PELATIHAN PENULISAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU-GURU BAHASA TINGKAT SMP DI KOTA PAGAR ALAM, SUMATERA SELATAN

Hesti Wahyuni Anggraini

Abstrak


ABSTRAK

Kegiatan ini dilakukan karena banyaknya pemasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran bahasa di kelas serta rendahnya minat para guru dalam melakukan penelitian tindakan kelas. Dan, guru masih belum memahami konsep dan terampil bagaimana menulis proposal yang baik. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada guru, menjadikan guru terampil dalam menulis proposal, dan meningkatkan motivasi para guru untuk melakukan penelitian tindakan kelas. Lokasi kegiatan adalah SMP Negeri 2 Pagar Alam tanggal 28-30 Oktober 2018. Jumlah peserta adalah 20 orang. Model yang digunakan adalah pendampingan atau penyuluhan tentang konsep dasar dan pelatihan penulisan proposal dan dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode kegiatan adalah presentasi dimana guru menyusun proposal PTK dan menyampaikannya di hadapan para peserta lainnya. Hasil observasi menunjukkan hal positif, yaitu guru antusias dalam mengikuti kegiatan dan keinginan mereka untuk mempraktikkannya dalam kegiatan pembelajaran. Tambahan, peserta mampu menghasilkan contoh proposal. Adanya kegiatan lanjutan sangat diharapkan oleh para peserta.


Kata Kunci


pelatihan, penelitian tindakan kelas

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Jurnal ini Terindeks di: 

PENERBIT

Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Padjadjaran

Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran Lt. 4, Jl. Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat 45363