hubungan Pengetahuan Dengan Kepatuhan Penggunaan APD pada Pekerja di Rumah Sakit: Systematic Review. Kesmas. 2021;10(2):117–22.
Sudarmo, Helmi ZN, Marlinae L. Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Untuk Pencegahan Penyakit Akibat Kerja. Jurnal Berkala Kesehatan. 2016;1(2):88–96. DOI: 10.20527/jbk.v1i2.3155
DOI: https://doi.org/10.24198/pjdrs.v7i2.40507
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung
Padjadjaran Journal of Dental Researchers and Students dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License