PENDIDIKAN KESEHATAN MULUT MELALUI PENDEKATAN METODE CERAMAH DAN PRAKTEK (STUDI KASUS PELATIHAN DOKTER KECIL DI SEKOLAH DASAR ALAM)
Abstrak
Pendidikan kesehatan penting dan perlu ditanamkan sejak dini, melalui pembiasaan hidup bersih dan sehat serta upaya pencegahan penyakit. Sekolah merupakan tempat yang ideal untuk mengembangkan pendidikan kesehatan melalui kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan pelatihan dokter kecil. Pendidikan kesehatan mulut membutuhkan cara penyampaian materi dengan metode yang menarik dan tidak membosankan, baik berupa ceramah maupun praktek. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui hasil pelatihan dokter kecil melalui pendekatan metode ceramah dan praktek di sebuah sekolah alam kabupaten Bandung. Materi yang disampaikan yaitu: pencegahan infeksi cacing perut, cara mencuci tangan, kesehatan gigi dan mulut dan pencegahan penyakit mulut. Metode yang digunakan adalah: ceramah dan praktek, dengan metode evaluasi kegiatan melalui pre dan post test teori, daftar ceklist praktek dan penampilan dokter kecil dalam forum penyuluhan. Hasil pelaksanaan kegiatan: sejumlah 49 siswa mengikuti pelatihan, 24 siswa di antaranya mengikuti pre dan post test. Nilai rata-rata pre test = 37.2, nilai rata-rata post test = 68.75, sejumlah 24 siswa mampu melakukan prosedur cuci tangan dengan baik dan benar, serta sejumlah 33 dari 49 siswa mampu membuat media penyuluhan buatan sendiri dan atau mampu memberikan penyuluhan pada teman sebaya. Kesimpulannya terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan dokter kecil setelah mengikuti pelatihan dengan pendekatan metode ceramah dan praktek.
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Jurnal ini Terindeks di:
PENERBIT
Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Padjadjaran