Hubungan antara kualitas pelayanan radiografi panoramik dengan tingkat kepuasan pasien: studi cross-sectional

Adam Eka Darmawan, Rini Widyaningrum, Bambang Priyono, Lisdrianto Hanindriyo

Abstract


ABSTRAK

Pendahuluan: Kualitas pelayanan kesehatan berupa pelayanan medis atau non medis memiliki pengaruh besar terhadap tingkat kepuasan pasien. Tingkat kepuasan pasien juga dipengaruhi oleh harapan pasien terhadap suatu pelayanan serta perilaku petugas. Radiografi panoramik merupakan salah satu pemeriksaan penunjang diagnosis yang utama serta pelayanan radiografi dengan jumlah pasien terbanyak di instalasi radiologi, sehingga penelitian mengenai kualitas pelayanan dan hubungannya terhadap tingkat kepuasan pasien perlu dilakukan untuk mewujudkan pelayanan yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kualitas pelayanan radiografi panoramik dengan tingkat kepuasan pasien. Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian 60 pasien yang melakukan pemeriksaan radiografi panoramik. Pengambilan data kualitas pelayanan dan tingkat kepuasan dilakukan pada waktu yang sama secara langsung dengan menggunakan kuesioner tanpa melakukan intervensi terhadap subjek penelitian. Dari hasil uji validitas dan uji reliabilitas kuesioner didapatkan 32 item pernyataan untuk mengukur kualitas pelayanan yang terbagi dalam lima aspek yaitu keandalan, jaminan, empati, daya tanggap, dan tampilan fisik serta 29 item pernyataan untuk mengukur tingkat kepuasan yang terbagi dalam enam aspek yaitu aksesibilitas, kesopanan, pelayanan, komunikasi, lingkungan fisik, dan teknik privasi. Kedua variabel penelitian tersebut diukur dengan skala likert dan kategori penilaian ditetapkan berdasarkan penilaian acuan patokan. Uji korelasi Spearman digunakan untuk menguji hipotesis adanya hubungan antara kualitas pelayanan radiografi panoramik dengan tingkat kepuasan pasien. Hasil: Hasil uji korelasi Spearman, terdapat hubungan yang signifikan (p<0,05) dengan nilai koefisien korelasi 0,597 antara kualitas pelayanan radiografi panoramik dengan tingkat kepuasan pasien. Simpulan: Semakin tinggi kualitas pelayanan radiografi panoramik maka semakin tinggi tingkat kepuasan pasien.

KATA KUNCI: kualitas pelayanan, kepuasan pasien, radiografi, panoramik.

Correlation between quality of service and patient satisfaction in panoramic radiography: observational study 

ABSTRACT

Introduction: The level of patient satisfaction is substantially influenced by the quality of medical and non-medical health services It is also influenced by the patient's expectations for health care and the officers’ behavior. Panoramic radiography is one of the main radiography services  utilized to support diagnosis, with the highest number of patients in the radiology department, so it is necessary to study the quality of service and its relationship to the level of patient satisfaction to attain optimal results. This study aims to determine the relationship between the quality of panoramic radiography services and the level of patient satisfaction at the dental hospital of Universitas Gadjah Mada. Methods: Sixty outpatients undergoing panoramic radiography at our dental hospital served as participants in the study. Data on service quality and satisfaction levels was collected at the same time and directly from respondents using a questionnaire without intervening with the subjects. The validity and reliability test resulted in 32 statement items to measure service quality, which were divided into five aspects, such as reliability, assurance, empathy, responsiveness, and tangible, and additionally 29 items to measure patient satisfaction divided into six aspects, namely courtesy of radiology staff, the quality of radiological service, the existence of good communication with a service provider and desk worker, the physical environment, and the privacy technique. All variables were measured using a Likert scale, and the assessment category was determined based on a criterion-referenced standard. The Spearman correlation test was used to verify the relationship between service quality and the level of patient satisfaction. Results: Based on the results of the Spearman correlation test, there was a significant relationship (p<0.05) with a correlation coefficient of 0.597 between service quality and patient satisfaction. Conclusions: The higher the quality of panoramic radiography services, the higher the level of patient satisfaction at the dental hospital of Universitas Gadjah Mada.

KEY WORDS: service quality, patient satisfaction, radiography, panoramic.


Keywords


Kualitas pelayanan, kepuasan pasien, radiografi, panoramik, Service quality, patient satisfaction, radiography, panoramic.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Cahyati Y, Sugiarti S, Mahfudhoh D. Pengaruh Waktu Tunggu Pasien Rawat Jalan Foto Thorax dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Instalasi Radiologi. Health Care Media. 2019;3(6):19–23.

Peraturan Menteri Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan tentang Pelayanan Radiologi Klinik. 2020 p.3.

White SC, Pharaoh MJ. Oral Radiology: Principles and Interpretation. 7th ed. Missouri: Elsavier; 2014. p.166,168

Setiawan MD, Fauziah F, Edriani M, Gurning FP. Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Program Jaminan Kesehatan Nasional (A Systematic Review). J Pend Tambusai. Cetakan I. 2022; 6(2): 12869–73. DOI: 10.31004/jptam.v6i2.4456

Shabbir A, Malik SA, Malik SA. Measuring Patients’ Healthcare Service Quality Perceptions, Satisfaction, and Loyalty in Public and Private Sector Hospitals in Pakistan. International Journal of Quality & Reliability Management. 2016; 33(5): 1–29. DOI: 10.1108/IJQRM-06-2014-0074

Park G wan, Kim Y, Park K, Agarwal A. Patient-Centric Quality Assessment Framework for Healthcare Services. Technol Forecast Soc Change. 2016; 113(B): 468–74. DOI: 10.1016/j.techfore.2016.07.012

Sitaraman P, Shanmugasundaram K, Muthukrishnan A. Assessment of Service Quality in Special Care Dentistry Department Using SERVQUAL Model. J Indian Academy Oral Med Radiology. 2020; 32(3): 209–15. DOI: 10.4103/jiaomr.jiaomr_69_20

Meilasari W, Suwindere W, Polii H. Tingkat Kepuasan Pasien Dewasa pada Pelayanan Radiografi Panoramik di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Maranatha. Padj J Dent Res Stud. 2018; 2(2): 87–94. DOI: 10.24198/pjdrs.v2i2.22511

Akbar F, Manurung K, Ketaren O, Tarigan FL. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Radiologi Rumah Sakit TK II Putri Hijau Medan Tahun 2021. Prepotif: J Kes Masyarakat. 2022; 6(1): 621–32. DOI: 10.31004/prepotif.v6i1.3554

Simatupang K, Suryani IR, Widyaningrum R, Amalia R. Kualitas Komunikasi dan kepuasan Pasien dalam Pelayanan Radiografi Kedokteran Gigi RSGM Prof. Soedomo. Maj Ked Gigi Ind. 2017; 3(1): 35–42. DOI: 10.22146/majkedgiind.13201

Mulisa T, Tessema F, Merga H. Patients’ Satisfaction Towards Radiological Service and Associated Factors in Hawassa University Teaching and Referral Hospital, Southern Ethiopia. BMC Health Serv Res. 2017; 17(1): 1–11. DOI: 10.1186/s12913-017-2384-z

Dahlan MS. Besar Sampel dan Cara Pengambilan Sampel dalam Penelitian Kedokteran dan Kesehatan. edisi 3. Jakarta: Salemba Medika; 2010. p.76–77

Gunawan K, Djati SP. Kualitas Layanan dan Loyalitas Pasien (Studi pada Rumah Sakit Umum Swasta di Kota Singaraja–Bali). J Manaj Kewirausahaan. 2011; 13(1): 32–9.

Alfath K. Teknik Pengolahan Hasil Asesmen: Teknik Pengolahan dengan Menggunakan Pendekatan Acuan Norma (PAN) dan Pendekatan Acuan Patokan (PAP). Al-Manar: J Komunika Pend Islam. 2019; 8(1): 1–28. DOI: 10.36668/jal.v8i1.105

Riinawati. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Thema Publishing; 2021. p.110,112

Alfian R, Putra AMP. Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Medication Adherence Report Scale (MARS) terhadap Pasien Diabetes Mellitus. J Ilmiah Ibnu Sina. 2017; 2(2): 176–83.

Habibi AH, Hakim FH, Azizi FS. Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Minat Kunjungan Ulang Rawat Jalan di RSIA PKU Muhammadiyah Cipondoh. J JKFT. 2019; 4(2): 11–21. DOI: 10.31000/jkft.v4i2.2411

Jenita. Kualitas Pelayanan pada Bisnis Rumah Sakit. Maqdis: J Kajian Ekonomi Islam. 2016; 1(2): 151–69. DOI: 10.15548/maqdis.v1i2.43

Khasanah I, Pertiwi OD. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen RS St. Elisabeth Semarang. J Ilmiah Aset. 2010; 12(2): 117–24.

Maryana, Christiany M. Hubungan Aspek Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap. Citra Delima Sci J Citra Inter Institute. 2022; 5(2): 105–12. DOI: 10.33862/citradelima.v5i2.262

Morris BJ, Jahangir AA, Sethi MK. Patient Satisfaction: an Emerging Health Policy Issue. J Americ Acad Orthopaedic Surg. 2013; 9(1): 1–5.

Quon EC, McGrath JJ. Community, Family, and Subjective Socioeconomic Status: Relative Status and Adolescent Health. Health Psychology. 2015; 34(6) :591. DOI: 10.1037/hea0000135.

Hidayati AN, Suryawati C, Sriatmi A. Analisis Hubungan Karakteristik Pasien dengan Kepuasan Pelayanan Rawat Jalan Semarang Eye Center (SEC) Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. J Kes Mas (Undip). 2014; 2(1): 9–14. DOI: 10.14710/jkm.v2i1.6367

Prasojo A. Pengaruh Fasilitas, Kualitas Pelayanan, dan Aksesibilitas terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri. Simki-Economic. 2017; 1(11): 2–6.

Rezanda MAF. Pengaruh Aspek Fisik, Realibilitas, Interaksi Personal, Pemecahan Masalah, dan Kebijakan terhadap Kepuasan Pasien (Studi Kasus di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Dustira). Idea: J Humaniora. 2019; 2(1): 32–40. DOI: 10.29313/idea.v0i0.4184

Elvina E. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Putri Hijau tahun 2017. Jurnal Ilmiah Kesehatan. 2018; 17(01): 27–32. DOI: 10.33221/jikes.v17i01.270

Soemaryo P, Kasmawati K, Abdullah R. Pengaruh Komunikasi, Fasilitas, dan Jaminan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Puskesmas Ralla Kabupaten Barru. Bata Ilyas Educational Management Review. 2021; 1(2): 104. DOI: 10.37531/biemr.v1i2.104

Efendi AS. Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Radiologi RSUD Tengku Rafi’an Siak Sri Indrapura. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia. 2017; 4(1): 15–9. DOI: 10.20527/jpkmi.v4i1.3429

Papanikolaou V, Zygiaris S. Service Quality Perceptions in Primary Health Care Centres in Greece. Health expectations. 2014; 17(2): 197–207. DOI: 10.1111/j.1369-7625.2011.00747.x.




DOI: https://doi.org/10.24198/pjdrs.v7i3.49745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

      

  

Statistik Pengunjung

Creative Commons License
Padjadjaran Journal of Dental Researchers and Students dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License